Mengenal Microsoft Edge Chromium Di Windows 10

Windows 10 kedatangan fitur baru yaitu browser Microsoft Edge Chromium. Browser atau web browser tentu sudah tidak asing di telinga kita, apalagi dalam keadaan saat ini yang mengharuskan untuk mengerjakan sesuatu di rumah tentu bantuan Browser lah yang membantu aktivitas kita setiap hari, seperti Belajar,Kerja, dan Hiburan.

Browser selalu berkembang seiring dengan inovasi para developer yang membuat website semakin dinamis, dan keperluan konten first impression pengunjungnya semakin dihiasi teknologi baru. Mulai dari tampilan, performa, dan ukuran, untuk menghadirkan pengalaman yang membuat pengunjung semakin betah itu diperlukan suatu browser yang mendukungnya.

Riview Microsoft Edge Chromium

Kali ini penulis bakalan bahas Web Browser dari Microsoft, jujur saja kalian pasti masih berpikiran tentang Internet Explorer kan? ketika Windows 10 hadir microsoft beberapa saat kemudian meluncurkan Browser baru yang diberi nama Microsoft Edge. Pada tahun 2017 Microsoft sudah menyebutkan mereka bakalan menggunakan Chromium pada Browser mereka, Akhirnya setelah menunggu selama 3 Tahun mereka membuat Microsoft Edge Versi Chromium. Chromium ? yup Chromium merupakan Engine yang sama dengan Google Chrome. Bukankah ini plagiat? Tentu tidak. Chromium merupakan Open Source, dimana para developer dapat mengembangkan aplikasi tersebut.

microsoft edge chromium tampilan
Website Chromium

Biasanya kita pakai Microsoft Edge untuk mendownload Google Chrome dan Firefox, sekarang itu semua akan mulai berubah dan beralih ke Windows 10. Rangking menurut Netmarketshare

  1. Chrome 68.50%
  2. Edge – 7.59%
  3. Firefox – 7.19%
  4. IE – 5.87%
  5. Safari – 3.62%

Terlihat bahwa perkembangan Edge begitu pesat, pesaing browser bawaan OS Mac dan Ios yaitu Safari sudah ditinggal jauh bahkan masih kalah dengan Internet Explorer

Swipe to Continue
advertisment

Baca juga: 15 Tips Mempercepat windows 10 lemot dengan maksimal

Tampilan Microsft Edge Chromium

Homepage microsoft edge chromiume yang sudah di sesuaikan
Homepage Microsoft Edge yang sudah di sesuaikan
Setting Profile di edge
Tampilan Setting Profile di Microsoft Edge
Setting tampilan di Edge
Setting tampilan di Microsoft Edge
Privacy Prevention dari  Edge
Privacy Prevention dari Microsoft Edge
InPrivate Browsing dari Microsoft Edge seperti Incognito atau anonymous
InPrivate Browsing dari Microsoft Edge seperti Incognito atau anonymous
Extension dari Microsoft Edge
Extension dari Microsoft Edge
Inspect Element dari Microsoft Edge
Inspect Element dari Microsoft Edge

Bing SafeSearch Country/Region view in Edge

setelah berselancar menggunakan Bing, ternyata SafeSearch nya bisa di matiin loh! Hayo searching apaan? tapi halamannya tetap Internet Positif.

Hal yang menarik lainnya pada browser ini adalah memiliki interksi dengan pengguna seperti halnya chrome ketika terjadi masalah pada jaringan. Google Dino milik google memiliki teman Dari edge yang menyajikan tampilan game yang lebih berwarna, dimana pengguna dapat memilih karakter dan turun kelautan dengan bersurfing.

Arahkan karakter yang telah dipilih dengan bantuan keyboard  untuk menghindari karang dan rintangan yang ada, jangan sampai ketinggalan podium dan cetak skor terbaik yang dapat kamu peroleh.

Untuk mencobanya tak usah menunggu saat terjadi gangguan jaringan, silahkan matikan koneksi internet sementara waktu dan akses kata kunci apapun pada browser selanjutnya pengguna dapat mengklik tombol untuk memainkan permainan ini.

Baca juga: Cara cek pemakaian data internet di windows 10

Memang kamu akan merasakan pengalaman terbaik saat mencobanya, karena tingkat pembangunan pada browser ini ingin bersaing dengan chrome, sehingga para pengguna beralih dalam mode yang lebih baru.

Kesimpulan

Microsoft Edge mengubah engine baru dengan Chromium merupakan hal yang tepat, dimana kita sudah sering menggunakan Google Chrome, pengurangan penggunaan Edge sebagai tukang download browser lain akhirnya mulai berubah dan digunakan sebagai main web browser karena dapat menghemat penyimpanan kita. Untuk yang memiliki penyimpanan kecil tentunya suatu bundle yang sangat baik karena fitur Edge sudah menampung browser yang powerful. Developer sendiri hanya tinggal menggunakan Engine yang sama seperti Chrome maka web tidak perlu di optimasi ke Edge.

Tinggalkan komentar