OpenNebula VS OpenStack, 2 Layanan Cloud Pilihan

OpenNebula VS OpenStack, mana yang lebih dominan?. Beberapa Platform Teknologi awan bermunculan dengan senjata terkuat yang mereka miliki. Tak bisa dibendung seperti air bah yang mengalir deras tanpa bedeng penghalang yang menahannya. 

Kebutuhan Teknologi bisa dibilang kian merangkak menuju fase dewasa. Semakin intens dalam menemukan posisi yang dapat penghargaan yang cukup nyata. Berbagai pilihan semakin ditawarkan sebagai daya tarik utama untuk dapat memilih layanan komputasi Awan yang menjadi mengait mereka.

Sebuah komputasi menjadi pengontrol lajur baik sebagai masalah penyimpanan, keamanan, seluruh jaringan yang terpusat, dan infrastruktur bangunan yang murah.

Layanan komputasi awan seperti Google Cloud Platform (GCP), Microsoft Azure, Amazon Web Service (AWS) sangat tahu betul bagaimana menyajikan teknologi ini. Namun beberapa layanan lainnya patut untuk diperhitungkan, jika melihat beberapa latar belakang dan sudut pandang.

Mari mencoba  membandingkan dua layanan Cloud terbaik untuk pusat data, yaitu OpenNebula melawan OpenStack untuk mengetahui kehebatan mereka. Manakah yang lebih unggul dan bagaimana cara mereka menghadirkan layanan dengan akses pribadi, apakah itu benar-benar bisa dilakukan?

OpenNebula, Layanan Awan Dinamis

OpenNebula adalah sebuah layanan Cloud yang dikembangkan untuk kebutuhan virtualisasi pusat data dan komputasi awan pribadi. Menjadi mesin virtual yang menyediakan grup yang efisien, dinamis, terukur yang berinteraksi dengan Server virtual dan fisik.

Layanan Cloud ini menjadi solusi turnkey open-source yang sederhana, namun kuat dan fleksibel untuk mengelola Cloud pribadi dan virtualisasi pusat data.

OpenNebula telah dibentuk selama hampir satu dekade yang menjelaskan betapa profesionalnya mereka dalam menyediakan layanan cloud terbaik bagi pengguna. Sebuah pengalaman akan dibarengi dengan rekam jejak, sampai mana mereka dapat menyajikan fitur pembaharuan untuk pengguna.

Dengan layanan paket yang support akan beberapa Platform seperti, Ubuntu, Kubarnet, GitLab dan WordPress. Dengan integrasi plug-in yang dikembangkan langsung oleh pihak mereka, mitra dan komunitas yang lebih luas.

Fitur Teknologi OpenNebula

1. Mendukung platform Xen dan KVM, memungkinkan untuk dapat berinteraksi dari jarak jauh.

2. Arsitektur terbuka dan fleksibel, yang dapat memungkinkan definisi algoritma baru untuk penempatan mesin virtual dan dapat diintegrasikan dengan platform virtualisasi apapun.

3. Open Source, memungkinkan penyebaran dan pengelolaan layanan teknologi informasi yang kompleks di berbagai domain administratif.

4. Manajemen Gambar, Dengan fitur ini dimungkinkan untuk mentransfer dan menggandakan gambar mesin virtual, selain dengan fitur versi 1.2 Anda dapat menggunakan kembali gambar yang ada dan menandainya sebagai clonable sehingga dapat menghemat ruang.

5. Mekanisme jaringan, fitur ini memungkinkan Anda untuk menentukan jaringan mesin virtual dan juga dapat menyewakan IP-MAC ke mesin virtual. Dan yang terbaik dari semuanya, Anda dapat dengan mudah mendapatkan IP dari MAC saat mem-boot mesin virtual.

6. Kekakuan dan skalabilitas yang sesuai, telah diuji untuk mengelola ratusan mesin virtual dan telah memastikan bahwa ia memenuhi persyaratan tingkat produksi.

Layanan cloud yang menarik garis besar untuk fitur utamanya, yaitu Data Center Virtualization Manajemen yang menyediakan fitur canggih seperti manajemen kapasitas, optimalisasi sumber daya, dan ketersediaan tinggi, sepenuhnya dikontrol baik virtual melalui sumber daya atau fisik.

