Mengenal Apa itu Virtual Account dan Manfaatnya

Virtual Account menjadi salah satu metode pembayaran populer pada Market place online. Sobat virtual, pernahkah kalian bertransaksi dengan virtual account? belum?.

Padahal sudah banyak e-commerce yang menggunakan metode pembayaran ini, seperti saat kalian belanja di tokopedia, bukalapak, shopee dan toko digital lainnya.

Proses pembayaran digital memang kerap kali dipilih dengan alasan kemudahan bagi pengguna, selain itu dapat melakukan tracking yang aman saat suatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Metode pembayaran virtualpun kerap menjadi salah satu pilihan selain transfer antar nomor rekening secara langsung.

Apa Itu Virtual Account?

Virtual Account adalah Rekayasa Rekening buatan berisikan informasi pelanggan yang dibuat oleh bank atas permintaan perusahaan atau perorangan. Selanjutnya pelanggan mendapatkan Akun virtual yang berisikan kombinasi Nomor yang berbeda dengan nomor Rekening secara unik.

Setelah memiliki akun virtual, kamu dapat melakukan transaksi dengan akun VA yang dimilik, pelaporan arus kas yang masuk dapat diketahui secara terperinci dan tepat, oleh karenanya banyak pengusaha khususnya toko online yang menerapkan metode pembayaran yang satu ini untuk bertransaksi.

Proses topup Uang digital seperti OVO, sudah menerapkan metode pembayaran ini untuk mengisi saldo dompet pengguna, lainnya pembelian vocher game mendukung teknologi virtual ini juga.

Baca juga:Apa itu virtual Reality (VR)? sejarah dan perbedaannya

Manfaat Virtual Account

Apa sih manfaat kita menggunakan jenis akun yang satu ini? padahal pembayaran dengan transfer nomor rekeningkan sama saja?. Memang benar untuk proses transaksi yang serupa dengan rekening bank, namun ada yang berbeda pada komunikasi tambahan pada pengirim dan penerima.

Dengan akun virtual, pelanggan tidak perlu konfirmasi ulang setelah melakukan transaksi pembayaran, cukup transfer dengan nominal yang tertera.

Berbeda dengan transfer bank yang harus melakukan konfirmasi pembayaran baik dengan struk dari ATM, capture dari mobile banking atau e-banking, alur pembayaran yang digambarkan seperti itu dapat melakukan tugas yang cepat, praktis dan memberikan kemudahan kepada pelanggan.

Metode pembayaran ini dapat mendukung perusahaan untuk berkembang dalam memberikan layanan, karena yang seperti kita tahu konsumen adalah raja, hal kecil yang dianggap rumit menjadi besar bagi mereka.

Tingkat kepercayaan dan keseriusan dalam mendukung produk atau jasa yang di tawarkan dapat nilai tambah di mata mereka.

Cara Membuat Virtual Account

Virtual account dapat dibuat oleh pihak bank di mana nasabah itu menabung , saat pertama membuka rekening, biasanya suka ditawarkan juga untuk pembukaannya, namun jika tidak silakan datang pada cabang bank terdekatmu dan lengkapi persyaratan yang diminta, tunggu proses dan arahan selanjutnya sampai selesai.

Bank Support Virtual

Dengan perkembangan e-comerce yang kian merambah, banyak bank-bank lokal Indonesia baik negeri maupun swasta telah mendukung pembayaran virtual. Penulis sendiri menggunakan 3 Bank yang mendukung dengan akun virtual yaitu Bank BCA, BNI dan BJB.  Jika kalian menggunakan bank lain silakan konfirmasi kepada bank melalui layanan customer service mereka.

Baca juga: Apa itu virtual machine? Pengertian, fungsi dan contohnya

Pengalaman Menggunakan Akun virtual

Selama menggunakannya penulis mendapatkan kemudahan dengan transaksi yang otomatis terverifikasi tanpa konfirmasi ulang dan dapat dilakukan dengan aplikasi mobile banking.

kesulitannya nomor virtual ini sedikit lebih panjang dari no rekening, tapi ada juga yang memudahkan dengan mengkustomnya. Layaknya pada nomor telepon, kita ditambah kode awalan beberapa digit untuk bertransaksi, seperti saat melakukan topup Digital money OVO.

Kesimpulan

Virtual Account adalah rekening buatan yang dikeluarkan bank untuk mendukung proses pembayaran mudah, praktis dan tidak perlu melakukan konfirmasi ulang. Berisikan No Id pelanggan yang dibuat dengan kombinasi numerik yang unik artinya antar nasabah tidak memiliki kesamaan satu sama lain.

Tinggalkan komentar