Apa itu Virtual Machine? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Virtual machine atau dikenal dengan mesin virtual merupakan sebuah rekayasa perangkat lunak yang dapat berperan seperti komputer fisik. Peran yang diambil seperti menjalankan tugas aplikasi, program, pengelolaan, pengolahan yang sifatnya terselesaikan dengan komputerisasi.

Apa yang dibangun oleh mesin virtual turut menyertakan fungsi perangkat yang di virtualisasikan. Seperti Log, Memory, file disk, dan konfigurasi lainnya dibuat dengan rekayasa. Layaknya terdapat rumah di dalam rumah adalah gambaran dari implementasi teknologi ini.

Mengenal Virtual Machine lebih dekat

Virtual machine adalah Rekayasa perangkat lunak yang memiliki fungsi yang sama seperti halnya komputer fisik dengan komponen pembangunnya yang lengkap.

Rekayasa yang mampu melakukan aktivitas layaknya komputer pada umumnya, seperti menginstal aplikasi, membuat file, menjalankan program, instalasi sistem operasi, pembaharuan sistem dan konfigurasi.

Gambaran sederhana dari implementasi teknologi ini adalah membuat ruang kedua pada komputer, di mana segala aktivitas di dalamnya tidak akan mempengaruhi keadaan komputer utama.

Hal ini sangat cocok untuk uji coba program komputer seperti aplikasi atau pembaharuan sistem operasi seperti windows dan berguna membuka file yang berisiko terinfeksi virus.

Contoh dalam kehidupan lainnya bisa dikatakan sebagai tempat latihan para tentara, atlet sebelum memasuki medan perang yang sebenarnya.

Apa Fungsi Virtual Machine

Fungsi sebagai Rekayasa ruang kedua pada komputer telah kita singgung sebelumnya, lebih lengkapnya mari kita ketahui beberapa poin utamanya:

1. Virtual machine untuk Menguji Sistem Operasi

Sistem operasi yang dipilih dan ingin dipasang pada perangkat utama, ada baiknya diuji coba dulu, untuk mengetahui kompetibelnya dengan perangkat, Disk image bekerja atau tidak, dan kecocokan antar muka yang kamu inginkan, hal ini sangat cocok untuk uji coba menerapkan sistem operasi yang berbeda.

2. Mengupdate Sistem Operasi

Proses update pada sistem operasi ke-versi lebih tinggi tidak selalu berjalan mulus, walau notif tersebut merupakan rekomendasi dari penyedia sistem.

Permasalahan gagal update sering mengakibatkan blue screen, gagal booting dan lebih parah sistem disk rusak yang menghilangkan seluruh data tersimpan.

Oleh karena itu coba dulu di mesin virtual untuk melihat gambaran kemungkinan terburuk yang terjadi.

3. Menguji Software dan Aplikasi

Software dan aplikasi yang ingin dipasang pada komputer utama, ada baiknya diuji coba dahulu agar terhindar dari sesuatu yang jahat seperti Virus, Malware, Ransomeware, Trojan yang akan merusak sistem komputer utama.

Selain itu dapat mengetahui apa program instaler berjalan dengan baik, konfigurasi penyesuaiannya, agar siap dan berjalan lancar di komputer utama.

4. Support Virtualisasi Komputer Server

Virtualisasi server dapat  mendukung penyediaan web hosting yang lebih ringan dalam pemanfaatan sumber daya dan murah. Mengoptimalkan seluruh fungsi untuk memberikan pemroses yang full, sehingga beban kerja pada komputer dapat tersidtribusikan ke sumber jaringan secara merata.

5. Support Virtualisasi Desktop

Virtualiasi desktop dipilih oleh beberapa pengguna untuk mengetahui gambaran dari sistem operasi dan aplikasi yang berjalan pada komputer desktop yang dipisahkan dengan komputer fisiknya, di mana akses yang dilakukan dari jarak yang jauh.

