3 Cara Mengganti IP Address Komputer dan Laptop

Upaya untuk mengganti ip address pada perangakt komputer atau laptop bisa di bilang mudah, terlebih kamu memiliki basic pengetahuan networking.

Proses perubahan atau penggantian IP address pada perangkat perlu dilakukan dalam keadaan situasional, di mana tujuan untuk menghubungkan antar perangkat ke suatu jaringan lokal maupun internet.

Alasan beberapa orang melakukan konfigurasi pengalamatan pada komputer dengan tujuan akses pribadi atau untuk terkoneksi pada jaringan internet yang tidak menyediakan paket IP secara otomatis, sehingga pengguna harus menentukannya IP sendiri. Bagaimana melakukannya Berikut langkah yang dapat kalian ikuti.

Cara Mengganti IP Address komputer windows 10

Tutorial ini akan memberikan panduan khususnya pada sistem operasi windows 10, mengingat penggunaan yang banyak dan informasi tambahan sistem operasi seri di bawahnya sudah tidak direkomendasikan, Jadi jika kamu masih menggunakan seri di bawahnya disarankan melakukan pembaharuan terlebih dahulu. Berikut beberapa cara yang dapat kalian ikuti:

Cara Merubah IP Address melalui Control Panel

1. Silakan Buka Control panel dengan mengketikan kata kuncinya pada pencarian windows kalian, bisa ikuti seperti gambar di bawahcontrol panel untuk mengganti IP adddress

2. Selanjutnya pilih Network And Internet >> Network And Sharing Center >> Change adapter setting >> pilih koneksi yang diinginkan, misalnya adapter untuk via jalur kabel atau WI-FI.network adapter

3. Klik kanan pada network adapter yang dipiih misalnya wifi >> properties >> internet protocol version 4 (TCP/IPV4) >> Use The Following Ip Addresssetting-ip-static

4. Silakan isikan pada kolom tersebut, diikuti dengan subnet mask: misalnya 255.255.255.0, Default Gateway di isikan dengan IP address server atau IP yang perangkat yang dijadikan pusat data.

5. Lengkapi sampai DNS jika ingin disertakan, dan tekan OK, selesai

Melalui Commad Prompt (CMD)

Cara lain untuk mengganti alamat IP adalah melalui CMD, dengan tampilan terminal memang agak sedikit lebih rumit namun tidak salahnya kita coba, berikut langkahnya:

  1. Silakan Buka Commad Prompt dengan akses administrator.
  2. Selanjutnya ketikan perintah > netsh interface ip set address name=”ethernet” static 192.168.1.4 255.255.255.0 192.168.1.1cmd ip static
  3. Perintah tersebut memuat informasi adapter yang di pilih adalah lokal koneksi, artinya jaringan yang dipakai melalui kabel. Konfigurasi yang dilakukan secara manual dengan urutan inputan ip address, subnet mask dan default gateway, Silakan sesuaikan sesuai kebutuhan.

Cara Mengganti IP Address DHCP di komputer Pengguna

Mengganti ip dhcp di komputer pengguna? bukannya konsep kerja dhcp itu memberikan ip secara otomatis dari server pemberi ya? jadi maksudnya bagaimana nih?.

Ya memang cara kerja dhcp yang dapat mendistribusikan alamat ip secara otomatis pada pengguna, namun kita juga dapat meminta ulang dengan perintah pada Commad Prompt, bagaimana caranya, yuk ikuti:

1. Silakan buka kembali CMD seperti langkah sebelumnya, atau kombinasi windows + R

2. Ketikan perintah >> ipconfig /release ( untuk menghapus settingan IP )release ip address

3. Selanjutnya ketikan perintah >> ipconfig/renew (untuk meminta kembali IP dari server penyedia).renew ip

4. Selesai, langkah ini dapat kalian gunakan jika komputer tidak mendapatkan alamat ip walau tersedia paket dhcp server.

Baca juga: Cara melihat IP Address komputer, android dan Wifi

Mengganti IP address ke Negara lain

Perubahan atau peralihan IP address ke negara lain dapat dilakukan dengan tambahan protokol yaitu VPN (virtual private server), bisanya tersedia dalam aplikasi yang akan menghubungkan perangkat ke server di negara tertentu tertentu dengan layanan IP address secara Private, dan membuat seolah-olah berada di negara tersebut.

toch vpn chrome
toch vpn di chrome store

Untuk melakukannya cukuplah mudah, dengan menginstall aplikasi VPN yang tersedia dan menghubungkannya bisa mencoba toch vpn versi pc yang dapat di unduh di google chrome store sebagai bahan uji coba.

Perlu diingat adalah dengan memilih layanan vpn yang tepercaya jangan sampai data sensitif milik pribadi diambil secara tidak sadar.

Hal yang perlu diperhatikan dalam perubahan, pergantian dan pemberian pengalamatan pada komputer/PC adalah kesesuaian network penyesuaiannya, baik itu subnet mask, IP Gateway dan DNS. Beberapa pengaturan terkadang perlu penyesuaian lain seperti proxy, jadi ada baiknya mengetahui dulu settingan pusatnya, atau minta bantuan kepada teknisi yang bersangkutan.

Coba cek sekarang alamat IP mu, bagaimana apa artikel ini membantu permasalahan yang sedang kamu hadapi, jika ia penulis sangat senang mendengarnya, jika memiliki pertanyaan silakan kita berdiskusi bersama.

Tinggalkan komentar