Cara Menghubungkan Zoom ke Youtube Live Streaming

Selama pandemi, Zoom banyak digunakan dalam pertemuan santai, formal maupun bisnis secara daring. Ada sistuasi yang membuat pertemuan tersebut harus terintegrasikan dengan Youtube secara Live, sebagai upaya membagi slot dan kemudahan akses tanpa registrasi.

Sangat mudah bagaimana menghubungkan zoom ke youtube dan melakukan siaran langsung secara bersamaan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah akun berlisensi, sangat disayangkan versi gratis tidak dapat melakukannya secara langsung.

Jangan khawatir, integrasi tetap dapat dilakukan dengan akun gratis atau basic, dengan memanfaatkan software perekam layar seperti obs untuk dapat menghubungkan ke Platform youtube.

Live Stream Zoom ke Youtube dengan akun Pro

Berikut adalah tahapan untuk menghubungkan virtual meeting zoom ke youtube dengan akun profesional atau berbayar.

1. Login ke Zoom, pada halaman web https://zoom.us/ untuk mengatur perizinan akses akun pengguna.

Cara Menintegrasikan zoom dengan youtube Live

2. Pilih menu settings atau pengaturan, dapat ditemukan pada jendela sebelah kiri dashboard akun pengguna.

pengaturan akun zoom

3. Gulir ke bawah dan temukan perizinan live streaming meetings, Geser ke kanan pada button dan ceklis pada kolom Youtube, Facebook, sesuai kebutuhan. Save untuk menyimpan perubahan

mengijinkan berbagi ke youtube

4. Selanjutnya, Pengguna membuka aplikasi zoom dan memulai pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Sekarang tombol tambahan live on youtube dapat ditemukan di menu more

Berbagi meeting ke youtube

5. Klik Live On Youtube, untuk memulai mengintegrasikannya. Jendela peralihan dan popup akan muncul,  Pilih  akun yang digunakan untuk mengizikan broadcast dari Zoom.

login untuk memulai berbagi zoom ke youtube

6. Pilih chanel yang digunakan untuk menampilkan broadcast dari Zoom.memilih chanel youtube

7.  Selanjutnya, Memberi judul atau title dari pertemuan daring yang akan dibagikan ke youtube. Selain itu, dapat memilih beberapa opsi penayangan, misalnya publik atau pribadi, disesuaikan dengan kebutuhan.

Memberikan Judul live youtube streaming

8. Tunggu proses penghubungan ke dua platfom hingga selesai,  jendela siap untuk menampilan broadcast zoom ke youtube live.

zoom live youtube

9. Proses selesai, pertemuan akan disiarkan juga secara langsung di chanel youtube. Untuk menghentikannya dapat menekan Stop di menu more zoom.

Baca juga: Cara menggunakan zoom meeting di laptop windows 10

Live stream dengan Akun Basic

Selalu ada cara yang dapat dilakukan, integrasi zoom ke platform lain bisa dilakukan oleh akun gratis sekalipun, caranya dengan bantuan aplikasi atau software pihak ketiga. Software perekam layar yang dapat menjalankan tugas ini, bukan hanya menampilkan tampilan desktop, namun output audio juga dapat disertakan didalamnya. Berikut tahapan lengkapnya

  1. Silakan download dan install software obs studio
  2. Menambahkan source media display capture untuk menagkap layar aplikasi zoom
  3. Tambahkan juga Source Output Video Capture,
  4. Masukan stream key youtube ke OBS studio
  5. Klik tombol, Start streaming di OBS studio.

Panduan lengkapnya  dapat dilihat di cara setting OBS Studio

Selain Menghubungkan Zoom ke Youtube, pengguna juga dapat menyiarkan pertemuannya ke facebook. Dengan menceklis pada Perizinan box facebook tahap 3 diatas. Lebih lengkapnya, pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, dan mengikuti instruksi yang ditampilkan.

Perbedaan akun premium dengan gratis, lebih pada kemudahan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan terdapat lebel zoom di platform streaming. Masalah yang dapat timbul saat menggunakan obs yaitu suara dari zoom terkadang tidak muncul, jadi beberapa penyesuaian perlu diperhatikan dengan benar.

Itulah cara menghubungkan zoom ke Youtube, dapatkan jawaban mengenai permasalahan zoom lainnya. Seperti merubah nama pengguna ketika sudah bergabung, atau Tips menggunakan Zoom agar tetap aman selama menggunakannya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar