Hubungkan 2 OBS dengan NDI OBS (Network Device Interface)

NDI OBS mampu memberikan fitur berbeda dua dalam satu yang lebih menyenangkan untuk di coba, terlebih jika kamu seorang broadcaster yang intens.

Kebutuhan broadcasting yang semakin tinggi serta rumit tentu tidak bisa di limpahkan begitu saja pada satu perangkat utama, perlu dukungan perangkat lain untuk membagi tugas dalam pemuatan konten agar mengurangi beban konsumsi pada sumber daya menjadi lebih ringan.

Banyak yang bertanya, apakah memungkinkan untuk mengambil konten dari jendela layar kerja OBS ke obs lainnya dalam perangkat yang berbeda, atau OBS ke software broadcasting lainnya seperti streamlabs?

jawabanya tentu bisa dengan memanfaatkan NDI (Network Device Interface).

Memasang NDI OBS

NDI merupakan utilitas yang mempu mengkolaborasikan aplikasi kerja menjadi satu kesatuan yang saling terhubung, konten yang di muat dalam satu jendela aplikasi mampu di ambil dan di padukan pada aplikasi lainnya.

Pada OBS Studio sendiri telah mendukung pemanfaatan NDI ini, dan menjadi kelebihan yang akan sangat di rasakan oleh pengguna tingkat lanjut untuk sebuah pengalaman yang lebih menarik.

Untuk dapat menggunakan NDI OBS maka perlu paket tambahan yang terpasang, silahkan ikuti instruksi berikut:

1. Silahkan downlaod NDI Versi dukungan disini, dapatkan versi sesuai sistem operasi yang kalian gunakan, lebih umum windows dengan ekstensi file .exe atau dapatkan versi .zipnya untuk mendapatkan paket installer yang lebih aman.

2. Pasang aplikasi yang telah di download, dan buka software OBS Studio

3. Jika berhasil, fitur NDI dapat di temukan di Tools > NDI Output setting

4. Disana terdapat Main Output dan Priview output, silahkan ceklist keduanya untuk mengaktifkan, beri nama sesuai keinginan untuk membedakannya dan mempermudah pencarian source pada media lainnya.

ndi obs studio

5. Memanggil NDI dari OBS ke OBS lainnya dapat di tambakan pada menu source > NDI source > beri nama dan pilih source yang telah di buat pada obs sebelumnya.

6. Demo akan coba memanggil konten pada obs ke streamlabs dengan cara menambahkan source ndi streamlabs, tampilannya seperti di bawah

obs streamlabs ndi

7. lihat bagaimana konten dari canvas kerja obs dapat di ambil ke canvas kerja streamlabs.

8. Untuk melakukan pada perangkat yang berbeda, maka kedua perangkat tersebut harus dalam satu jaringan koneksi yang sama, nantinya broadcast akan di lakukan pada jaringan tersebut.

Untuk melakukan pemanggilan konten lewat jaringan seperti NDI, maka media transmisi jaringannya di rekomendasikan menggunakan kabel LAN agar stabil dan tidak membebani jika di bandingkan dengan wifi.

Hal yang perlu di perhatikan lainnya adalah pengaturan akses jaringan pada perangkat, dimana pengaturan sharing telah di izinkan, mematikan, menonaktifkan password pada sharing perangkat dan yang paling penting merubah akses jaringan private pada perangkat menjadi ke publik.

9. Merubah akses jaringan private ke public dapat lakukan masuk ke open network & internet setting, akses cepat dengan klik kanan di icon wifi atau komputer dari akses jaringan yang di gunakan berada di kanan bawah jendela windows, selanjutnya

10. Pada menu status di Network & internet, pilih properties pada jaringan yang digunakan

publick jaringan

11. Silahkan ubah dari private ke public, agar perangkat di kenali oleh perangkat lainnya dan dapat berbagi konten obs

public network

Perubahan akses jaringan private ke public menjadi permecahan masalah yang menjadi rahasia besar, dimana sebagaian orang tidak mengetahuinya dan gagal untuk melakukan pengiriman konten secara broadcast melalui NDI.

Baca juga: 5 Kelebihan Streamlabs dibandingkan OBS Studio

Selain itu paket firewall yang dapat memblokir beberapa service dapat di menonaktifkan sementara jika source NDI tidak bisa di kenali di perangkat lain dan setelah itu jangan lupa lakukan reboot pada perangkat setelah melakukan perubahan.

Upaya penyesuaian pada jaringan sangat menunjang bagaimana proses ini dapat berhasil, mulai dari akses dari sumber yang sama sehingga dapat melakukan broadcast ke perangkat lain, dan penyesuaian pada tiap perangkat untuk membuka aksesnya.

Kamu dapat meggunakan hub/swich untuk membuat lalu lintas jaringan LAN terkelola dengan baik, dan memastikan sumber jaringan awal maunpun akhir.

Hal menarik dalam penggunaan NDI OBS ini dapat menghubungkan dan membagi konten tanpa membebani kinerja pada perangkat utama.

Pelajari lebih lanjut penggunaan obs studio , serta lihat service lainnya yang dapat di tambahkan pada obs seperti countdown waktu mundur, atau penambahan perangkat streaming seperti stream deck yang dapat mempermudah perpindahan scane.

Tinggalkan komentar