Rahasia Aman Share Link di Facebook Tanpa Block & Spam

Share link di facebook menjadi cara promosi konten yang cukup menggiurkan, kunjungan dan aktivitas alami dari pengguna didapatkan dengan cukup mudah.

Tentu dalam Platform besar seperti facebook memiliki aturan dan panduannya tersendiri.  Terutama jika link yang dibagikan merupakan link aktif yang dapat mengalihkan fokus pengguna ke halaman lain.

Panduan yang benar-benar harus diperhatikan oleh setiap pengguna, agar link aktif yang dibagikan tidak terblokir atau dianggap spam. Beberapa lainnya mengindikasikan konten yang tidak pantas atas tautan yang dibagikan.

Tentu aturan yang dibuat bukan hanya sebagai pembatas pengguna secara sepihak, namun sebagai pelindung aset dan kenyamanan kebijakan komunitas yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna.

Bagaimana berbagi tautan yang sesuai? artikel ini akan membahas lontaran pertanyaan itu, dengan memahami aturan komunitas dan cara share link di facebook dengan tepat.

Mengetahui Ketentuan Share Link di Facebook?

Tautan yang akan dibagikan hendaklah mengikuti kebijakan standar komunitas facebook sebagai undang-undangnya. konten yang dinilai mengacu pada tindak kekerasan, hasutan, ujaran kebencian, tindakan susila, bajakan dan hal yang tidak ada nilainya akan otomatis di block oleh pihak facebook.

konten yang akan dianggap spam, berarti telah mendapatkan perhatian khusus dari facebook. Mereka bekerja keras untuk mencegah konten yang terindikasi memuat iklan palsu, penipuan, pelanggaran keamanan yang menghambat aktivitas orang lain.

Karenanya karenanya facebook membatasi jumlah berbagi dalam konteks tertentu.

Selain itu ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus facebook lainnya, yaitu tidak di izinkannya distribusi konten secara tidak alami demi keuntungan finansial.

Click bait yang mendorong orang menyukai, membagikan dan klik tautan tujuan yang palsu.  Serta Facebook sangat menghargai kekayaan intelektual, jadi jangan sampai konten yang dibagikan melanggar hak cipta.

Cara Aman Share Link di Facebook

Tentunya jika standar komunitas dapat kalian ikuti permasalahan konten terkena block atau spam tidak akan terjadi. Kita hanya menyiasati dari terbatasnya tautan berbagi dan indikasi informasi yang palsu.

Informasi yang dianggap palsu dapat tercermin dari website yang dianggap tidak memiliki kredibilitas di bidangnya, jadi kebanyakan website baru yang membagikan tautannya, mereka dianggap informasi palsu jika dilakukan beberapa kali atau aktivitas kurang wajar.

Mengapa demikian?, tentunya pihak facebook sendiri memiliki algoritma untuk menilai kesesuaian dari sebuah website, bisa itu dari peran domainnya atau lainnya kita tak pernah tahu selengkapnya.

Berikut cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari hal itu dengan mudah.

Baca juga: 8 kebiasaan & alasan akun digital mudah di hack

Gunakan Shortenlink Sebagai Pembungkus

Shorten link adalah pemendek Url tanpa mengubah informasi didalamnya. Shortenlink yang kredibel dapat memberikan tingkat kepercayaan pada mesin facebook dan pengguna untuk tidak memasukannya ke dalam konten bermasalah.

Penggunaan shorten link sendiri cukup mudah untuk dilakukan, karena dapat memanfaatkan pihak penyedia untuk melakukan tugas ini, seperti bit.ly dan tinyUrl yang terdapat fitur gratisnya. Berikut cara menggunakannya:

  1. Silakan kunjungi website penyedia, contoh bit.ly
  2. Input Link yang ingin di pendekan pada kolom shorten your link, Klik tombol shorten
    Share Link di facebook dengan shortlink
    Share Link di facebook dengan shortlink

    3.  Selanjutnya salin link yang telah diubah, dan mulai berbagi di halaman facebook

    Share Link di facebook dengan shortlink bitly
    Share Link di facebook dengan shortlink bitly

Cara yang hampir sama dapat kamu lakukan dengan TinyUrl. Penggunaan shortlink Bitly memang yang populer dan kredibel untuk melakukan tugas pembungkusan pada konten tautan yang ingin kita bagian.

