Pengertian Mobile Computing, Jenis, Sejarah, 6 Kelebihannya

Apa yang di maksud mobile computing? umumnya menjadi komputasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses data secara real-time, cepat serta dapat digunakan kapan saja.

Mode jaringan penghubung yang berperan aktif, baik itu dalam sebuah sistem dan skema fitur yang akan ditampilkan.

Ponsel sendiri merupakan perangkat yang dapat melakukan aktivitas seperti berkirim pesan, email, melakukan panggilan, bermain game, dan fungsi lainnya.

Pengertian Mobile Computing

Mobile Computing adalah desain transmisi data, suara, informasi media lainnya seperti video, tanpa menggunakan media perambat fisik atau kabel, terhubung dan saling berkomunikasi melalui gelombang radio.

Perangkat seluler dapat terhubung dengan memanfaatkan konektivitas tanpa kabel pada perangkatnya yaitu melalui akses wifi. Telepon seluler menyediakan paket layanan yang dapat dihubungkan pada akses jaringan lokal (LAN) atau skala yang lebih luas yaitu internet. 

Sejarah Mobile Computing

Muncul pada tahun 1970-an di mana pada saat itu peneliti Xerox PARC bernama Alan key menciptakan konsep komputer jinjing yang diberi nama Dynabook, namun idenya tidak berkembang karena tidak terdanai.

Berlanjut ke tahuan 1980-an the Osborne merilis Laptop untuk konsumen pertama yang hanya menampilkan 52 karakter per-baris teks pada layar. di tahun yang sama Epson mulai menjual HK-20 yaitu komputer portabel dengan resolusi 120 x 32 inci, di mana pada saat itu lebih dianggap sebagai komputasi Mobile karena baterai cepat habis.   

Tahun 1990-an, intel merilis Prosesor 20MHz 386SL di mana CPU tersebut menjadi pertama yang dirancang khusus untuk komputasi seluler, dengan menampilkan fitur manajemen daya dan mode tidur.

Perkembangan terus berlanjut di mana tahun 1993-an, IBM simons dirilis dan menjadi Smartphone pertama, tahun 2002 PC tablet dari Microsoft lahir dan Research in motion memperkenalkan Blackberry pertamanya.  Perkembangan sekarang smartphone android dan ios masih berada di puncak, selengkapnya.

Baca juga: apa itu mobile dalam pemahaman teknologi

Jenis Mobile Computing

Ada Beberapa jenis perangkat  yang saat ini digunakan, sudah jarang digunakan atau sedang mengalami perkembangan untuk menyajikan model konsep terbarukan, berikut beberapa di antaranya:

1. Smartphone  (Ponsel cerdas)

Perangkat gabungan ponsel dengan fitur komputer yang menjadi satu, di mana pengguna dapat berkirim informasi tidak hanya melalui SMS, namun melalui email dapat dilakukan.

Perangkat cerdas yang dikatakan sebagai komputer mini ini dapat menjalankan tugas seperti menginstal aplikasi, berkirim aplikasi dan file data yang dapat mempermudah tugas dan kinerja.

Contoh ponsel cerdas ini seperti Iphone/Ipad, Android seperti Samsung Galaxy, Nokia lumia, Windows Phone dan banyak lainnya.

2. Portabel PC

Bentuk komputer yang disederhanakan serta memiliki fungsional yang serupa dalam menjalankan tugas dan operasi, contohnya seperti Laptop dan Notebook. Perbedaan dengan komputer dekstop hanya pada ukuran dan penyesuaian terhadap beberapa perangkat keras yang mendukung pembangunannya.

3. Personal Digital Assistants (PDA) 

PDA adalah perangkat genggam yang menggunakan elemen komputasi, dan jaringan dalam satu perangkat. PDA  tidak dapat berfungsi seperti perangkat seluler seperti biasanya.

Pengguna dapat menggunakan fitur tulisan tangan dan beberapa dapat mengenali teknologi pengenalan suara, sayangnya teknologi ini jarang terlihat karena sudah dianggap usang untuk saat ini.

4. Wearable Computer

Perangkat teknologi yang dapat dipakai oleh pengguna, seperti jam, pakaian, sepatu, topi dan lainnya yang di berdayakan dengan sistem komputer.

Perangkat canggih ini memungkinkan pengguna untuk dapat menangkap momen seperi photo, video, membaca email dan menanggapi pesan suara, contohnya seperti Apple Iwatch, dan Google glasses.

Jenis Konektivitas Mobile Computing

Ada beberapa jenis konektivitas secara luas, seperti Mobile and wired memuat konfigurasi campuran dari perangkat kabel dan tanpanya, yang dapat ditemukan pada perangkat Laptop yang memiliki karakteristik keduanya.

mobile computing

Konsep Fixed and Wired, memuat konfigurasi perangkat yang terhubung melalui perangkat fisik kabel contohnya komputer, dan Mobile & Nirkable. Proses transmisi data yang dilakukan satu sama lain dapat terhubung tanpa layanan fisik sebagai media rambatnya, contohnya perangkat Wifi.

Wifi sendiri merupakan teknologi Nirkable (Tanpa kabel) yang dapat melakukan aktivitas bertukar data pada perangkatnya melalui media rambat gelombang radio, contohnya dapat ditemukan pada Laptop, Smartphone, Tablet yang biasa digunakan.

