Cara setting Kamera HP jadi Webcam Untuk OBS Studio

Perangkat HP modern atau smartphone dikenal memiliki fitur dan performa yang canggih, baik dari dukungan aplikasi maupun Hardware, oleh karenanya membuat kamera Hp Jadi webcam bukan suatu yang mustahil.

Kamera pada smartphone cukup memiliki kualitas yang baik, bahkan beberapa dapat mengalahkan kamera yang terpasang langsung pada laptop. Kejernihan, auto fokus, dual kamera depan belakang dan tambahan lainnya membuat Smartpone cocok untuk dijadikan sebagai media tangkapan layar yang High Definition.

Cara Membuat Kamera HP jadi Webcam

Populernya aplikasi media pertemuan virtual seperti zoom, jumpa .id dan maraknya para youtuber yang menggunkan software OBS studio, membuat kebutuhan Webcam menjadi lebih tinggi. Membeli Webcam yang bagus 720p –  HD , bisa dibilang cukup lumayan kisaran 100-600 Ribu pada beberapa brand.

Oleh karenanya, pemanfaatan kamera HP jadi Webcam adalah pilihan yang cerdas, Selain menghemat biaya, media inputpun akan disederhanakan, karena tak hanya dapat mendukung kamera saja tapi tangkapan suara dapat di masukan.

Ada beberapa syarat dan dukungan yang harus terpenuhi untuk membuat hp jadi webcam Komputer atau Laptop. Seperti penggunaan aplikasi pihak ketiga dan penggunaan jaringan wifi yang sama. Langkah pengaturan untuk menambahkannya pada OBS Studio:

Baca juga: Cara menghubungkan Zoom ke youtube Live streaming

Pengaturan Pada Smartphone

Penambahan aplikasi pihak ketiga perlu ditambahkan untuk mendukung tugas ini, bisa dibilang sebagai perantara antar dua perangkat. Tahapannya:

1. Unduh dan pasang Aplikasi DroidCam yang bisa didapatkan di Google Playstore.

2. Buka Aplikasi dan Hubungkan Smartphone dengan Koneksi Wifi, yang akan digunakan juga oleh perangkat laptop atau Komputer melalui jaringan LAN.

3. Salin Alamat IP address dan inputkan nanti pada aplikasi Droidcam Versi PC.

Droidcam Android

4. Atur kamera yang akan digunakan depan atau belakang. Biasanya Kualitas kamera belakang lebih bagus pada beberapa brand, jadi cukup direkomendasikan, sisanya hanya perlu mengatur posisinya menghadap kebelakang jika digunakan untuk menangkap wajah streammer.

5. Pilihan lain untuk konektivitasnya dapat melalui USB debuging, syaratnya smartphone harus masuk ke mode pengembang.

Pengaturan Pada PC/Laptop yang digunakan.

Penyesuian tampilan klien dari smarphone dapat disesuaikan pada aplikasi dekstop, baik menambahkan aplikasi seperti obs studio atau media lainnya, ulasan selengkapnya sebagai berikut:

1. Download aplikasi Droidcam Untuk PC, Sesuaikan sitem operasi yang digunakan misalnya windows atau Linux di halaman Web Dev47Apps.

2. Selesaikan proses pemasangan, dan buka Aplikasi Droidcam.

3. Hubungkan Perangkat pada Jaringan yang Sama, yang digunakan juga oleh smartphone yang akan dijadikan sebagai kamera WebCam.

4. Akses Alamat IP yang digunakan pada Droidcam Smartphone beserta Portnya. Proses menyambungkan dimulai ketika tombol start ditekan, jangan lupa menceklis sumber inputan Suara dan videonya.

Droidcam client

5. Buka Software OBS studio, Tambahkan soure media baru dengan klik icon “+” > Pilih Video Capture Device > Berinama misalnya “droidcam” > Arahkan device sourcenya ke droidcam > OK

Droidcam laptop obs

Pelajari lebih lanjut penggunaan Software OBS Studio untuk recording maupun streaming.

Kamera dari sumber Smartphone dengan kolaborasi DroidCam bisa tampilkan juga secara langsung dari aplikasi client PC. Oleh karenya dapat digunakan juga sebagai media kamera pada pertemuan virtual Zoom, tak hanya video audiopun akan ikut disertkan pada wilayah tangkapannya.

Mode Potrate atau landscape dapat disesuaikan dari penempanan posisi smartphone atau penyesuaian layout pada software obs yang akan ditampilkan.

Metode akses pada jaringan yang sama tidak akan memakan bandwidth yang besar karena menggunakan akses lokal, jadi jangan khawatir membuat lambat perangkat lain yang tersambung pada jaringan yang sama.

Hal itu seperti layaknya berbagi akses perangkat keras pada printer, bedanya kasus ini adalah media optik dari kamera yang dapat diakses dari perangkat lain yang terhubung pada wilayah jaringan yang sama.

Oleh karenanya, pastikan koneksi keduanya terjadi pada wilayah yang sama, jangan sampai smartphone terpisah dengan menggunakan konektivitas dari data seluler.

Sinkroniasi perlu menyertakan port akses jaringannya agar berhasil dan menampilkan informasi yang sesuai dari sumber kamera pada smartphone. Langkah membuat Kamera HP jadi Webcam sangat mudah dilakukan, siapapun dapat mengikuti langkahnya secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

Tinggalkan komentar