Selain itu cutom link dapat dilakukan dengan fitur berbayar, misalnya kamu ingin membuat link yang mudah diingat seperti bit.ly/komik.

Apa dengan cara ini kita dapat mengatasi permasalahan spam dan block?, tentu tidak demikian, ada tambahan cara lain yang harus kalian padukan agar makin kokoh, yaitu dengan membuat fanspage halaman.

Share Link di Facebook Nyaman dengan Fans Page

cara membuat fansfage facebook

Benar sekali, ini yang  jarang orang ketahui, dengan fans page kita dapat berbagi tautan link dengan lebih leluasa. fans page halaman dapat menaikan dan menjelaskan tujuan konten yang dibagikan, karena fans page dibuat untuk mendukung hal itu.

Apa hal ini benar – benar leluasa? selama kamu dapat mengikuti aturan komunitas maka dapat dikatakan demikian.

Strategi yang dapat dikombinasikan saat link yang telah dibungkus, lalu di terbitkan dalam sebuah halaman fanspage dan halaman tersebut yang seterusnya kamu bagikan untuk mendapat kunjungan dari pengguna.

Selain itu fanspage menjadi syarat saat kamu ingin beriklan di facebook, bagaimana membuat fanspage? berikut caranya:

  1. Silakan buka akun facebook pengguna
  2. Pilih menu buat >> fanspage >> pilih jenis bisnis atau komunitas ( disarankan komunitas) >> memulai
  3. Isikan Informasi Nama dan kategori dari halaman yang ingin dibuat.buat halaman facebook
  4.  Unggah photo profil dan tampilan halaman >> selanjutnya ikuti dan lengkapi instruksinya >> selesaivirtualiable fanspage

Selanjutnya dapat lakukan penyesuaian fanspage sesuai kebutuhan, baik itu informasi utama, tujuan dan data pelengkap lainnya

Share Link di Facebook dengan Strategi Marketing?

Walaupun sudah mengikuti kebijakan aturan dari standar komunitas, bisa saja konten yang kamu bagikan dianggap spam dan terkena block.

Mengapa hal itu terjadi? karena saat kamu membagikannya di halaman grup, ada anggota lain yang melaporkan atas konten yang tidak pantas terhadap apa yang kamu bagikan. Oleh karena itu penggunaan link aktif tunggal sangat tidak direkomendasikan.

virtualiable fans sample

Tambahlah kata-kata pembuka, bisa itu menjelaskan maksud dan manfaat konten yang kamu bagikan, sehingga membuat orang tertarik dan tidak merasa terganggu, jadi jangan pernah berbagi tautan yang hanya berisi link saja pada halaman grup facebook, kecuali jika dari berita situs besar seperti tribuns, kompas dan lainnya.

Baca juga: cara membuat avatar facebook sendiri di smartphone

Bagaimana Mengembalikan link yang dicap Hitam Facebook

Ya seperti yang telah dikatakan sebelumnya walau sudah mengikuti aturan komunitas, tapi tidak bisa menghindari orang yang tidak suka terhadap konten yang kita bagikan, dan sialnya mendapat dukungan dari anggota yang lain sehingga konten masuk ke daftar hitam.

Hal ini bisa terjadi juga antar pesaing, jika kamu merasa tidak melanggar aturan komunitas kamu dapat melakukan banding ke facebook, atas konten yang terindikasi.

Pelaporan dapat dilakukan di layanan bantuan facebook. Selanjutnya silakan isi pelaporan pada formulir yang menerangkan bahwa konten yang kamu posting tidak menyalahi aturan komunitas.

Kesimpulan

Rahasia share link di facebook agar tidak terkena spam, block dan peringatan konten tidak sesuai adalah dengan membuat link miror dengan shortenlink, fanspage halaman web, dan penambahan kata yang informatif saat berbagi di grup.

hal itu dibarengi dengan kepatuhan atas standar komunitas facebook yang menjadi undang-undang untuk anggotanya.

6 pemikiran pada “Rahasia Aman Share Link di Facebook Tanpa Block & Spam”

  1. Ada yang tahu kenapa ada domain, terutama com yang bisa nge link tanpa www atau https? sedangkan domain lain seperti my id atau me atau yang lain banyak yang tidak clikable?

    Balas

Tinggalkan komentar