5 Software Alternatif OBS Studio Terbaik [Video Broadcast]

Software OBS (Open Broadcasting Software) Studio di kenal memiliki kualitas yang powerfull dalam mendukung aktivitas Siaran Langsung atau streaming maupun rekaman Video.

Fitur yang dapat di tambahkan oleh pengguna seperti interaksi kamera webcam, Mixer sound, Tangkapan Layar Desktop, Studio Mode, Integrasi  platform Streaming (Youtube, Facebook Gaming, Twich, dan lainnya), Fitur seleksi warna latar belakang sehingga dapat menyatu menggunakan Chroma Key.

Banyak di gunakan oleh para konten kreator seperti youtuber sebagai senjata andalan mereka, selain karena Gratis OBS Studio tahu betul  apa yang mereka butuhkan.

5 Software Alternatif OBS Studio Terbaik

Fitur Powerfull yang di hadirkan oleh OBS memaksa sistem pada perangkat bekerja lebih keras, membuat komputer atau Laptop dengan standar yang rendah akan banyak mengalami kendala. Mengatasinya dengan memilih alternatif lain dengan fitur yang tidak jauh berbeda.

1. XSplit

Xplit

XSplit salah satu software streaming dan recording legendaris, muncul tahun 2009 membuatnya referensi dari software lainnya secara tidak langsung.

Kehebatan di tawarkan oleh XSplit dalam mendukung proses siaran langsung maupun rekaman video sangatlah profesional.

Fitur Streaming otomatis,  di lengkapi AI (Artificial Intelegence) dengan Machine Learning, Integrasi ke platform streaming (Youtube, Facebook, Twich) dilengkapi dengan Discord,  dan dukungan Komunitas pengguna yang dapat saling membantu ketika ada masalah dalam penggunaan atau sekedar berbagi pengalaman.

Xsplit dapat digunakan dengan lisensi free atau gratis  namun tidak sepenuhnya artinya masih ada batasannya, seperti:

  1. Akan Ada Watermark saat mengaktifkan Resolusi lebih tinggi 720p dan frekuensi gambar tinggi 30 fps
  2. Presentasi di batasi sampai 4 adegan
  3. Tidak dapat mengintegrasikan ke platform streaming
  4. dan beberapa fitur akan terkunci

Baca juga: 5 Kelebihan Streamlabs dibandingkan OBS Studio

2. Wirecast

wirecast

Dikenal sebagai salah satu software yang memiliki fitur komplit, bisa menjadi pilihan untuk pengguna yang senang dengan kombinasi objek tertentu pada jendela streammer.

Penggunaannya yang mudah, dengan integrasi kontroler yang canggih memiliki kemiripan dengan obs pada beberapa fiturnya, seperti Chroma Key yang mampu menyeleksi dan mengombinasikan warna latar belakang.

Pelengkapnya dengan Unlimited source yang bisa di gunakan, Desktop Web capture, Stok perpustakaan media, Replay rentan waktu & timer, dan fitur lainnya dapat ditemukan pada software tersebut.

Namun, Brodcaster dapat menggunakan software ini dengan membelinya sekitar $559 dan Versi Pronya $799, lihat update harga pada halaman websie resminya.

3. Vmix

vmix

Menjadi salah satu software Video Mixer dan Swicher yang memanfaatkan kemajuan terbaru dengan menghadirkan kombinasi Kualitas Video HD.

Selain itu Vmix dapat digunakan sebagai salah satu media streaming secara langsung, yang memungkinkan interaksi streammer dengan pengikutnya berinterkasi dalam salah satu platform.

Menghadirkan Tampilan yang profesional, sangat cocok untuk pengguna yang memiliki pengalaman dan tahap lanjut dalam racikan broadcasting.

Mendukung banyak Stream input dan maksimal 4 output, Memberikan akselerasi GPU (General Proccesing Unit) yang memungkinkan streaming H264 atau HEVC dan Terdapat Vmix video Converter yang dapat merubah format video pada hasil akhir rekaman.

Vmix memberikan 60 Hari untuk mencobanya secara gratis.

Baca juga: 5 Software Video Editing Linux Terbaik

4. FFSlip

ffsplit

FFslip dirancang untuk kebutuhan profesional yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat selesai. di lengkapi dengan performa  yang luar biasa membuatnya mampu memberikan kinerja terbaik sehingga pengguna dapat fokus pada hasil akhir.

FFsplit memberikan utilitas yang ringan untuk digunakan sebagai merekam video atau siaran langsung. Hal menarik adalah dapat digunakan sepenuhnya gratis dan open source untuk rencana yang akan datang.

5. New Blue Stream

newbluestream

New Blue stream memberikan apa yang dibutuhkan untuk streaming video yang kuat, dilengkapi dengan fitur hingga 4 input kamera, 4 input audio, Resolusi  output maksimal 1080 30p, Transisi stinger, Tersedia tamplet untuk digunakan  dan jumlah grafik tidak di batasi.

Pengguna dapat mencoba Blue Stream secara gratis dalam masa percobaan selama 14 hari dan berlangganan perbulannya sekitar $19,99 yang dapat dibatalkan kapan saja ketika tidak digunakan lagi.

Beberapa laternatif obs tersebut bisa di coba secara langsung, kunjungi halaman website resminya untuk mendapatkan software tersebut.

Dari beberapa pilihan kebanyakan harus membayar untuk mendapatkan dukungannya, oleh karena OBS studio menjadi pilihan utama dalam menyajikan fitur yang gratis, dukungan komunitas dan support multi platform.

Pelajari lebih lanjut bagaimana menggunakan Obs Studio jika kamu masih kebingungan bagaimana menggunakannya.

Tinggalkan komentar