Kategori Network

Password Modem Indihome Huawei & Cara Loginnya

Banyak yang bertanya tantang password modem indihome padahal tertera di belakang lebel perangkat, dan yang paling umun memiliki kombinasi user dan sandi yang sama yaitu admin.

Indihome adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam jasa layanan internet atau ISP (Internet Service Provider). Tentu orang sudah familiar dengan persuhaan provider tersebut karena itu penggunanya cukup banyak.

Seperti kebanyakan provider lainnya, pelanggan tidak terlalu terlibat langsung dalam pemasangan fasilitas akases layanan. Mereka cukup mengajukan, membayar jasa pemasangan dan Iuran penggunaan sesuai paket Kecepatan Data.

Tidak perlu membayar lebih untuk perangkat jaringan yang berbeda, semua sudah disediakan oleh perusahaan penyedia, begitupun dengan konfigurasi yang ditangani oleh teknisi ahli.

Ada satu momen dimana, pelanggan ingin mengakses modem indihome untuk keperluan tertentu, misalnya mengganti password, merubah Ip address, melihat pengguna yang terhubung dan konfigurasi lainnya.

User & Password Modem indihome Huawei

Tentu untuk dapat mengakses, pengguna harus menginputkan user dan password modem agar dapat membuka seluruh pengaturannya. Lupa menanyakan pada teknisi saat pemasangan? jangan khawatir berikut password modem indihome brand huawei yang dapat kamu coba.

  1. Username : admin , Password: admin
  2. Admin, admin
  3. telecomadmin, admintelecom
  4. root, admin
  5. Support, Theworldyourhand
  6. telecomadmin, zep2kjzol
  7. Support, zep2kjzol

Pastikan menginput karakter yang sesuai, dan jika salah beberapa kali sistem akan memberikan notifikasi tungu selama 1 menit sebelum dapat memasukannya kembali.

Cara login ke modem Indihome

Untuk dapat mengakses, kita harus tau IP address dari modem tersebut, secara default yaitu 192.168.100.1 atau 192.168.1.1 dapat berbeda pada beberapa seri. ketikan alamat IP pada aplikasi pencarian browser, misalnya seperti google chrome, mozila firefox atau lainnya.

Masukan kombinasi akun user login yang sesuai, contoh modem huawei seri HG8245U. Jika alamat tidak bisa diakses, coba lihat IP address pada perangkat yang telah tersambung. Masuk ke menu pengaturan network adapter > Pilih adapter Koneksi (LAN/WIFI) > Detail > IP v4 Default gateway.

atau jika menggunakan Smartphone dapat melihat di rincian sambungan wifi yang digunakan, dan Akses IP gatewaynya. IP gateweay merupakan IP address Modem yang menjadi rujukan/jalur utama agar perangkat lain dapat terhubung dan menerima paket layanan dari pusat. selengkapnya cara melihat ip address perangkat

Merubah Password login ke Modem

Mengapa harus diganti? tentu sebagai keamanan, karena password default sudah banyak diketeahui jadi begitu pengguna lain terkoneksi dalam jaringan yang sama maka dengan mudah merubah setingannya. Untuk merubahnya cukup mudah, berikut tahapannya

  1. Pertama login ke modem
  2. Pilih System Tools > Modify login password> masukan password lama dan sandi baru yang diinginkan
  3. Gunakan kombinasi sandi yang kuat, bisa memuat huruf kapital, dan karakter unik seperti “!#@“.

Baca juga: 10 kekurangan jaringan wifi yang jarang diketahui

Merubah Password Wifi

Setelah berhasil masuk ke modem, pengguna dapat merubah password dan SSID wifi sesuai keinginan, ikuti cara berikut:

  1. Login ke modem
  2. pilih menu WLAN > SSID name (Nama wifi), dan WPA PreSharekey adalah Password wifinya.
  3. Silahkan rubah  password sesuai keinginan, jangan lupa ceklis enable SSID agar wifi dapat terdeteksi otomatis di perangkat. Atur batas pengguna yang dapat terhubung di associated device. Lakukan penyesuaian tipe keamanan jika kalian memahami jaringan lebih mendalam, jika tidak dapat disesuaikan seperti gambar diatas.
  4. Apply untuk menyimpan perubahan setingan.

Beberapa seri modem mendukung dual band, artinya dalam satu perangkat dapat membuat dua wifi, yaitu koneksi 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Keduanya dapat disetting secara terpisah baik SSID, maupun sandinya.

Melihat pengguna yang terhubung ke Wifi

Melihat siapa saja yang menggunakan wifi kita, dapat dilihat di menu modem indihome, berikut caranya:

  1. Login ke modem
  2. Pilih menu status > User device Information
  3. Seluruh perangkat akan terdeteksi, jadi bisa mewaspadai perangkat ilegal yang tersambung.

Jika menemukan perangkat yang mencurigakan dapat memblacklistnya dengan pergi ke menu security, lalu Mac filtering, input mac address perangkat yang dicurigai dan pilih blacklist. Mac address didapatkan dari user device informasi sebelumnya

Itulah beberapa password modem indihome huawei pada pengaturan default, namun jika sudah melakukan perubahan tentu sandi tidak akan valid. Jika lupa kombinasi password lama. bisa melakukan restart pada modem atau konsultasi dengan perusahaan penyedia agar dapat diakses kembali. semoga membantu

Share
Dede Sudirman

Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support