Cara Menemukan dan Menghapus File Duplicate di Windows

Menemukan dan menghapus file duplicate di windows bukanlah persamalahan yang rumit, jika memanfaatkan tool dan aplikasi dari pihak ketiga, artinya tidak dilakukan secara mandiri dengan mencari tiap folder dan drive.

File yang sama berada pada satu hardrive sangatlah menguras alokasi penyimpanan pada perangkat, telebih lagi jika itu memiliki ukuran file yang cukup besar.

Biasanya file duplicate terjadi ketika mengunduh file dari internet, aktivitas terjadi saat koneksi kurang begitu baik yang membuat harus proses gagal dan mengulangnya dari awal dengan data yang baru.

Selain itu aktivitas mandiri yang tidak disadari terkdang dapat membuat file yang sama, terkecuali jika itu merupakan file backup yang memang sangaja untuk disimpan.

CCleaner bantu temukan dan hapus file duplicate di windows

CCleaner merupakan salah satu aplikasi yang komplit, selain banyak digunakan untuk membersihkan virus, cek kesehatan perangkat, memperbaiki registri yang eror, dan menemukan duplicate aplikasipun bisa dilakukan.

Swipe to Continue
advertisment

Bisa diunduh pada website resminya secara gratis dan fitur lebih lengkap tersedia dalam akun berbayar.

Langkah menggunakan CCleaner untuk menemukan file yang sama adalah sebagai berikut:

  1. Silakan download dan pasang aplikasi CCleanner untuk windows
  2. Buka aplikasi, pergi ke menu tool > duplicate findercara menemukan dan menghapus file duplicate di windows
  3.  pilih direktori drive yang akan dilakukan pencarian, misalnya pilih ceklis pada drive d: dan klik search untuk memulainya
  4.  Tunggu prosesnya berjalan, jika terdapat file yang duplicate maka akan menampilkannya seperti contoh berikut, ceklis file yang akan dihapus
    duplicate file windows 105. Proses selesai, dengan cukup cepat bukan tidak harus mengunjungi folder-folder secara spesifik secara langsung.

Selain menggunakan CCleaner aplikasi pihak ketiga lainnya yang secara spesifik bisa dicoba, salah satunya duplicate file finder.

Baca juga : 15 Tips Mempercepat windows 10 yang lemot dengan Maksimal

Temukan secara spesifik dengan Auslogics duplicate file finder

Aplikasi yang di kembangkan oleh parnert microsoft, memiliki fitur untuk menemukan file yang sama pada komputer atau laptop windows secara spesifik, misalnya secara khusus menyeleksi ekstensi file gambar, aplikasi atau video.

Aplikasi yang bisa di unduh secara gratis atau meningkatkan fiturnya ke akun pro, dengan akses full control aplikasi tersebut kerap dipilih sejak 10 tahun lalu.

Smart algoritma yang dimiliki tidak hanya dapat mengkomper nama filnya saja namun konten turut bisa di result.

Untuk menggunakannya cukuplah mudah, dengan langkah berikut:

  1. Silakan unduh aplikasi di halaman resminya duplicate find finder
  2. Selesaikan proses instalasi dan buka aplikasi
  3. Pilih disk drive dan tipe file yang akan di cari > klik search untuk memulai

find duplicate file

Aplikasi untuk menemukan dan menghapus file duplicate  di windows lainnya seperti clone Spy, wish duplicate finder dan banyak lainnya. Aplikasi tersebut membantu proses lebih cepat untuk menemukan file yang serupa dibandingkan harus mencarinya satu persatu pada tiap folder tertentu.

Tinggalkan komentar