13 Tips Membeli Laptop Baru atau Bekas

Laptop menjadi barang elektronik yang digunakan untuk menyelesaikan tugas kantor, sekolah, bisnis, hiburan game atau membuat aplikasi, oleh karennya tips membeli laptop ini akan sangat bermanfaat.

Kebutuhannya cukup tinggi dan menjadi alternatif komputer yang mudah dibawa kemanapun dan kapanpun.

Banyaknya Vendor dipasaran yang menawarkan produk dengan spesifikasi dan harga yang beragam, hal itu terkadang membuat bingung pembeli untuk menentukan pilihannya.

Terutama bagi mereka yang awam yang terkadang bingung apa yang harus ditanyakan saat membeli laptop baru, dan menganggap laptop yang bisa booting (menyala) atau berjalan sudah dipastikan baik, namun tidak sesederhana itu.

Berikut adalah tips membeli laptop baru atau bekas yang dapat menjadi referensi untuk sebelum membelinya, agar tidak menyesal dikemudian hari.

Tips Membeli Laptop baru

Bagaimana tips membeli laptop baru bagi pemula? Kondisi yang bagus masih tersegel dan ditempat dalam ruang yang baik dengan suhu yang sesuai, menjadi penilaian tersendiri saat pertama kali melihatnya secara fisik.

1. Menentukan Sistem Operasi yang diinginkan

Sistem operasi merupakan kontrolel dari seluruh sumberdaya pada laptop, baik itu software, aplikasi maupun perangkat keras laptop itu sendiri.

Pemilihan pada sistem operasi seperti Windows, MacOs, Linux atau chromebook harus benar dipastikan.

Karena akan berpengaruh pada dukungan spesifikasi hardware, software, aplikasi dan pengetahuan pengguaan dari usernya itu sendiri.

windows 10 by windows
windows 10 by windows

Tiap sistem operasi memiliki perbedaan dalam menyuplai dukungan terhadap kinerja dan aktivitasnya, misalnya MacOs yang ekslusive membutuhkan jenis laptop khusus dari pengembangnya yaitu apple agar powerfull.

Windows dipilih sebagai sistem yang umum, dukungan aplikasi yang ada tidak hanya dari pengembangnya saja, namun diluar dari itu turut berkontribusi sehingga tersedia banyak dalam tingkat kebutuhan tertentu.

Linux bisa pasang pada laptop dengan spesifikasi Windows, jadi jika menginginkannya cukup memilih spek serupa karena jarang menemukan yang siap pakai jadi harus diinstall secara mandiri.

Tampilan yang sederhana dari chromebook cocok digunakan untuk aktivitas anak dalam mengenal gedget jika hal itu memang diperlukan.

2. Ukuran dan berat Laptop

Laptop memiliki ukuran terendah kisaran 11.6 inci, 12.5 inci, 14 inci sampai 17.3 inci. Pada beberapa brand terkenal seperti asus, acer dan del tersedia ukuran khusus seperti ukuran layar 13.3 atau 15.6 inci.

Kebutuhan layar kecil dan menengah kisaran 11 dan 14 inci, disukai beberapa orang dengan tingkat aktivitas yang normal seperti menyelesaikan pekerjaan kantor atau kuliah dan terlihat lebih minimalis.

asus viobook 14
ASUS-VivoBook-14-X403FA  14 inci by asus

Ukuran besar 17 inci, cocok digunakan untuk kebutuhan tingkat lanjut, seperti editing video, gaming, coding dan desian grafis yang membuthkan area tampilan yang lebih luas.

Model seri terbaru biasanya memiliki tampilan yang slim jadi tidak terlalu berat untuk dibawa, berbeda pada seri lama yang cenderung lebih tebal dan berat.

Ukuran akan berpengaruh pada dukungn hardware pembangunnya, misalnya pada ukuran kecil mesin akan disesuaika dan dukungan VGA (Video graphic Adapter) akan sulit untuk diterapkan.

Beda halnya dengan ukuran yang lebih besar, dukungan grafik dari VGA mampu untuk diterapkan sehingga kulalitas rendring menjadi lebih cepat dan bagus.

