4 Perbedaan Laptop dan Notebook, Harga & Spek

Bagaimana melihat perbedaan Laptop dan Notebook bagi pengguna awam yang tidak terlalu mengerti akan spesifikasi, hardware dan dukungan lainnya?.

Laptop dan Notebook menjadi pilihan bagi beberapa pengguna yang di nilai lebih mudah, murah, fleksibel dan Mobile atau mudah dibawa kemanapun jika di bandingkan dengan komputer yang memerlukan sumber daya pendukung yang cukup kompleks.

Secara Visual, baik Laptop maupun Notebook memiliki rupa yang hampir sama, umumnya dapat di lipat di mana bagian atas menjadi lokasi layar dekstop dan pada bagian bawahnya terdapat kontroler keyboard serta Mouse Pad atau tambahan lainnya.

Apa Perbedaan Laptop dan Notebook?

Secara detail, keduanya memiliki perbedaan dan prioritas dalam dukungan penggunaan yang dinilai hampir berbeda.

Perbedaan tersebut dapat menentukan bagaimana kelancaran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, misalnya kebutuhan kantor dalam dokumentasi, desain grafis, video editing, Bermain Game kualitas tinggi dan lain di antaranya.

Berikut beberapa perbedaan Laptop dan Notebook yang dapat di ketahui secara umum.

1. Bentuk atau ukuran Laptop lebih besar

Laptop di dukung dengan ukuran yang umumnya layar LCD atau LED cukup besar, beberapa seri dari beberapa vendor memiliki ukuran layar paling kecil diantara 13 inci sampai terbesar 20 inci.

Ragam range ukuran layar tersebut akan sebanding dengan luas kontroler dan Hardware fungsional lainnya. Menjadikannya terlihat lebih besar dan berat dari pada Notebook yang bisa berada di antaranya namun cenderung ke arah yang lebih kecil.

Misalnya Brand Laptop, Asus 2021 TUF Gaming A17, Razer Blade pro, MSI GS35 STEALTH  yang memiliki ukuran 17.3 inci.  Brand Notebook misalnya, Asus E203MAH-FD12T 11, 6 Inci, atau Acer Aspire 3 Slim A314-22 yang memiliki ukuran 14 inci.

Namun juga dapat menemukan Laptop yang memiliki ukuran yang slim cenderung lebih kecil pada beberapa Brand tertentu, dikatakan masih sebagai Laptop karena fungsionalnya dapat terpenuhi, kenali tentang spesifikasi pada uraian selanjutnya.

2. Dukungan Spesifikasi Notebook terbatas

Notebook di prioritaskan untuk mendukung kebutuhan yang sederhana, misalnya menyelesaikan tugas dokumentasi dengan aplikasi Microsoft Office, dukungan aplikasi ringan dan berinternetan di halaman Website penjelajah.

Kebutuhan tersebut sudah dibilang cukup mengingat dukungan Hardware pada Notebook tidak terlalu besar, beberapa memuat kapasitas RAM cukup 2 GB sampai 4GB, Prosesor Dual Core, Hardisk sampai 500 GB, Tanpa dukungan VGA Card sudah cukup maksimal.

Selain itu menyederhanakan output fungsional sistemnya, dengan terbatasnya port usb yang tersedia, mendukung hanya salah satu duplicate display VGA atau HDMI, seri terbarunya bisanya memuat port HDMI saja.

Beda halnya dengan Laptop, dukungan Hardware lebih besar hampir serupa dengan komputer, Kapasitas memori RAM 4 – 16 GB, Hardisk 500 GB sampai 1 TB atau lebih, dukungan SSD generasi penyimpanan yang lebih cepat,  prosesor yang lebih tinggi intel Core i3 – Core i9 / AMD Rayzen 3 – 7.

Dukungan Hardware lainnya lebih banyak, variasi  USB 3.0 lebih dari satu di setiap sisi, USB type C, dukungan port VGA maupun HDMI, DVD Room, sound dan lainnya.

Semakin besar dukungan Hardware maka semakin baik juga untuk memproses aktivitas dari tugas yang akan dikerjakan.

Baca juga: Dukungan Aplikasi Zoom Menyumbang Kepopuleran Laptop di Masa Pandemi

3. Fungsional Laptop Lebih Beragam

Laptop yang memiliki Layar yang lebih besar dan luas sangat cocok untuk keperluan desain grafis, video editing, Bermain game kualitas tinggi dan aplikasi yang memerlukan interaksi yang luas pada layar dekstop.

Tentu untuk mendukung tugas kompleks tersebut, sistem akan memakan lebih banyak sumber dam membuat Hardware untuk bekerja lebih keras sehingga memerlukan spesifikasi yang tinggi. Dukungan RAM di atas 8 GB , Prosesor seri terbaik dengan proses yang cepat,  alokasi penyimpanan yang luas dan setara lainnya.

Berbeda dengan Notebook yang memiliki spesifikasi terbatas dengan layar tampilan yang sempit, membuat dukungan untuk memproses kinerja yang tinggi tidak bisa terpenuhi, yang ada sistem akan berhenti bekerja jika dipaksakan.

Laptop dengan spesifikasi yang baik, mampu melaksanakan beragam tugas pada jendela layarnya, dan Notebook akan terbatas untuk hal itu karena di prioritaskan untuk mendukung hal yang sederhana serta ringan.

Namun pada seri Tebaru Notebook juga di bekali dengan spesifikasi yang lumayan tinggi dari generasi sebelumnya, hanya saja harganya lebih mahal.

4. Harga Notebook Lebih Murah dari Laptop

Dukungan Hardware dan sistem yang tidak terlalu tinggi akan sejalan dengan harganya di pasaran, Notebook akan lebih murah dibandingkan harga Laptop pada seri dan Brand tertentu.

Kisaran harga Rp. 3.000.000 sampai 5 juta sudah bisa memiliki Notebook, sedangkan Laptop harus mengeluarkan uang sekitar 5 sampai belasan juta untuk mendapatkan seri standar dan tinggi.

Harga Laptop ada juga yang miring namun seimbang dengan dukungan Hardware yang rendah, kecuali beli bekas untuk mendapatkan harga murah spesifikasi lumayan tinggi.

Melihat harga bisa langsung ke store resminya, Toko Online, atau melihat pada Website khusus yang menyajikan price list harga Laptop misalnya seperti iprice dan serupa lainnya.

Perbedaan Laptop dan Notebook cukup mencolok dari segi harga yang berbeda di antara keduanya.

Saran Membeli Laptop atau Notebook

Kebutuhan pengguna cukuplah di sadari sebelum membeli Laptop atau Notebook dengan spesifikasi tertentu. Pasalnya dukungan pada aplikasi terus berkembang dan akan cukup memakan alokasi yang besar di setiap perkembangannya.

Kebutuhan kantor, editing, rendering, atau Gaming? Memastikannya, akan membuat Keputusan yang tepat.

Selanjutnya dapat dikombinasikan dengan selera  dan Budged yang dimiliki, misalnya senang dengan layar yang lebih lebar atau sedang, seri prosesor Intel ataupun AMD.

Menarik untuk di ketahui lebih lanjut tentang 13 Tips sebelum membeli Laptop Baru atau bekas agar tidak menyesal di kemudian hari.

Perbedaan Laptop dan Notebook bisa dibilang penyederhanaan, dimana laptop menyederhanakan dari penggunaan komputer dan Notebook menyederhanakan dari penggunaan Laptop.

Tinggalkan komentar