Cara Menggunakan Windows Defender Antivirus di Windows 10

Virus merupakan salah satu ancaman yang cukup berbahaya untuk ketersediaan fungsi, baik pada file, aplikasi maupun berakibat besar untuk sistem utama.

Pemasangan antivirus pada perangkat PC cukup di rekomendasikan untuk meminimalisir kerugian yang dapat ditimbulkan. Misalnya aplikasi populer seperti Avast, Smadav, CCleaner, Avira, Kaspersky dan antivirus lainnya.

Pada windows 10 sendiri, microsoft telah menyediakan antivirus bawaan yang cukup powerfull yaitu windows defender.

Manfaat Menggunakan Windows Defender di Windows 10

Beberapa pengguna cukup puas hanya dengan memaksimalkan penggunaan windows defender untuk perangkatnya dan tidak memasang antivirus yang lain dalam skala gratis.

Namun, beberapa juga tidak merasa puas karena terkadang defender salah mempresepsikan file yang biasa dianggap virus dan cenderung memblokir beberapa proses tertentu.

Berikut proses bagaimana cara menggunakan windows defender di windows 10:

1. Akses menu start windows yang berada di pojok kiri bawah pada jendela desktop, Pilih menu settings.

akses menu pengaturan windows 10

2. Pilih menu Update & Security, untuk menemukan fitur keamanan windows defender

menggunakan windows defender

3. Gulir kebawah dan temukan menu windows Security

windows security di windows 10

4. Jendela keamanan akan menampikan beberapa menu yang tersedia, seperti Virus & threat protection, Account Protections, Firewall and Network Protections, app & Browser control, dan lainnya. Pilih Virus & Threat Protection untuk melakukan scanning virus.

keamanan di windows 10

5. Quick Scan untuk melakukan pencarian virus dengan cepat, tunggu proses hingga selesai.

quick scan widnows defender

6. Sistem akan memberikan laporan setelah proses selesai, No Current threats menandakan tidak ada ancaman terjadi di perangkat kita, namun jika ada sistem akan memberikan list file yang dianggap berbahaya, Pengguna hanya perlu mengkliknya selanjutnya akan dihapus secara otomatis.

laporan windows defender

Menonaktifkan Windows defender

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, terkadang windows defender terkadang menganggap file yang tidak berbahaya sebagai virus, terutama saat melakukan proses instalasi aplikasi atau software.

Biasanya proses instalasi akan terhambat bahkan tidak bisa dilakukan sebelum mematikan proteksi dari defender, untuk menonaktifkan sementara bisa melakukan cara berikut.

1. Masih dalam jendela windows security tepatnya di bawah menu Current threats dari proses sebelumnya, Pilih Virus & Threat Protections Settings > Manage Settings.

mengaktifkan dan menonaktifkan windows defender

2. Selanjutnya pada pengaturan akan ditampilkan beberapa opsi keamanan dalam keadaan menyala atau ON, seperti Real time protection, cloud protection, dan lainnya. Pengguna dapat menggeser tombol tersebut untuk mematikannya, misalnya pada real time protections, yang memberikan keamanan di setiap waktu.

defender nonaktif windows 10

Pengalaman pribadi selama menggunakannya, cukup bagus untuk di maksimalkan penggunaannya dibandingkan harus memasang antivirus populer yang di pasang dengan crackan, karena bukannya menghilangkan virus malah akan membuat dan menampungnya.

Beda halnya jika menggunakan aplikasi antivirus berbayar yang berlisensi pastinya beberapa pengguna akan menutup fitur windows defender pada perangkat. Ketahui lebih lanjut pada dokumentasi microsoft tentang windows defender.

Lihat bagaimana mengatasi permasalahan lainnya seperti mencari aplikasi windows 10 yang terpasang.

Tinggalkan komentar