2. Kualitas Layar

Beraktivitas berjam-jam didepan layar tentu ada baiknya menggunakan kualitas layar yang nyaman, selain membuat kinerja semakin juga mendapatkan pengalaman  bekerja yang menyenangkan.’

Jenis layar yang tersebar dipasaran saat ini yaitu layar sentuh dan biasa. Model layar dengan kinerja melalui sentuhan akan terlihat lebih menyilaukan, namun menampilkan kecanggihan pada pengalaman pengguna.

Layar biasa pun tak kalah bagus, malah cenderung orang lebih suka yang biasa. Beberapa seri layar yang tersebar dipasaran seperti  LCD dan AMOLED.

LCD (Liquid Crystal Display) sudah lama digunakan pada layar monitor, TV maupun HP, Satu PIxel LCD Terbuat dari kristal cair sebagai titik cahaya.  Memiliki kelebihan dalam menampilkan warna yang lebih natural, dan tajam.

Amoled (Active Matric Organic Ligh-Emiiting Diode), dengan kelebihan memiliki rasio kontras yang lebih tinggi daripada LCD, Hemat daya dan menampilkan warna putih yang lebih bagus daripada LCD yang terlihat lebih kebiruan.

Resolusi Full HD 1920X1080 Pixel bisa menjadi pertimbangan untuk mendukung interaksi yang lebih dalam menampilkan media untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam, dan 4K juga mejadi pilihan terbaik diatasnya namun harganya akan sedikit lebih mahal.

Baca juga: 6 Tips Sebelum install aplikasi di laptop

4. Kualitas Keyboard

Selain harus menatap layar yang cukup lama, mengetik juga akan sejalan bersamaan dengan hal itu, oleh karenanya keadaan keyboard yang baik akan berpotensi besar pada kelancaran proses dan kinerja.

Sangat tidak nyamanan jika mendapatkan keyboard yang sedikit keras untuk ditekan, atau malahan sensitif memunculkan karakter ketika tersentuh.

Swipe to Continue
advertisment
keyboard gaming by razer
keyboard gaming by razer

Terutama, jika terdapat beberapa huruf yang tidak berfungsi, jangan sampai baru beli harus di service jadi pastikan telah mencobanya sebelum setuju membelinya.

Standard fotmat keyboard yang biasa digunakan adalah QWERTY, pada beberapa negara tertentu menggunakan format yang berbeda, jadi lihat hal itu jika memutusakan membeli laptop di negara tertentu.

5. Seri Prosesor (CPU)

CPU (Central Proccesing Unit) atau sering dikenal dengan sebutan prosesor menjadi hal utama yang perlu diperhatikan sebelum membeli, karena prosesor dapat menentukan kecepatan saat membuka dan menjalankan aplikasi.

Seri prosesor yang tinggi berbanding lurus dengan kecepatan yang dapat diprosesnya, cukup disarankan jika lebih suka brand intel minimal seri Core dipilih, misalnya i3, i5 atau lebih tinggi i7.

Iintel evo new by intel
Intel evo new by intel

Sedangkan Seri AMD, cukup banyak yang merekomendasikan Ryzen sebagai pilihan, yang dapat memberikan pengaaman bermain game yang lebih menyenangkan.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah generasi dari prosesor itu sendiri yang mempengaruhi clock speednya. Misalnya tinkpad laptop legend seri lama yang sudah menggunakan prosesor i5 (salah satu best laptop dijamannya munkin sampai saat ini dalam penggunaan tertentu dengan harga yang bersahabat menurut prbadi).

AMD dan Intel sering membuat bingung pembelinya, secara pasti keduanya memiliki kelebihan yang  tidak jauh berbeda jika dibandingkan pada seri yang seimbang.

Intel baik dalam melakukan tugas single-thread artinya sumberdaya akan memaksimalkan proses dalam satu urutan, dan hal ini bagus untuk mendukung aktivitas editing video dan rendering yang lebih cepat.

