Cara Mengetahui Pemakaian Data Internet Di PC (Windows 10)

Seberapa pentingkah mengetahui pemakaian data internet di PC?. Seperti diketahui Perkembangan internet terus mengalami percepatan, dan ternyata memiliki sesuatu yang menakutkan disisi pelanggan. Kuota yang besar dapat habis dalam kurun waktu yang cepat.

Bagi pengguna layanan Provider (ISP), mungkin tidak terlalu memikirkannya, karena sistem pembayaran dilakukan dalam hitungan bulan bukan per pembelian Kuota. Oleh karenanya, Monitoring pemakaian data internet di PC, menjadi upaya dalam menyesuaikan alokasi kebutuhan dengan batasan Kuota yang dimiliki.

Sistem Operasi windows 10 sendiri telah menyediakan program pendukung yang sudah terpasang untuk dapat melakukan tugas ini. Bagaimana menggunakannya? berikut ulasan bagaimana cara melihat penggunaan data internet di laptop.

Real Time Mengetahui Pemakaian data internet di PC

Pada tahapan ini pengguna dapat melihat pemakaian koneksi yang digunakan dalam aplikasi yang berjalan di perangkat.

Aplikasi yang memakan data internet dapat diketahui secara langsung, untuk itu pengguna dapat menghentikan atau melanjutkan prosesnya. Sangat mudah untuk melakukan tugas ini, berikut caranya:

1. Akses Task Manager pada pencarian aplikasi windows, untuk tombol cepatnya tekan kombinasi CTRL + ALT + Delete, atau CTRL + SHIFT + ESC.

akses task manager

2. Lihat jendela network untuk melihat penggunaan data yang terpakai dalam satuan Mbps, lihat pada gambar dibawah. Gambar tersebut memberikan informasi penggunaan internet yang sedang berjalan pada aplikasi Google Chrome, dari sana juga dapat diketahui aplikasi yang menggunakan internet di pc.

 

melihat penggunaan jaringan task manager

3. Semakin banyak jendela aplikasi yang terbuka dan menggunakan akses data internet, maka informasi monitoring tersebut akan menampilkan statistiknya.

Proses monitoring secara Realtime memang tidak menampilkan akumulasi secara keseluruhan, melainkan per penggunaan saat itu dalam satuan Mbps. Tapi jangan khawatir untuk dapat mengetahui informasi lengkapnya dapat menggunakan cara dibawah.

Baca juga: 10 Kekurangan jaringan Wifi yang jarang diketahui

Mengecek Data Usage Bulanan

Pada tahap ini pengguna akan mengetahui besaran paket data yang telah digunakan dalam hitungan bulan. Informasi statistik akan memberitahukan aplikasi yang sering digunakan dan menggunakan akses internet.

Sama halnya dengan cara diatas yang tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, melainkan memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh windows 10. Berikut tahapannya:

1. Silakan akses pengaturan, dengan mengetikan “data usage” di box pencarian aplikasi dan sistem windows.

akses data usage windows

2. Data usage akan menampilkan akses yang dipakai untuk berinternetan, melalui jaringan Wifi atau kabel. Pada gambar dibawah menunjukan penggunaan data melalui akses jaringan wifi sebesar 9.95 GB dari 30 hari terakhir.

data usage perbulan

3. Selanjutnya, pengguna dapat melihat rinciannya dengan mengklik menu “View usage Per App“. Pada gambar dibawah menujukan jumlah penggunaan data sebesar 9.95 GB dari akumulasi google chrome, zoom, Idm dan lainnya.

pernggunaan data per aplikasi

Memonitoring penggunaan data menjadi langkah tepat untuk dilakukan bagi pengguna yang memiliki keterbatasan kuota internet. Hal itu juga dapat memberikan pilihan bagi pengguna untuk memakai koneksi internet dengan bijak dan memperhatikan beberapa hal yang dapat disederhanakan.

Langkah cerdas dapat dilakukan pengguna dengan memberhentikan aplikasi online yang berjalan otomatis di menu startup Task manager. Hal itu untuk memanajemen penggunaan data internet agar tepat dan tidak mubazir.

Temukan pengalaman lainnya tentang windows 10 yang menarik atau tambah pengetahuan mengenai network dan internet, semoga harimu menyenangkan

Tinggalkan komentar