4 Cara Cek dan Melihat Spesifikasi Laptop yang Benar

Spesifikasi laptop merupakan satu bagian yang menggambarkan keadaan, memuat informasi perangkat keras  yang terpasang pada laptop yang selanjutnya dapat mempengaruhi kebergunaan sistem yang akan berjalan maupun aplikasi kerja ketika di operasikan.

Rincian informasi yang tidak jarang di pajang bersamaan dengan laptop di etalase toko penjual, memberikan kesan pertama bagi orang yang melihatnya.

Bagi sebagaian orang, spesifikasi menjadi hal yang tidak terlalu dipahami bahkan diabaikan, keadaan perangkat yang menyala dengan sempurna sering menjadi acuan tersendiri bagaimana baiknya keadaan perangkat tersebut.

Keunggulan Mengenal Spesifikasi Laptop

Spek pada laptop maupun komputer akan sangat berpengaruh pada performa dan dukungan software/aplikasi yang dapat berjalan didalamnya, hal tersebut yang membuat harganya berbeda satu dengan lainnya.

Misalnya kamu bekerja dengan Software Kreatif seperti adobe photoshop CC 2020 yang membutuhkan spesifikasi minimal memori RAM 4GB namun sayangnya kamu membeli laptop dengan dukungan RAM 2GB, tentu akan terkedala ketika ingin di operasikan.

Semakin tinggi maka akan semakin baik, seimbang dengan perkembangan software/aplikasi yang terus membutuhkan komsumsi sumberdaya yang sejalan dengannya.

Lihat bagaimana para penjual menawarkan barangnya, konsumen yang mengetahui spek setidaknya tau kisaran harga yang pantas untuk barang yang di tawarkan kepadanya, kelebihan lainnya seperti:

  1. Peluang untuk mendapatkan barang/laptop performa baik sesuai budget meningkat
  2. Tidak Akan terpengaruh tampilan luar perangkat yang membuat sebagian konsumen kecewa dengan performanya.
  3. Menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan, sehingga dapat pengalaman terbaik dengan sofware/aplikasi kerja.
  4. Mengetahui generasi Hardware yang baik digunakan untuk jangka sekarang, sehingga tidak tanggung dengan memilih generasi sebelumnya atau usang.
  5.  Dapat berinvest untuk jangka panjang, dengan mengetahui perangkat yang spesifikasinya dapat di upgrade sehingga tidak perlu membeli laptop baru untuk dukungan dimasa yang akan datang.

Cara Melihat tipe laptop

Langkah terbaik untuk mulai mengenal adalah dengan cara melihat dan membandingkan, proses tersebut dapat dilakukan dengan informasi yang di berikan oleh penjual atau secara mandiri.

Melihat pada pada keterangan di sistemnya

Ketika keadaan perangkat menyala pengguna dapat melihat spesifikasi di pengaturan perangkat mengenai keterangan keadaan perangkatnya, dapat secara langsung atau melalui aplikasi pihak ketiga.

pada sistem  windows 10, pengguna dapat melakukan cara berikut untuk mengecek tipe laptop:

spesifikasi laptop

  1. pergi ke menu settings/pengaturan, dapat di cari dengan mengetikan kata kuci tersebut di pencarian menu windows di pojok kiri bawah
  2.  Pilih System , gulir ke bawah temukan menu about .
  3. Tampilan spesifikasi tampil di jendela sebelah kanan

Cara lain untuk melihat spesifikasi  dengan memanggil resouce/program directX, berikut caranya:

dxdiag spesifikasi laptop

  1. Tekan kombinasi keyboard, windows + R
  2. Ketikan kata kunci “dxdiag” lalu open atau enter
  3. Tampilan spesifikasi seperti, prosesor, RAM, dan lainnya dapat dilihat

Mendapatkan informasi lebih lengkap dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti CPU-z:

cpu-z

  1. Donwload aplikasi CPU-Z
  2. Install dan buka aplikasi untuk memonitor spesifikasi perangkat
  3. Aplikasi tersebut akan memberikan informasi hardware yang sangat lengkap, mulai dari prosesor, seri core, model,overclock dan banyak lainnya.

Perbandingan Spesifikasi Laptop

Produsen perangkat keras di pasaran tentunya memiliki brand populer dan pesaingnya, berlomba-lomba menawarkan spesifikasi dengan harga yang ramah di kantong atau mahal dengan kualitasnya.

Sebut saja brand populer seperti Intel dan AMD, kedua pemasok prosesor terbesar yang sudah banyak di kenal oleh para konsumen.

Pengalaman pengguna akan merekomendasikan AMD untuk kepuasan bermain game yang lebih baik dan lainnya menyarankan Intel prosesor untuk dukungan kinerja software kantor dan kreatif.