AMD  Lebih cocok digunakan untuk tugas multitasking, sehingga banyak dipilih oleh para gamer untuk bermain game dan streaming secara bersamaan, atau membuka aplikasi discord dalam waktu yang sama.

Bisanya harga dipasaran prosesor seri AMD cenderung lebih murah dibandingakan Intel, namun kualitas bisa bersaing.

6. Kapasitas RAM  

RAM (Random Access Memory) merupakan media penyimpanan file sementara pada perangkat, semakin banyak aplikasi dan software yang terbuka akan membuat kinerjanya lebih sibuk dan mempengaruhi kecepatan dari laptopnya itu sendiri.

Kapasitas Prosesor yang tinggi biasanya diimbangi dengan RAM yang besar juga, kisaran 16GB atau lebih jika mendukung.

4 GB menjadi minimal RAM yang baik digunakan oleh laptop karena perkebangan sistem operasi dan aplikasi yang terus bergerak dan memakan lebih banyak penyimpananya.

Terdapat dua saluran Ram yang dapat ditemukan pada laptop yaitu Tunggal dan Ganda, bedanya terdapat pada jumlah keping yang digunakan. Kebanyakan lebih senang memilih saluran ganda karena mampu mentrasfer data yang lebih banyak secara sekaligus.

7. Memilih Penyimpanan (HardDisk / SSD)

Tips membeli laptop baru selanjutnya dengan memilih storage. File tugas yang sudah dikerjakan tentunya perlu disimpan sebagai dokumentasi atau bisa akses kembali dilain waktu, oleh karenanya laptop membutuhan alokasi dengan menyimpananya pada disk.

kapasitas penyimpanan juga akan mempengaruhi kecepatan sistem memulai sistem ketika dihidupkan, memasang aplikasi, dan dukungan lainnya.

adata
SSD Adata Ultimate SU 630 by Adata

Hardisk banyak digunaakan dan telah dipakai dalam waktu belakangan yang cukup lama bahkan sampai sekarang, dengan ukuran yang beragam mulai dari GB sampai TERA.

SSD (Solid state Drive) berbeda dengan Hardirsk yang masih menggunakan piringan dalam mengolah dan memyimpan data. SSD menggunakan rakitan sirkuit untuk menyimpan datanya secara terus menerus, dan bisa dikatakan lebih cepat dari hardisk.

SSD menjadi pilihan terbaik saat ini untuk mendapatkan proses booting pada sistem operasi dalam cepat dalam hitungan detik. Kekurangannya kapasitas yang diberikan tidak terlalu besar dengan dukungan 120 GB, 512 GB dan 1 TB dimana semakin besar semakin mahal.

8. Daya Tahan Baterai

Daya tahan atau baterai juga menjadi perhatian khusus sebelum membelinya, semakin besar tentu semakin baik. Memberikan kepratisan terutama jika penggunaan cukup sering bisa seharian full, dan pada momen serta tempat tertentu dimana dukungan terminal listrik tidak selalu tersedia.

Selain itu kulitas baterai akan mempengaruhi kecerah layar yang digunakan, kapasitas yang kecil akan mebuat waktu pemakaian semakin cepat oleh karenanya banyak yang menyiasati dengan mengurangi tingkat kecerahan sebagai penghemat.

Rata-rata daya tahan baterai latop, 1 hingga 6 jam tergantung kapasitasnya, beberapa jenis laptop dengan yang tahan lama seperti Lenovo thinkpad  X1 Carbon (17 jam), HP elite Book x360 1030 G3 (16 Jam) dan untuk gaming  Acer Predator Helios 300 (2 jam) Gigabyte Aero x15 (6 jam).

9. Fitur Keamanan

Laptop modern dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti sidik jari atau Face ID atau mengenali berdasarkan wajah.

Fitur keamanan diperlukan untuk memperkuat sistem dan proteksi yang lebih baik dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan saat memasuki jendela dekstop.

