Integrasi Virtual Camera OBS Ke Zoom, Teams atau G Meet

Penggunaan software broadcasting seperti OBS Studio atau Streamlabs OBS menjadi wadah tersendiri dalam menyajikan sebuah konten multimedia yang lebih menarik dan terkonsep dengan rapih salah satunya terdapat fitur virtual camera obs.

Apa yang dapat di tampilkan cukup terlihat baik bagaimana OBS menterjemahkan konten pada platform streaming seperti Youtube, Twich atau facebook gaming.

Ada satu kondisi dimana sebuah konten pada layar kerja OBS harus di tampilkan juga ke platform virtual meeting seperti zoom, Microsoft Teams atau google meet, skype dan hal itu dapat di lakukan dengan bantuan Virtual Camera yang dapat di pasang pada OBS Studio atau Streamlabs OBS.

Apa itu Virtual Camera OBS

Virtual camera merupakan utilitas buatan yang dapat digunakan untuk menampilkan jendela kerja obs ke platform yang terintegrasi dengan media input camera, seperti zoom, teams atau google meet yang dapat menampilkan wajah peserta jika mereka telah mengaktifkannya layaknya seperti webcam.

Secara sederhana virtual camera akan menjembatani obs dengan media lainnya sehingga seolah-olah inputan dari pengguna langsung dari sistemnya, lebih jelas mari kita demokan bagaimana cara kerjanya.

Memasang Virtual Camera OBS

Dukungan komunitas dan update sistem membatu perkembangannya menjadi lebih mudah, berikut cara yang dapat di lakukan untuk memasang virtual camera di obs atau streamlabs obs

OBS Studio

untuk memasang virtual camera pada obs Studio maka ada paket yang di butuhkan atau kita memerlukan paket instalan tambahan, karena secara default di beberapa versi tool tersebut tidak tersedia, caranya cukup mudah, tahapannya:

1. Pastikan OBS Studio telah terpasang pada perangkat

2. Download Virtual camera yang dapat di temukan pada forum obs studio disana, selanjutnya click Sourcode untuk mendownloadnya atau link download

3. Dapatkan file dengan ekstensi .exe untuk versi windows installernya atau Zip windows installer untuk mendapatkan file yang lebih aman.

download virtual camera obs

4. Setelah selasai mendownload, lakukan proses intalasi seperti biasa pada perangkat windows, Pilih Next or yes sampai sampai selesai

5. Jika berhasil maka menu start virtual camera akan di tambahkan di menu kanan bawah jendela dekat start streaming dan Recording.

Streamlabs OBS

Proses pemasangan pada streamlabs OBS terbilang cukup mudah dari pada OBS Studio, karena sistem telah menyajikannya pengguna hanya perlu menginstall dan mengaktifkannya sesuai kebutuhan, berikut proses lengkapnya:

1. Pastikan Streamlabs OBS telah terpasang pada perangkat

2. Buka aplikasi, pergi ke pengaturan dengan icon gigi roda di kiri bawah dari layar jendela aplikasi

3. Gulir ke bawah dan cari menu virtual cam > Install Virtual Webcam , Gunakan akses administrator untuk memasangnya

install virtual camera streamlabs

4. dan untuk menggunkannya klik start virtual webcame di menu yang sama

Menggunakan Virtual CAM

Selah memasangnya langkah penggunaan terbilang cukup mudah, pengguna hanya memilih dan mengalihkan sumber kamera yang digunakan ke virtual camera obs atau streamlabs tergantung software yang digunakan, berikut demonya:

Virtual Cam Di Zoom

1. Silahkan aktifkan Virtual Cam yang telah terpasang, contoh menggunakan streamlabs

streamlabs start virtualcamera

2. Setting sebelum koin ke pertemuan, pergi ke menu pengaturan zoom > video > Pilih camera “Streamlabs OBS Virtual Webcam” sesuaikan jika menggunakan OBS Studio

streamlabs obs virtual camera

3. Jika sudah bergabung ke pertemuan, swich kamera ke virtual webcam

streamlabs obs zoom

4. sesuaikan dan selesai.

Microsoft Teams

1. Aktifkan virtual camera untuk memulainya

2. Sebelum bergabung, pilih source kamera dengan virtual camera dari streamlabs dan aktifkan

streamlabs obs virtual camera teams

3. Jika sudah bergabung ke dalam pertemuan, silahkan swich integritas kameranya ke virtual camera dari streamlabs atau obs studio

4. sesuaikan dan selesai

Google Meet

1. aktifkan virtual camera dari streamlabs atau obs studio

2. Pergi ke pengaturan google meet dan ubah integrasi kameranya ke virtual kamera

google meet virtualcam

Penggunaan kamera virtual membuat integrasi obs ke media lain dapat dilakukan dengan mudah, pengguna dapat menyesuaikan perpindahan dengan menyesuaikan scane yang ada langsung di aplikasi obs, sangat mudah bukan.

Hal yang pelu di perhatikan ada media input tambahan lainnya seperti suara yang harus di padukan dengan sound virtual juga, agar ketika memutar video di obs suara dapat masuk ke zoom, meet atau teams, aplikasi dapat di unduh di Virtual-audio-cable.

Kenali lebih lanjut tentang kelebihan streamlabs dibandingkan dengan OBS Studio atau temukan pengaturan yang tepat jika kamu pengguna setia obs studio.

langkah ini dapat bekerja juga untuk aplikasi lain seperti skype, jumpa.id dan lainnya

Tinggalkan komentar