Masuk ke tingkat lanjut, compare atau perbandingan pada keduanya, misalnya seri intel Core i7 dengan AMD Ryzen 7, manakah yang lebih unggul atau malah seimbang, apakah intel core i7 malah kalah dengan AMD ryzen 5 apalagi dengan Ryzen 7?

Gambaran pengalaman pengguna tersebut, memberikan wawasan bagaimana hardware yang disajikan pada laptop ternyata ada peruntukannya tersendiri ,yang baik untuk aktivitas dan kinerjanya.

Pilihan terbaik tentunya diperoleh jika kamu mengenal spesifikasi laptop yang baik seperti apa.

Bagaimana spesifikasi laptop yang baik

Tentunya spek yang baik bagi sebagaian orang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan budget yang mereka punya, namun beberapa poin berikut dapat menjadi gambaran bagaimana spesifikasi yang baik dalam menunjang kebutuhan standar secara universal.

Prosesor

Prosesor merupakan inti utama dari komputer, bisa di bilang sebagai otaknya, semakin baik dan cepat maka akan seimbang juga dengan bagaimana perangkat laptop/komputer berjalan. Dual core / core 2 duo akan sangat minimal, seri baik untuk sekarang setidaknya core i3 dengan generasi terbaru akan sangat baik jika memilih generasi intel, dan minimal Ryzen 3 jika lebih suka brand AMD.

Penyimpanan /hard disk

Media penyimpanan internal dengan kapasistas besar tentunya menjadi keunggulan tersendiri, terutama jika pengguna bekerja dengan software kreatif seperti coreldraw atau keluarga adobe yang memiliki file size yang besar untuk hasil akhir maupun dokumentasi mentahnya.

Selain itu hal yang dapat dijadikan pertimbangan adalah teknologi SSD, yang 5X lebih cepat jika dibandingkan hardisk piringan biasa.

SSD memiliki bentuk yang lebih ramping, dengan performa yang lebih cepat, sehingga pengkodean di dalamnya dapat di proses begitu baik dan hal itu akan terasa saat pertama kali menyalakan sistem operasi atau booting yang begitu cepat untuk windows 10.

Untuk ukuran minimal 120GB cukup untuk menangani sebuah sistem, dan penyimpanan lain dapat di bantu oleh hard disk eksternal.

Memori/RAM

RAM akan menjalankan tugas sebagai penyimpanan sementara dari semua aktivitas aplikasi yang dijalankan bersamaan, hal tersebut akan berpengaruh untuk menjalankan proses secara bersamaan atau multitasking.

RAM akan memberikan dorongan kecepatan yang baik, dengan sangat minimal 4 GB, standar berada di 8GB dan baiknya diatas itu.

Layar/monitor

Ukuran resolusi lebih pada kesukaan dan pengalaman pengguna yang ingin di peroleh, tentu layar yang lebar akan memberikan sajian yang lebih menarik dan luas, ukuran yang cukup rekomendasi yaitu 13 inci atau di atasnya jika kamu seorang gamer atau pekerja kreatif.

Dukungan VGA

VGA atau Video graphic Array akan memberikan tampilan grafis yang lebih baik, terutama untuk proses rendiring sebuah video yang akan sangat cocok untuk digunakan oleh seorang editing dan gamers.

atau untuk pengguna biasa, tampilan video yang di putar akan terlihat lebih jenish dengan kelasnya tersendiri.

Sumber daya/Baterai

Masa guna yang lebih lama tentu menjadi sebuah keharusan untuk sebuah laptop yang digunakan secara mobile dimanapun. Selain kapasitas yang besar yang perlu di perhatikan juga masa hidupnya berapa lama, karena tidak mau bukan jika dalam waktu dekat harus menggantinya.

Tips cara mengecek kesehatan baterai laptop:

  1. Buka cmd, dengan menekan tombol kombinasi Windows  + R
  2. dan ketikan cmd lalu tekan enter
  3. selanjutnya, ketikan perintah “powercfg/batteryreport
    cek kesehatan baterai
  4. Salin, direktori/URL dari hasil report yang muncul, contohnya C:\Users\tekno\battery-report.html , lalu akses dengan browser seperti google chrome atau mozila firefox.
    bateri report
  5. Disana akan disajikan informasi baterai yang lengkap mulai dari manufaktur, keadaan, persentasi penggunaan dan banyak lainnya.

Mengenali spesifikasi laptop sebelum membelinya adalah pilihan yang cerdas, memperoleh barang sesuai keinginan dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Peluangnya semakin besar dengan mulai menemukan brand yang menyajikan spek yang tinggi dengan brand pembanding lain dalam segi harga yang bersaing.

Lihat tips menarik lainnya bagaimana membeli laptop baru atau bekas agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tinggalkan komentar