Kategori Media And Design

Cara Menghilangkan Noise Audio OBS Studio

Permasalahan yang sering terjadi saat broadcast adalah suara yang telalu sensitif, artinya menangkap seluruh sumber bunyi yang berada pada linkungan tempat merekam. Gabungan bunyi yang terlalu banyak serta kuat dapat mengganggu sumber utama, alhasil suara tidak jelas atau noise.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suara yang dihasilkan noise saat rekaman, misalnya seperti kualitas mikropon yang digunakan tidak dalam keadaan baik.  Tak hanya dilihat dari bentuknya saja, namun arus listrik dan sumber rambatannya harus benar-benar diperhatikan.

Penggunaaan suara input dari mikropon ada baiknya menggunakan perangkat tambahan, tidak terlalu mengandalkan dari hardware bawaan seperti di laptop. Namun jika sudah cukup baik dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk menggunakannya atau tidak.

Tambahkan Filter untuk menghilangkan Noise Audio OBS

OBS sendiri memberikan fasilitas untuk meminalisir tangkapan suaranya, dengan menambahkan filter pada source mix/aux yang ditambahkan. Disana kita dapat menambahkan  filter Noise suppression, Noise Gateatau mengatur level gain

Cukup disarankan untuk menambahkan Noise suppression sebagai langkah awal dan Gain sebagai peyesuaian yang lengkap. Sekilas Gain adalah rasio antara volume inputan dan ouputan pada rangkaian listrik.

Untuk mengaturnya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka software obs atau jika belum dapatkan OBS studio secara Gratis.
  2. Klik pengaturan pada source Audio mixer yang dipilih > Filter
  3. Menambahkan filter baru dengan klik ikon plus “+” > Pilih Noise Suppression
  4. Atur Level sampai menemukan konfigurasi yang pas dengan Perangkat hardware yang digunakan
  5. Coba kombinasikan dengan pengaturan lainnya seperti Gain

Mulailah proses dari awal untuk melihat perbandingannya apakah sudah lebih baik atau belum.

Baca juga: Cara mengatasi Layar OBS Black Scren

Selain kondisi mikropon yang benar-benar menjadi kunci, filter OBS sebagai wadah. Penambahan Source Audio Mix perlu diperhatikan, Lihat apakah terdapat dua sumber suara aktif dalam waktu bersamaan atau tidak. Jika iya harus menentukan sumber utamanya yang mana agar tidak terjadi tabrakan suara yang turut menyumbang jeleknya hasil outputan.

Permasalah Noise audio obs biasanya ditemukan oleh pengguna ketika akan live streaming di Youtube atau Facebook. Pelajari lebih tentang Cara setting OBS Studio untuk recording atau Live Stream diberbagai Platform. Temukan konfigurasi yang pas dan nikmati proses broadcasting yang menyenangkan.

Share
Dede Sudirman

Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Lihat Komentar

  • Dear admin, Mau bertanya. Saya menggunakan OBS studio untuk keperluan recording. dikoneksi ke mixer yamaha mg10xu (dua buah mixer di sambung paralel). masalahnya sering muncul suara bising tiap dua atau tiga menit. sangat menggganggu telinga. mohon bantuannya utk solusi. terima kasih.

    • Ada beberapa faktor bisa itu setingan input level dari obsnya sendiri atau perangkat dan kebutuhan mixernya itu sendiri, bisa dicoba memahami setting lebih lanjut dari penggunaan mixer di link berikut
      Mixer setting

  • Bang mau tanya, kenapa suara mesin di laptop bisa masuk ke OBS,,
    Klo laptop tu idup kan komponen mesinnya bunyi tuh,, nah kek gimana biar ga masuk ke OBS,,
    Ane make kabel 3.5 male to male (kabel aux 3.5) langsung dicolokin ke hp dn laptopnya,,

    • Suara yang ditangkap oleh obs tergantung dari sensitifitas perangkat audio in yang digunakan, Penggunaan komponen seperti mic audio yang tapat memang cukup direkomendasikan.

      Coba gunakan tambahan setingan filter audio dan menyesuaikan tangkapan volumenya.

      Suara bising dari perangkat laptop terjadi karena komponen hardwarenya tidak mendukung baik untuk menjalankan software OBS Studio, sehingga membuat beban dan kinerja dari perangkat menjadi lebih tinggi dan mengeluarkan suara mesin atau dari fan (kipas).

Tags: obs