6. Virtual Machine untuk Virtualisasi Jaringan

Mendukung rekayasa jaringan baik secara internal yaitu menggabungkan beberapa jaringan ke dalam unit virtual ataupun eksternal yang menggunakan perangkat lunak untuk meniru fungsional jaringan fisik, contohnya adalah VLAN atau virtual LAN yang dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja yang lebih baik.

Contoh Software Virtual Machine

Berikut Beberapa software yang dapat kamu gunakan untuk melakukan tugas virtual mesin, baik itu yang berbayar sampai yang gratisan dan ada supporting terhadap berbagai macam sistem operasi seperi windows, Linux dan MacOS, apa saja itu? yuk kita ketahui bersama mereka.

Oracle VM VirtualBox

Virtualbox adalah Software yang gratis 100% dihadirkan dengan baik oleh perusahaan yang profesional di bidang Teknologi yaitu Oracle.

Mendukung kombinasi host dan dapat disesuaikan pembuatnya dipilih oleh banyak pengguna.

Untuk ukuran software gratisan tidak bisa dianggap sebelah mata, interface yang mudah dan terbukti menghasilkan kinerja yang baik hal ini telah penulis coba sendiri bagaimana software ini bekerja dan cukup ringan dibandingkan software yang lain.

virtualbox

VirtualBox dapat dijalankan di multi platform, artinya dapat dipasang lebih dari satu Platform yaitu mendukung sistem operasi Keluarga Windows, Linux dan MacOS.

Software yang cukup direkomendasikan ini juga menjadi virtual server pada UNBK, di mana data .vhd yang dibuka dengan bantuan software virtual ini serta mampu melakukan sinkronisasi dengan jaringan komputer server.

Baca juga: Cara install VirtualBox Di Windows 10 dan menggunakannya

VMware Work Station Player

vmware

Software mesin virtual VMware dapat dibilang paling canggih, mendukung berbagai fitur virtualisasi  seperti GPU ( General Proccessing Unit) dengan interface yang keren.

Virtual Machine yang satu ini mendukung multi-platform juga seperti windows, Mac dan Linux.

Software yang dapat kamu coba secara gratis untuk keperluan pribadi dan mendapatkan fitur lebihnya untuk akun pro, direkomendasikan untuk keperluan dan dukungan bisnis kamu.

Baca juga: Apa itu Virtual Reality (VR)? sejarah, jenis dan perbedaannya

Parallels Desktop 15 For Mac

paraller dekstop

Seperti namanya Software Parallels ini dikususkan untuk pengguna berlogo apple digigit, kebanyakan pengguna Mac menggunakan software ini untuk beralih sistem operasi ke windows.

Berperan sebagai jembatan paralel yang menghubungkan pengguna untuk dapat memilih sistem operasi dalam satu perangkat, windows or Mac.

Baca selengkapnya di 8 Software virtual machine populer terbaik & Gratis

Kekurangan Virtual Machine

Setiap fungsi yang optimal selalu menyertakan resiko terhadap keberlangsungan sumber daya utama, Virtual machine yang dapat membuat virtualisasi sistem yang kompleks cukup memakan alokasi hardware pada komputer utama, seperti penyimpanan data virtual yang cukup besar, serta mengambil sebagian fungsi Ram dan Prosesor.

Oleh karenanya penggunaan virtualisasi mesin ini direkomendasikan untuk perangkat yang memiliki spek yang cukup tinggi agar mendapatkan fungsi yang benar-benar diinginkan.

Baca juga: Apa Cloud Computing? sejarah dan contohnya

Kesimpulan

Virtual Machine adalah Rekayasa perangkat lunak komputer menyerupai komputer fisik dengan fungsi yang serupa. Sangat berguna untuk menguji coba sistem operasi, software dan aplikasi sebelum memasang pada komputer utama, contoh software populernya seperti VirtualBox, VMware dan Parallels Desktop.

Kekurangannya membutuhkan sumber daya yang cukup mumpuni untuk mendukung kinerja virtualisasi yang baik.

Tinggalkan komentar