Bebeapa kasus kombinasi sandi masih bisa diretas dengan percobaan yang berkaitan dengan si pengguna atau menggunakan tools secara khusus. Karenanya perkembangan Finger dan face sensor terus dikembangkan untuk munutupi hal itu.

10. Kualitas,  Design dan Garansi

Tentu barang yang diinginkan mimiliki kualitas yang baik, misanya keyboard anti air, layar anti gores dan manufaktur high-quality yang menjadi keunggulan dari brand tertentu.

Dukungan USB 3.0 atau Type-C juga menjadi pertimbangan tersendiri untuk mendapatkan kecepatan transfer data yan lebih baik.

Kualitas yang baik akan terbungkus dengan rapih pada bentuk tampilan yang ditawarkan, selain membantu kinerja dapat membuat percaya diri ketika menggunakannya dan menjadi daya tarik tersendiri.

Originalitas dan garansi menjadi paket yang wajib untuk di berikan kepada pembeli, oleh karena itu baik membeli di toko resmi atau outlet yang menjadi agen terpercaya.

Kebanyakan kasus Laptop modern menang dalam segi tampilan namun terbalik dengan kualitas hardwarenya yang tidak telalu baik dalam daya tahan.

11. Brand dan Harga

Tips membeli laptop yang satu ini bisa dibilang tergantung dari konsumennya, Beberapa orang senang terhadap brand tertentu misalnya asus, HP, Lenovo, Dell dan lainnya yang memiliki seri tersendiri pada produknya.

Budge menjadi hal yang paling utama mendapatkan laptop yang diinginkan, spek yang baik tentu akan sejalan dengan harga yang harus di keluarkan.

Kesalahan pembeli adalah memaksakan budgenya, dimana membeli dengan jumlah uang yang dimiliki untuk spek standar padahal masih bisa mengumpulkan sedikit untuk mendapatkan spek diatasnya karena terpaut tidak jauh berbeda pada angka 1 sampai ratusan ribu saja.

Baiknya mencari referensi dari beberapa brand yang berbeda untuk mendapatkan harga bersaing pada spek yang setingkat atau serupa sebelum membelinya.

12. Promo dan Kelengkapan

Bulan-bulan tertentu terkadang memberikan harga yang sepesial misalnya black friday, akhir tahun dan lainnya. Kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan sampai menunggu mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk membeli laptop.

Bisanya promo yang ditawarkan bisa mancapai 50% tergantung dari brandnya itu sendiri. Namun tetap memperhatikan keadaan fisik dan dalemannya.

Namun jangan terlalu mengaharapkan, biasanya evennya terbatas perunitnya.

13. Membeli Online atau Offline

Saya pribadi lebih tenang dan nyaman membeli barang jika diatas jutaan seperti elektorik secara langsung mengunjungi ke tokonya secara offline, karena dari sana kita bisa mencobanya terlebih dahulu, mengecek keadaan dan melihat perbandingan yang lainnya, karena terkadang setelah ditempat ada spek lain yang mencuri perhatian.

Tips membeli laptop secara membeli online, pastikan membeli di website remisnya atau official store yang bergaransi. Serta jika tersedia alangkah baiknya melakukan pembayaran setelah barang sampai, karena ada beberapa kasus barang yang dibeli isinya tidak sesuai seperti batu, pakaian dan lainnya.

Baca juga : 4 Cara mengatasi driver wifi hilang di windows 10

Tips Membeli Laptop Bekas

Bagaimana tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu? Pastinya laptop bekas pakai tidak dapat memberikan kinerja yang optimal 100%, namun bisa jadi pilihan untuk memiliki laptop, berikut ulasannya:

1. Harga yang ditawarkan

Laptop di jual oleh pemiliknya dengan tujuan tertentu, seperti sedang butuh uang, memiliki kerusakan pada bagian tertentu, atau ingin mengupgrade dengan membeli yang baru.

Harga menjadi patokan utama dalam membeli laptop bekas, berapa harga yang diinginkan oleh si penjual apakah masih masuk akal untuk spek tersebut.

Melihat harga normal pada seri baru, tahun pemakaian, dan harga jual dipasaran  dapat menentukan harga yang tepat.

