Cara Sharing File dan Printer di Windows 10

Berbagi sumber daya dari perangkat satu ke perangkat lainnya menjadi pilihan tersendiri bagi pengguna untuk mendapatkan hal serupa dengan mudah, murah serta cepat, begitupun ketika sharing file dan printer di windows 10.

Windows 10 memberikan kemudahan dalam berbagi file antar komputer, karena sistem telah menyediakan fitur tersebut. Pengguna dapat membagikannya dalam akses publik, perpustakaan home group atau tanpa perizinan khusus.

Pada aktivitas kantor sendiri berbagi file menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi, terutama berhubungan dengan pengolahan data. File Utama akan terdistribusi dari komputer pusat sampai ke jendela layar desktop karyawan yang selanjutnya dapat diolah.

Hasil akhir dari file yang telah diproses biasanya beberapa akan di cetak sebagai dokumentasi dan arsip, oleh karenanya sharing printer menjadi hal yang cukup cerdas dalam mengefesienkan penggunaan hardware yang dimiliki.

Syarat Sharing File dan Printer di windows 10

Untuk dapat melakukan pertukaran data, tentunya sambungan koneksi menjadi sebuah keharusan baik dari komunikasi lokal maupun internet. Kebanyakan akan memanfaatkan koneksi LAN (Lokal Area Network) dari pada Internet yang bisa tertangani melaui email terutama pada area kantor.

Sambungan koneksi pada perangkat bisa diperoleh dari jalur kabel LAN atau melalui sinyal wifi, asalkan masih satu network yang sama.

Sharing Folder Melalui File Explore

Tahap ini akan membawa pengguna untuk menggunakan fitur bawaan dengan membuat folder yang dapat di bagikan pada jaringan, yang selanjutnya komputer lain  dapat mengaksesnya, sekalipun itu dari sistem operasi yang berbeda seperti Linux, atau Mac.

Berikut proses penyetingannya:

1. Buat folder khusus sharing atau spesifik yang sudah ada dan beserta file yang akan di bagikan, Untuk membuat folder baru bisa klik kanan > New > Folder.

membuat folder baru

2. Selanjutnya Klik kanan Folder > Properties > Sharing > Pilih share untuk pengaturan dasar dan Advanced Sharing untuk tingkat lanjut.

Swipe to Continue
advertisment

berbagi file di windows 10

3. Pada Pengaturan dasar proses akan lebih sederhana, pilih Share > tambahkan everyone > agar bisa diakses oleh pengguna lain

sharing file di windows 10

4. Perijinan dapat di rubah dari read ke read/write, agar pengguna lain tidak hanya dapat melihat saja namun dapat mengambil dan merubahnya.

merubah read and write file sharing

5. Selanjutnya pilih jaringan akses yang dibutuhkan perangkat lain melalui private atau akses publik, dan done, 

proses pengaturan dasar shring file

6.  Pengguna dapat memilih Menggunakan pengaturan lanjutan, Advanced sharing yang akan membuat perijinan secara spesifik untuk pengakses.

berbagi file di windows 10

7. Menentukan jumlah pengguna yang dapat terhubung pada folder sharing dan perijinan terhadapt file yang dibagikan. Pengaturan lanjutan bisa di pilih untuk menambahkan fitur berbagi yang spesifik

pengaturan lanjutan berbagi file

Untuk mengakses file yang dibagikan pengguna yang terhubung dapat menemukannya pada file eksplore > Network, atau mengetikan tekan tombol kombinasi Win + R dan ketikan alamat IP dari komputer yang di sharing diawali dua garis miring, contohnya //192.168.1.1  > Enter , dimana perintah tersebut akan memandu pengakses pada file sharing yang tersedia di alamat tersebut.

Menghilangkan Password Sharing

Pengakses memerlukan sandi untuk terhubung ke jaringan terbagikan, namun pengaturan tersebut bisa dihilangkan dengan langkah berikut.

1. Akses Control Panel, Temukan dengan mengetikan kata kunci tersebut pada pencarian windows.

Control Panel windows 10

2. Pilih Network and Internet pada view by kategori > Network And Sharing center

network and internet windows 10network and internet windows 10

3. Selanjutnya pilih Change advanced sharing center > all network > Turn Off  Protect sharing

turn off protect sharing

Versi sebelumnya memungkinkan pengguna untuk berbagi file dan perangkat melalui home group namun dukungan itu berhenti di  atas versi 1803 dan terbarukan.

Sharing Printer

Untuk berbagi penggunaan printer, pengguna dapat menemukannya pada control panel > Device And sound> Device and printer > Pilih printer yang akan di bagikan > printer properties > Sharing > Beri nama dan ceklis  share this printer.

berbagi printer di windows 10

Selanjutnya pengakses dapat menemukannya pada network dan alamat IP address, sama halnya ketika mengakses folder yang di bagikan.  Pada folder sharing tersebut driver dari printer akan tersedia dan bisa di pasang pada perangkat pengakses sebelum menggunakan printer tersebut.

Ada beberapa masalah autentiksai yang biasa terjadi saat sharing file dan printer di windows 10, mengatasinya dengan memastikan sumber perijinan berbagi di aktifkan dan tidak terblock oleh firewall atau bisa juga registri yang perlu ditambahkan atau dihilangkan.

Pelajari lebih lanjut tentang sharing file pada dokumentasi dukungan microsoft, atau temukan panduan lainnya tentang cara menggunakan windows defender Antivirus di windows 10

Tinggalkan komentar