Cara membuat Teks Berjalan di OBS (Running Text)

Bantuan software Broadcasting seperti obs studio, sangat mampu untuk membuat konten dengan tampilan seperti pada stasiun televisi, mulai dari penggunaan chroma-key yang mampu merubah warna dasar hijau menjadi view lain, penambahan filter atau bahkan membuat teks berjalan di obs.

Beda halnya dengan proses penambahan countdown waktu yang telah di jelaskan dalam artikel sebelumnya, untuk membuat teks berjalan di obs tidak perlu tambahan script lain, melainkan memanfaatkan fitur filter yang telah tersedia pada obs itu sendiri.

Tentu sangat menarik untuk dicoba, dan dapatkan respon menakjubkan dari para pengikut di chanel yang kamu kelola.

Langkah ini akan membamu pada konsep broadcasting tingkat lanjut, kombinasi text dengan objek konten lain akan terlihat menjadi lebih menarik dan terasa hidup.

Running Text atau Text Berjalan di OBS

Running text merupakan salah satu manipulasi text pada obs menjadi lebih hidup dengan interaksi pergerakan sehingga informasi yang panjang atau perlu perulangan dapat tersampaikan pada canvas kerja yang terbatas.

Bisa itu berupa informasi penggalangan data yang berisikan no rekeningnya atau deskripsi dari siaran yang sedang berlangsung

Gerakan teks dapat berjalan dari kiri ke kanan atau sebaliknya mengikuti frame dapat dibuat dengan mudah, mari kita coba demokan dengan langkah berikut:

1. Buka Software OBS Studio, jika berlum punya silahkan download di halaman resminya OBS STUDIO

2. Buat source Text baru pada scane yang ingin di tambahkan

3. Caranya, Klik icon “+”  untuk menambahkan source baru > Text (GDI+) > sesuaikan nama sourcenya dengan keinginan > isi teks yang akan di tampilkan dan coba di tambahkan efek berjalan pada kolom isiannya.

teks berjalan di obs

4. Silahkan dapat disesuaikan, mulai dari jenis font, warna dan tata letak sesuai kebutuhan, klik ok jika sudah selesai

5. Selanjutnya, klik kanan pada source text yang telah di tambahkan > pilih Filter > klik icon “+” > pilih scroll

running text obs

6. Geser bar biru pada Horizontal speed ke sebelah kanan dari layar jendela untuk mendapatkan efek teks berjalan dari kanan ke kiri seperti yang sering muncul di televisi.

7. Penyesuaian dapat dilakukan pada angka speed ataupun vertical speed jika ingin menambahkan efek dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Agar lebih menarik, berikan bar alas pada text yang berjalan dan posisinya sebelah bawah seperti yang ada pada layar kaca televisi dan atur teks agar tidak berhimpitan pada penyambung awal dan akhir, dapat menggunakan karakter pemisah seperti “-“, “/” atau penambahan sepasi pada awal maupun akhir kalimat.

Baca juga: 5 Kelebihan Streamlabs dibandingkan OBS Studio

Penyesuaian gerak dapat disesuaikan dengan apa yang kamu perlukan, tidak terbatas pada horizontal namun kombinasi vertikal dapat di sertakan, ubah dan Geser value bar untuk mendapatkan kecepatan, posisi gerak teks yang sempurna.

Hal yang perlu di perhatikan adalah penambahan dapat dilakukan lebih dari satu source teks, sehingga sangat di anjurkan untuk membuat source yang berbeda untuk tulisan yang berbeda juga.

Beberapa orang telah mencoba membuat tulisan bergerak berbeda dalam beberberapa scane dengan satu sumber source yang sama, alhasil semua teks serupa dalam tiap scane dan hal itu berkebalikan dengan apa yang di inginkan.

Saatnya mencoba membuat siaran seperti di stasiun televisi pada chanel yang kamu kelola, lihat bagaimana respon dari para pengikutmu.

Temukan tips selain teks berjalan di obs ini seperti integrasi virtual camera obs ke zoom, menghubungkan dua software obs dengan NDI dan masih banyak lainnya mengenai obs.

x

Pelajari lebih lanjut bagaimana penggunaan obs yang tepat pada artikel lainnya yang telah kami publish yaitu Cara menggunakan OBS Studio untuk recording dan Streaming.

Tinggalkan komentar