7 Penggunaan IP Address dalam Jaringan Administrator

Bagaimana penggunaan IP Address yang benar? Menemukan angka asing seperti 192.168.1.1 pada perangkat menjadi keseharian para praktisi administrator jaringan yang mengenalnya dengan IP address. Deretan angka unik yang memuat identitas setiap oktet menjelaskan fungsi bagiannya seperti Network dan host ID.

Penggunaan IP address sebagai identitas utama pada perangkat untuk terhubung kejaringan lokal maupun internet, membuat cukup dikenal sebagian besar teknisi atau bahkan pengguna yang bukan bagian keahlian tersebut.

Konsep identitas sederhana cukup melekat pada pemikiran pengguna, tak salah namun ketika kita gali lebih dalam ada hal yang menarik yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan IP address.

Penggunaan IP Address Dalam Jaringan

Para prakisi tingkat lanjut sering memanfaatkan IP address tidak hanya untuk mendapatkan koneksi internet, namun aktivitas adminitrator lainnya dapat terjembatani. Apa saja itu, berikut ulasan lengkapnya.

Berbagi File Antar perangkat

Aktivitas berbagi file, dokumen dan aplikasi sering dijumpai pada beberapa kasus untuk kebutuhan tertentu. Beberapa orang akan berfikir caranya dengan menggunakan media penyimpanan tradisional seperti flasdisk atau modern yang diupload ke cloud storage sepeti google drive.

Padahal akses lokal dapat digunakan untuk berbagi dengan memanfaatkan IP address sebagai rujukannya. Komputer atau perangkat dalam satu jaringan selain sebagai media komunikasi langsung dapat dijadikan sebagai wadah berbagi file yang fleksibel dan bisa diakses oleh banyak perangkat sekaligus.

Kita dapat menggunakan satu komputer sebagai pusat untuk mendistribusikan paket dokumen untuk dipasang di perangkat lainnya melalui sambungan kabel atau wireless pada jaringan. Selanjutnya komputer lain yang ingin mendapatkan file cukup dengan mengakses IP address yang menjadi pusat berbagi.

Pada windows sendiri proses ini dikenal dengan Homegroup.

Baca juga: Memahami dhcp Networking dengan mudah dan Lengkap

Berbagi  Akses Perangkat Keras

Menurutmu mana yang lebih baik 3 komputer + 3 printer dengan intensitas masing-masing pada perkantoran atau 3 komputer+ satu komputer. Beberapa akan memilih penggunaan jumlah printer yang sama dengan komputer yang ada, ya jika memiliki dana yang besar dan intensitas yang padat menjadi rekomendasi tersendiri. Namun bagaimana jika intensitas yang standar dan dana yang terbatas, apakah masih memungkinkan untuk dukungan tersebut?

Pengalamatan IP dapat membantu pengurangan biaya penggunaan perangkat keras seperti printer. 1 printer dapat diakses dan digunakan oleh beberapa komputer tanpa harus terpasang langsung. Bagaimana bisa? tentu saja bisa.

Konsep Share Printer mengusung konfigurasi IP address sebagai jembatan dan pintu gerbang untuk mengakses perangkat. Komputer lain akan mengakses IP address Komputer yang tersambung langsung dengan printer, misalnya //192.168.1.1 dan menginstall driver yang disediakan.

Tentu IP address tidak bisa berdiri sendiri, perijinan perangkat untuk berbagi akses dan printer yang mendukung sharing printer sebagai paket keberhaslian, Namun hal ini menjelaskan fungsi IP address sebagai jalur masuk untuk menjalankan prosesnya.

Selain printer, kamera, projector dan lainnya mendukung hal ini.

Mengakses kamera CCTV

Beberapa seri CCTV terpasang dengan DVR sebagi kontrolel dan pusat kendalinya. Kontrolel tersebut akan menampilkan kamera yang terpasang dan tersabung pada port yang tersedia, selain itu komputer luar dapat mengakses tampilannya dengan IP address.

Beberapa seri kamera khususnya seperti tidak memerlukan tambahan DVR sebagai Kontrolel, namun memakai SD card sebagai penyimpanan rekaman dan aplikasi yang merujuk pada IP address untuk menampilkan video.

Dukungan IP address baik Pada DVR maupun perangkat CCTV personal langsung, memudahkan pendistribusian dan Mirorring untuk monitoringnya. Tidak harus memasang beberapa DVR dan sambungan Kabel untuk mendapatkan tampilan realtime yang sama, cukup dengan akses IP sudah bisa terwakilkan.

Kendali Jarak jauh atau remote dekstop

Akses kendali dapat dilakukan dari jauh, baik satu wilayah network yang sama atau tidak dapat dilakukan. Tentu kebutuhan ini sangat berguna saat kinerja dan aktivitas sedang padatnya seperti pada komputer server.

Proses kendali memberikan aktivitas efesien pada wilayah kantor saat terjadi masalah pada komputer pegawai yang berbeda ruang. Misalnya proses instalasi aplikasi tertentu yang dapat dilakukan dari komputer pengakses ke komputer target tanpa harus berada didapannya secara langsung.

Akses jarak jauh komputer kantor dari rumah dapat dilakukan, dengan mengusung konsep IP publik yang dengan otorisasi dan perijinan tertentu yang memungkinkan kontrolel remote. atau memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Anydesk, chrome remote dekstop maupun teamviwer.

Kemudahan akses jarak jauh dapat membantu kinerja optimal walau tidak berada langsung didepan perangkatnya.

Baca juga: Perbedaan dhcp dan Statik IP Address & Konsepnya

Membatasi Atau memberi akses Perangkat

Bantuan perakat administrasi jaringan seperti mikrotik dapat menjalankan fungsi pembatasan dan pemberian hak ases berdasarkan IP address. Masing-masing perangkat dapat diatur secara tepat dengan paketnya tersendiri, bisa itu limit internet untuk donwload maupun upload.

Pemblokiran situs-situs dan kata kunci tertentupun dapat dilakukan dengan filterisasi yang merujuk pada IP address. Lebih dari itu penggunaan tingkat lanjut memudahkan Monitoring yang signifikan.

Akses Halaman Website

Apa kalian sering mengunjungi youtube? pastinya untuk mengaksesnya kata kunci yang dimasukan mengandung kata-kata tersebut. padahal akses utamanya adalah mengandung deretan IP address yang sudah diterjemahkan dengan Paket DNS dari numerik ke Alfabet.

Hal itu memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengingat halaman web, yang familiar dengan youtube.com dibandingkan harus menginputkan kombinasi angka IP publiknya semisalnya 10.110.10.3.  Tak hanya akses publik saja akses lokal dapat dilakukan oleh teknisi jaringan dengan bantuan perangkat seperti mikrotik sebagai simulasi atau kasus langsung.

Penggunaan IP Address untuk multi Player Game

Bermain game lebih dari satu orang dengan akses lokal dapat dilakukan dengan dukungan host network yang sama. pengguna dapat saling berinteraksi, memainkan mode yang sama sampai bertukar item pada game secara offline dalam satu server game yang sama

Salah satunya game Counter-strike: Global Offensive yang populer bebeapa waktu lalu yang dapat dimainkan dengan mode ini.

Beberapa penggunaan IP Address yang cukup menarik perhatian tersebut dapat membantu aktivitas semakin mudah dan efesien. lebih dalam dalam penggunaan IP Address akan ditemukan pada IPV6 yang mengarah pada kebutuhan global dan akses lebih luas.  salah satunya akses internet yang diberikan oleh penyedia atau provider, coba cek berapa IPv6 mu

Tinggalkan komentar