Tips Menyesuaikan OBS Studio untuk Live Stream Game

Menemukan kendala saat live stream game dengan obs studio? seperti kulitas video rendah, audio terputus-putus atau belum mencobanya karena tidak menemukan setingan yang pas? tepat sekali kamu berkujung kesini.

Ada beberapa faktor yang membuat stremmer akan merasa puasa live stream menggunakan OBS Studio. Menyesuaikan bitrate yang sesuai menjadi kunci utama, bitrate merupakan jumlah data yang dikirimkan dalam hitungan bit per detik, dalam beberapa kasus dapat meningkat menjadi megabit per detik.

Data yang ditransfer mengacu pada audio dan video, semakin besar angka yang dikirim maka berbanding seimbang dengan kualitas yang ditampilkan. Tentu resiko dari permintaan tinggi akan berakibat pada kinerja perangkat untuk menyediakan sumberdaya yang besar.

Memahami kondisi perangkat yang dimiliki adalah langkah awal untuk mencapai kondisi optimal dalam siran langsung. Pahami beberapa penyesuaian, lalu menerapkannya akan menjadi formula  tersendiri yang pas untuk kamu dapatkan.

Live Stream Game menggunakan OBS Studio

Memulainya, pertama streammer harus memiliki software OBS studio yang bisa didapatkan secara gratis dan mendukung multi platform (Windows OS, Linux OS, MacOs). Selanjutnya memahami dasar-dasar Pengaturan menjadi bekal untuk memahami proses ini, jangan khawatir panduan dapat dibaca  settingan OBS Permulaan.

Sistem yang direkomendasi untuk menjalankan OBS, yaitu didukung Direct X 10.1 yang kompetible dengan GPU (Graphic Processing Unit) dan minimal windows 7 atau seri diatasnya. Untuk Sistem operasi MacOS dukungan Open GL 3.3 yang kompetible dengan GPU, Intel CPU tapi PPC tidak didukung dan minimal  MacOs 10.12, sama halnya dengan Linux dukungan Open GL 3.3.

Penambahan Graphic Card pada perangkat menjadi hal wajib untuk streammer agar mendapat rendring proses yang memuaskan. Minimal seri GTX 600 sampai RTX Super Graphic akan benar-benar direkomendasikan oleh siapapun dan tentunya tidak murah.

Menampilakan Layar Game dan Streammer

OBS mampu menampilkan source tangkapan layar dari aplikasi yang dijalankan pada perangkat dan menggabungkannya dengan bebera elemen seperti tampilan kamera stremmer. Proses menambahkannya cukup mudah dengan mengkil icon “+” pada lembar Sources.

Video Capture device, akan mengambil akses source kamera pada peragkat baik bawaan atau tambahan seperti webcame untuk tampilan wajah streammer. Windows capture, akan menangkap aktivitas aplikasi game selama stremmer menggunakan obs studio.

camera obs

Padukan keduanya, Tata letak,  lalu filter tampilan kamera stremmer agar dapat menyatu dengan layar game. Gunakan filter Chromakey, dengan mengklik kanan pada source video capture yang telah ditambahkan dan green screen sebagai penyeleksi warnanya latar belakang.

Penyesuaian Audio In dan Out

Audio in adalah sumber suara masukan dari prangkat yang di dapatkan dari Mic recorder atau webcame dalam ]seri tertentu. Suara streammer akan terekam pada perangkat yang selanjutnya dapat dikeluarkan dengan elemen source yang lain.

Tambahkan Pada Source OBS Audio Input Capture, pilih driver perangkat yang sesuai, lakukan langkah yang sama jika memiliki lebih dari satu sumber suara masukannya.

audio-obs

Audio Out merupakan kebalikan dari suara masukan, dimana sistem akan mengeluarkan suara yang dihasilkan dari aplikasi layar atau voice stremmer. Kombinasi inputan suara dari beberapa sumber, harus dikelola untuk menonjolkan elemen utama. Selain itu penggunaannya harus disadari agar tidak terjadi tabrakan suara yang cukup mengganggu.

Atur dan Tambahkan Suara keluaran, dengan menambahkan Audio Out Capture pada source OBS, Geser kekiri pada bar biru untuk mengurangi volume atau klik icon untuk menonaktifkannya dengan cepat.

Rumus Penggunaan Bitrate

Memahami perhitungan bitrate dalam obs adalah kuci streammer mendapatkan performa terbaiknya. Setingan yang dihadirkan memang bukan dengan teks deksripsi tinggi, rendah, bagus atau sangat jelek, melainkan angka ribuan yang cukup membingunkan.

Untuk Audio, range bitrate ada di 64 (Sangat rendah), 96 (rendah), 128 (medium), 192 (Tinggi), 256 (Kualitas Tinggi) dan 320 (Tinggi dan bagus sekali). Rate Medium bisa menjadi permulaan untuk dicoba, jika mengalami masalah bisa menurunkannya atau merasa tidak puas naikan ke kualitas tinggi.

audio bitrate

Sedangkan Video, Rate rekomendasi ada di angka 400 (270 pixel), 800 (360 pixel), 1200 (480 pixel), 1500 (720 pixel), 40000 (1080 Pixel), 8000 (4 rb pixel).

birtate obs

Kita dapat mengombinasikan rate audi diangka 128 (medium) dan video diangka 1200 (tinggi) untuk kulitas menengah yang bagus. Semakin bagus dukungan perangkat maka sangat diperbolehkan untuk meningkatkan ke kualitas tertinggi.

Bitrate Youtube streaming

Beberapa platform seperti youtube memiliki perhitungan rate yang berbeda. rate dengan angka 300 – 700 akan mendapatkan kualitas 240 pixel, 400  sampai 1000 (360p), 500-2000 (480p), 1500-4000 (720P), 3000-6000 (1080p) dan selengkapnya dihalaman bitare youtube stream .

Rate facebok Gaming kreator

Direkomendasikan dengan rate 3000 untuk kualitas 720 Pixel,  game aksi seting rate ke 4500 (720 pixel 60 fps) dan memainkan game dengan tempo santai namun kualitas  video tinggi seperti bermain hearstone rate 6000 (1080 pixel 60 fps), selengkapnya temukan di artikel facebook gaming kreator.

Percuma tanpa Koneksi Internet Yang Stabil

Pastinya siaran langsung akan membutuhkan koneksi internet yang cukup tinggi, kecepatan rate download dan upload. Perbandingannya harus sejalan dengan rate video yang akan ditampilkan, sehingga proses rendring berjalan baik dan mengurangi dilay.

Koneksi yang baik diperloh dari akses jalur kabel LAN secara langsung dari pada menggunakan wifi, karena akan lebih stabil. Jadi akan mengurangi patah-patah saat mendapatkankan momen terbaik didalam game.

Kesimpulannya, dapatkan hasil maksimal live strem game dengan OBS dengan perangkat yang mempuni, koneksi internet stabil dan setingan bitrate yang benar. Salah satunya tidak ada atau berkurang akan menurunkan ekspetasi dari hasil yang ingin diperoleh.

Bagaimana apakah hari ini kamu akan live stram game denga obs studio?. Game apa yang akan kamu mainkan?

Tinggalkan komentar