Teknologi awan telah menyederhanakan pembangun dalam komunikasi antar pengguna, di mana layanan memberikan akses tanpa memikirkan bagaimana infrastrukturnya.

Kemudahan tersebut diimbangi dengan data tercenter yang cukup mengesankan, apalagi ditambah oleh media awal perambat informasi yang disederhanakan kembali tanpa perangkat fisiknya.

Memanfaatkan gelombang radio untuk komputasi awan seperti memiliki ruang kedua, artinya meminimalisirkan perangkat fisik media terhubung tanpa mengurangi, memperlambat data informasi, dan mungkin menjadi lebih baik.

Apa yang membuat hal ini dirasa akan sangat bermanfaat bagi anda?, Konektivitas lancar yang terpusat dapat memenuhi hasrat perangkat kesemua data sumber satu sama lain dan menjadi perhatian khusus dalam menyajikan interaksi sosial yang lebih luas antar pengguna melalui layanan internet.

Baca juga: apa itu grid Computing, sejarah dan ruang lingkupnya

Terbaik dari itu, dapat menyesuaikan segala keperluan yang ingin dicapai, dengan melihat garis besar, media layanan komputasi bergerak ini mencakup beberapa sektor yang disesuaikan untuk memulai memproyeksikannya, seperti:

Media Komunikasi

Hal ini mengacu pada infrastruktur yang memastikan komunikasi dapat dilakukan. Menilik sebuah protokol, layanan, bandwith dan portal layanan untuk membuat semua berjalan dengan apa yang diinginkan.

Perangkat keras (Hardware)

Menjadi acuan penting, mengingat apa yang ingin diketahui dapat tergambarkan dengan bahasa visual yang mudah dimengerti. Perangkat yang meliputi media, tentang bagaimana informasi itu dimuat dalam layanan mobilitas yang diperhatikan seperti Laptop, Smartphone, Tablet dan personal digital asisten.

Perangkat Lunak Seluler (Software)

Penggerak jalannya fungsi, kontroling atas informasi data yang dapat disampaikan, seperti Android, Windows phones, Ios dan pengguna Blackberry serta symbian jika masih anda gunakan sampai saat ini. Bisa dibilang software ini merupakan wadah yang cukup vital dalam sebuah sistem.

Manfaat Mobile Computing

Tentunya dengan fitur dan konsep kerja yang diberikan, ada banyak sekali keunggulan dari pemanfaatannya, di antaranya:

  1. Memberikan konektivitas secara real-time dan mendapatkan akses ke sumber daya setiap saat 
  2. Dapat berinteraksi dengan pengguna melalui jaringan internet, hal itu sangat berguna untuk membangun relasi bisnis dengan pelanggan dan keterlibatan sosial lainnya.
  3. Pembangunan penggunaan dapat disesuaikan secara personal dan sesuai dengan apa yang benar-benar dibutuhkan.
  4. Meningkatkan produktivitas dengan daya dukung yang luar biasa terhadap beberapa instrumen
  5. Dukungan Cloud computing, di mana data tersimpan pada Server yang dapat diakses kapan saja
  6. Dapat menjadi Media hiburan yang cukup mengasikan

Kelemahan komputasi Mobile

Dibalik setiap kelebihan pasti ada kelemahannya, mari kita kenali kekurangannya seperti apa:

  1. Konektivitas tidak stabil, penggunaan akses Nirkable memang sering mengalami kendala, salah satunya bar signalnya yang sering menghilang atau terganggu oleh aliran gelombang lain.
  2. Sumber daya baterai yang tidak dapat bertahan lama menjadi masalah yang akan selalu ditemukan
  3. Bandwidth yang diberikan cenderung lambat untuk perangkat yang masih mendukung jaringan 2G, 3G, namun 4G dan seri terbarunya cukup baik
  4. Gangguan Transmisi, di mana jarak dan kondisi cuaca sangat berpengaruh dalam kelajuan transfer datanya.
  5. Keseriusan pada penggunaan perangkat seluler portabel, sering di salahgunaan dalam tempat kinerjanya, 

Apa yang terbaik selalu dapat tertimpa hal terburuknya. apa yang didapat sebanding dengan apa kerugian yang didapat pula. Keamanan selalu menjadi hal yang menakutkan, penggunaan teknologi pribadi pada jaringan benar–benar harus di perhatian.

Selain itu, masalah sumber daya besar menjadi ancaman jika tidak mampu menyuplay, dan gangguan ketidakstabilan dalam gelombang radio akan sering dijumpai.

Kesimpulan

Mobile computing adalah Teknologi perangkat Nirkable yang dapat melakukan tugas transmisi data, suara, informasi media seperti video. Mobile sendiri merupakan perangkat seluler yang dapat meningkatkan produktivitas, konektivitas dan dapat menjadi media hiburan.

Sejarahnya dimulai 1970-an di mana peneliti Alan Key berhasil menemukan konsep komputer jinjing, dan berkembang sampai sekarang. Manfaat kesederhanaan dan kemewahan yang ditampilkan penerapan konsep mobile ini benar-benar menarik minat yang cukup banyak.

temukan hal menarik lainnya mengenai komputasi awan

Tinggalkan komentar