Jangan sampai harga latop bekas lebih mahal dari keadaanya yang masih baru.

lihat referensi pada spek yang ditawarkan pada web resmi, marketplace atau bertanya pada forum di medsos yang mengetahui secara detail.

jika sudah dipastikan harga sesuai maka dapat langsung di mahar. Namun jika memang tujuannya membantu teman yang sedang membutuhkan, bisa diabaikan hal ini dan balik lagi pada masing masing.

2. Bentuk dan Keadaan Laptop

Lihat secra fisik bagaimana bentuk dan keadaan laptop tersebut, apakah masih baik, komplit dan normal atau tidak.

Cek juga keadaan keyboard dan mousepad biasanya suka ada masalah dibagian tersebut. Baterai juga bisa dicek masih baik atau harus sambil di cas saat menggunakannya.

Nyalakan Laptop untuk mengecek keadan arus powernya masih berjalan baik, selanjutnya coba membuka dan menjalankan salah satu aplikasi untuk mengecek performa.

Hubungkan Laptop pada wifi yang tersedia untuk mengecek kondisi hadware jaringan masih berfungsi atau tidak. detail lebih lanjut seperti keadaan sound, USB dan Port VGA atau HDMI.

3. Pemakaian dan Tahun Pembelian

Lamanya pemakaian laptop akan berpengaruh pada keadaan hardware baik tidaknya untuk dipakai sekarang. Jikapun baik masa hidup atau kadaluarsanya harus menjadi acuan.

Seperti keadaan hardisk yang memilik blok node sentinel yang menandakan bisa dipakai atau tidak. Mengeceknya bisa mengunakan aplikasi hardisk sentinel.

Selain itu tanyakan, penggunaannya selama itu dipakai untuk apa saja, keperluan normal atau tinggi seperti editing gambar atau video.

Karena aplikasi editing gambar dan video cenderung lebih berat, sehingga membuat hardware akan bekerja lebih keras dan maksimal, balik lagi ke keadaan daya tahannya.

4. Spek Hardware

Kelebihan membeli laptop bekas adalah bisa mendapatkan spek tinggi dengan harga yang lebih murah, namun tetap harus dipastikan generasi dibuatnya.

Pastikan keperluan apa yang ingin kamu lakukan dengan laptop yang dibeli, kebutuhan kantor atau editing akan berbeda pada prosesor yang digunakan.

Membeli dengan mengikuti zaman, artinya dapat dengan minimal spek yang mendukung aplikasi saat itu, misalnya mampu membuka aplikasi zoom yang lumayan berat dimana sebelumnya tidak terpikirkan untuk hal ini.

5. Kelengkapan Laptop

Tips membeli laptop bekas selanjutnya, dengan menanyakan kelengkapan seperti kabel Charger, mouse keyboard tambahan, atau aksesoris yang biasa jika tersedia seperti Tas, Headset dan lainnya.

Apalagi jika masih ada garansi lebih bagus lagi, sangat menguntungkan membelinya.

Membeli laptop memang akan membuat sedikit kebimbangan karena tidak sedikit uang yang harus di keluarkan, terlebih lagi beberapa orang ingin membeli sesuatu yang tepat dan bertahan dalam kurun waktu yang lama.

6. Kelengkapan Surat kepemilikan

Alangkah baiknya membeli laptop bekas yang masih menyimpan kepemilikan suratnya, atau bukti transaksi pembeliannya.

Laptop sendiri memiliki mac adress, dan no serial produk yang khusus yang dapat menjadi acuan tracking jika hilang,  jangan sampai membeli laptop curian yang bisa merugikan dikemudian hari.

Mungkin berberapa tips membeli laptop baru dan tips membeli laptop lama ini dapat membantu mengurangi sedikit kebimbangan bagi kalian.

Hal yang cerdas lainnya dengan melihat perbandingan harga pada beberapa market place namun yang perlu diperhatikan harga akan berbeda pada toko offline tapi setidaknya ada gambaran yang jelas.

Tinggalkan komentar