Fitur utama kedua adalah Manajemen awan, menyediakan infrastruktur seperti Vmware, Vcenter dan menyediakan pusat data virtual, pusat data federasi, dan komputasi awan hibrida untuk menghubungkan infrastruktur internal dengan akses cloud publik.

Daya dukung Vone Cloud, membuat distribusi optimal sebagai kinerja dan penyebaran VmWare dan infrastruktur Vshare yang ada. Kekuatan yang dapat dirasakan dari pusat data virtual dengan akses independen yang fleksibel dan mudah untuk digunakan yang tentunya menghemat pengeluaran biaya anda.

Baca juga: Perbedaan Iaas, Pass dan SaaS

OpenStack, Penyuplai Sumber daya yang handal

OpenStack adalah layanan komputasi yang mengontrol banyak koleksi sumber daya komputasi, penyimpanan jaringan di seluruh pusat data, semuanya dikelola dan disediakan melalui API.

Layanan cloud ini menyediakan administrator sekaligus memberdayakan penggunanya untuk menyediakan sumber daya melalui tampilan web. Dirancang untuk memungkinkan Anda menginstal dan memainkan komponen sesuai dengan kebutuhan.

Komponen yang ditawarkannya sangat lengkap, mulai dari komputer, siklus hidup perangkat keras, penyimpanan, jaringan, layanan bersama, layanan sumber daya, Proxy API, dan antarmuka halaman web.

Di awal kita telah  mengenal penantang cloud yang pertama dengan jurus seribu keunggulan yang dimilikinya, tak adil jika tidak mengetahui fitur yang tentunya tak kalah dari layanan lain.

open cloud

Fitur Teknologi OpenStack

1. Mendukung manajemen mesin virtual yang menjadikannya layanan komputasi berkinerja tinggi

2. Menyediakan dukungan untuk mengambil dan menyimpan data secara acak di cloud, dengan Native API layanan ini dapat memberikan tingkat ketahanan yang tinggi melalui replikasi data.

3. Sistem file bersama, menyediakan manajemen berbagi file, sehingga dapat membuat dan memindahkan file maksud dari jarak jauh.

4. Menyediakan berbagai layanan jaringan seperti manajemen IP Address, DNS, DHCP, Load Balancing, Firewalls, Software-Defined Network (SDN) yang dapat mengatasi berbagai masalah jaringan.

5. Ini menyediakan antarmuka berbasis web untuk administrator dan penyewa cloud. Sehingga bisa memonitor masalah sumber daya dan keamanan.

6. Manajemen gambar, menyediakan layanan manajemen gambar, termasuk untuk gambar baru, atau pengiriman gambar.

Dengan fitur Jaringan yang andal memungkinkan penyewa mengelola konfigurasi jaringan mereka untuk dapat mengatasi keamanan atas ketersediaan, integritas, dan kerahasiaan.

Dilengkapi dengan layanan Autentikasi dan otorisasi di seluruh layanan infrastruktur cloud, untuk dapat mengurangi semua masalah kepercayaan dalam Autentikasi, manajemen token otorisasi, dan komunikasi yang aman.

Baca Juga: Apa itu azure dedicated Host dan Manfaatnya

Setiap layanan komputasi awan didistribusikan dengan teknologi basis data, sistem operasi, antrian pesan, jaringan, kontrol akses, keamanan, dan banyak hal lainnya.

Kelebihan dari dua layanan ini dapat menjadi perbandingan Anda untuk memilih layanan cloud terbaik, keduanya memiliki sejarah, kelebihan, kelemahan dan bagaimana hubungannya dengan konsumen sendiri.

Dapatkan lebih banyak informasi di halaman web utama mereka, ini sekilas tentang bagaimana mereka menyajikan layanan kepada pengguna berdasarkan kacamata pengguna.

Hal-hal luar biasa sedang menunggu di depan, jadi mengapa masih bingung untuk memilih, OpenNebula dan OpenStack, keduanya boleh .

Tinggalkan komentar