Cara Setting Waktu di Windows 10 & Zona Lokasi +7

Apakah penting setting waktu di windows 10? Dalam beberapa kondisi, Setting waktu di windows 10 akan menentukan berjalannya sebuah fungsi pada layanan sistem operasi  windows 10.

Tak hanya merujuk pada angka standar yang tepat untuk saat ini, namun berperan sebagai acuan sinkronisasi pada sistem. Kolaborasi dengan zona lokasi pada perangkat pengguna menjadi sesuatu hal yang perlu diperhatikan, terlebih lagi jika ingin mengakses halaman web.

Perangkat yang tidak sinkron dengan keadaan sekarang akan kesulitan untuk mendapatkan akses layanan internet, pesan eror atau tidak valid akan sering dijumpai.

Beberapa kasus pengguna tidak dapat mengikuti aktivitas seperti ujian atau tes online yang ingin dilakukan, karena menyesuaikan dengan waktu pada Server.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan pengaturan dengan panduan berikut:

Setting Waktu di Windows 10 Sangatlah Mudah

1. Silakan pergi ke halaman desktop windows

2. Buka pengaturan pada kontrol panel, mempermudah silakan klik kanan pada indikator waktu di pojok kanan bawah dan pilih Adjust date/time
setting waktu di windows10

3. Selanjutnya ditampilkan pilihan pengaturan otomatis atau manual, geser set automatically ke On, maka sistem akan memberikan pengaturan sesuai internet pada lokasi.
setting waktu di windows10 otomatis

4. Ada kasus di mana perangkat tidak bisa menggunakan setingan otomatis atau tidak ada respons dan perubahan, menyiasati hal ini dapat melakukan pengaturan manual. Sebelumnya silakan geser ke Of pada pengaturan otomatis.

5. Silakan sesuaikan dengan keadaan tanggal dan waktu sekarang, dapat melihat referensi dari handphone atau jam, dan ubah zona lokasi  pada Time zone ke +7 dengan mengscroll ke bawah/atas sampai menemukannya.

6. Proses telah selesai dilakukan

Cara tersebut dapat di ikuti secara bertahap untuk mendapatkan konfigurasi yang tepat, namun untuk beberapa kasus perubahan dan penyetingan tidak dapat dilakukan!, Mengapa hal ini bisa terjadi?.

Baca juga: Cara menutup aplikasi windows 10 yang tidak bisa close

Permasalahan tersebut dapat terjadi karena keadaan perangkat CMOS (Complementary Metal Oxid Semiconductor) sudah tidak baik, silakan ganti terlebih dahulu, dapat membelinya di Market Place dengan harga terjangkau perunitnya.

Selain karena masalah CMOS tadi, Keadaan windows bajakan selalu mendapatkan peran eror yang macam-macam, termasuk dalam penyesuaian settingan hal ini.

Untuk itu perlu aktivasi ulang sampai tulisan windows activated di pojok kanan bawah hilang dan akan menemukan perbedaan akan hal itu, atau silakan update sistem operasi ke versi terbaru.

Beberapa orang kerap mengabaikan hal ini, namun tanpa disadari, dapat menghambat aktivitas pada layanan Web Server yang menerapkan sinkronisasi.

Beberapa kasus dapat menjadi bencana seperti memberikan informasi yang salah karena menyajikan halaman yang belum di update atau masih dalam pengembangan.

Ya itulah pembahasan mengenai setting waktu di windows 10 yang dapat anda lakukan secara mandiri.

Masih terkendala dengan koneksinya mungkin anda perlu membaca artikel tentang mengatasi permasalahan wifi di windows 10

Tinggalkan komentar