Cara Merubah Bahasa di windows 10 ke Bahasa Indonesia

Merubah bahasa di windows 10 sangat mudah dilakukan oleh setiap pengguna, jangan khawatir jika kamu belum terbiasa silakan ikuti panduan berikut.

Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang dapat mempermudah interaksi satu sama lain, termasuk pengguna dengan mesin seperti laptop atau device lainnya.

Menggunakan bahasa yang dimengerti akan mempermudah penggunaan fitur, tools dan aplikasi yang disediakan pada device, oleh karenanya sangat penting untuk mengaturnya terlebih dahulu.

Kebanyakan sistem pada perangkat elektronik secara default menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa universal, atau dari negara vendor tersebut seperti China, Korea, Thailand atau lainnya.

Langkah Merubah Bahasa di windows 10

Beberapa pengguna lebih senang menggunakan bahasa inggris untuk ditampilkan pada sistem walau tidak terlalu baik memahaminya, karena cenderung lebih cocok dan terlihat sederhana, berbeda jika harus merubahnya ke bahasa Indonesia.

Lainnya juga kerap memilih bahasa Indonesia untuk mempermudah akses dan pengoprasikannya, berikut tahap merubah bahasa di windows 10.

1. Silakan akses pengaturan dengan mengklik ikon start windows di pojok kiri bawah dari jendela desktop, pilih settings.

menuju menu settings

2. Gulir  kebawah dan cari menu Time & Language

merubah bahasa di windows 10 ke bahasa indonesia

3. Setelah membukanya, pilih menu Language untuk dapat merubah, menambah atau menghapus bahasa pada sistem.

pilih menu bahasa

4. Selanjutnya menambahkan bahasa Indonesia pada menu preferred Languages, dengan mengklik block tabel icon plus pada add a prefered languages.

menambahkan bahasa indonesia ke windows 10

5. Selanjutnya ketikan kata kunci ” Bahasa Indonesia” pada form pencarian bahasa.

mencari kata kunci bahasa indonesia

6. Sistem akan meminta untuk menginstall bahasa yang dipilih, jangan lupa tambahkan ceklis pada list box seperti set as my default language untuk merubah tampilan sistem sepenuhnya ke Bahasa Indonesia dan fitur yang ingin di install.  Klik install

install bahasa indonesia untuk windows 10

7. Tunggu proses penginstalan sampai selesai, pastikan koneksi internet tersambung dengan baik untuk memastikan source dari paket didapatkan seluruhnya.

proses intalasi bahasa indonesia untuk windows 10

8. Setelah proses selesai, sistem akan meminta pengguna signout untuk memasang bahasa yang baru dipasang atau baiknya lakukan reboot dengan menyalakan ulang.

mengaktifkan bahasa indonesia di windows 10

9. Perubahan bahasa berhasil dilakukan, lakukan cara yang sama untuk memasang bahasa lainnya yang diinginkan.

cara mengubah bahasa di laptop windows 10 sendiri menjadi pengalaman yang dapat ditentukan oleh penggunaan, misalnya hanya tampilan sistem saja sedangkan panduan melalui suara tetap menggunakan bahasa inggris. Pelajari lebih lanjut pada dokumentasi microsoft.

Lihat bagaimana mengatasi masalah lainnya seperti membuat user login di windows 10.

Tinggalkan komentar