Dukungan Aplikasi Zoom Menyumbang Kepopuleran Laptop di Masa Pandemi

Kepopuleran laptop di masa pandemi COVID-19 terjadi begitu signifikan. Dalam beberapa bulan semenjak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan, para pekerja dan pelajar dituntut untuk melakukan kegiatannya dari rumah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, media laptop kini banyak dipilih dan cukup laris di pasarannya.

Pembelajaran jarak jauh dan bekerja dari rumah yang dilakukan serba virtual tidak hanya membutuhkan media laptop saja. Di samping itu dibutuhkan aplikasi konferensi virtual yang dapat menghubungkan pelajar dengan pengajarnya ataupun pekerja dengan atasannya. Salah satu aplikasi yang cukup populer digunakan yaitu Zoom.

Inilah Perbedaan Zoom Versi Mobile Dan Zoom Versi PC!

Kepopuleran laptop di masa pandemi COVID-19  membuat Aplikasi Zoom saat ini tengah menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kegiatannya selama pandemi. Jadi tidak heran jika permintaannya belum surut selama WFH dan PJJ masih diberlakukan. Kendati sudah banyak digunakan, tidak sedikit pengguna baru yang belum akrab dengan aplikasi-aplikasi ini.

Untuk aplikasi Zoom sendiri, tersedia dalam 2 versi yaitu versi mobile dan PC. Terdapat beberapa hal mendasar yang harus diketahui dari dua versi aplikasi tersebut. Berikut ini sejumlah perbedaan layanan aplikasi konferensi virtual Zoom di smartphone dan laptop.

  1. Tampilan

Seperti yang kita ketahui, ukuran layar smartphone dan laptop berbeda. Aplikasi Zoom dihadirkan dengan baik untuk masing-masing platform. Jumlah partisipan yang dapat ditampilkan di dalamnya juga dibatasi. Perangkat mobile hanya mampu memperlihatkan 4 orang partisipan, sedangkan laptop bisa memperlihatkan jumlah yang lebih banyak mencapai 49.

Swipe to Continue
advertisment

Oleh karen itu, untuk Anda yang ingin melihat tampilan partisipan yang lebih banyak dalam satu layar, maka pilihan paling tepat adalah Zoom versi PC.

  1. Spesial efek

Zoom versi PC yang bisa dipasang di laptop mempunyai fungsi efek spesial. Efek ini biasanya digunakan sebagai background saat melakukan panggilan. Efek tersebut tidak bisa Anda nikmati dalam aplikasi Zoom untuk versi mobilenya.

Meskipun terdengar sepele, fungsi efek ini ternyata cukup membantu pengguna. Jadi, nantinya saat melakukan panggilan video, privasi pengguna bisa lebih terlindungi sekaligus menggantikan latar belakang aslinya yang mungkin berantakan.

  1. Kontrol host

Host dalam konferensi Zoom mempunyai peranan yang begitu penting. Fungsi utamanya adalah sebagai pengatur jalannya pertemuan, menyiarkan pertemuan, mengakses fitur pendukung dan mengatur peserta yang bisa berbagi layar atau sharescreen.

Harus Anda ketahui bahwa semua fitur kontrol lebih ini hanya bisa diakses di aplikasi Zoom versi PC. Jadi, Anda yang menginginkan kontrol lebih sebaiknya gunakan versi tersebut.

  1. Berbagi layar

Fitur yang paling banyak digunakan di aplikasi Zoom, salah satunya adalah sharescreen atau berbagai layar. Fungsi ini dalam versi desktop dan versi mobile memiliki perbedaan tersendiri. Pada versi PC, pengguna bisa menggunakan fitur menjeda layar yang sedang dibagikan. Sementara, pengguna Zoom versi mobile tidak dapat merasakan kelebihan tersebut.

  1. Pengaturan status, kontak dan chat

Pengaturan aplikasi Zoom yang mencakup status available, away atau do not disturb hanya bisa dilakukan di versi desktop. Selain itu, dalam Zoom versi desktop Anda bisa menggunakan fitur blokir akun, mengedit/menghapus pesan yang dikirim, menandai pesan dan mengirimkan GIF. Semua kemampuan tersebut tidak tersedia dalam versi mobile.

Penyesuaian terhadap aplikasi membuat sebagian pengguna butuh penyesuaian, termasuk cara merubah nama sendiri di zoom Pc maupun smartphone, namun hal itu hanyalah masalah waktu dan jam terbang.

Laptop yang memiliki sejumlah fitur keunggulan dibandingkan smartphone khususnya untuk aplikasi Zoom lebih banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan akademik. Hal ini secara tidak langsung ikut menunjang kepopuleran laptop di masa pandemi COVID-19.

Tinggalkan komentar