Mengenal Apa itu Jaringan Ad Hoc dan 5 Jenis kegunaannya

Ad hoc menjadi salah satu tipe jaringan komputer yang dipilih berdasarkan keadaan yang sederhana, sebuah jaringan yang memiliki karakteristik individual point-to-point, di mana dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat nirkabel tanpa bantuan Router untuk meneruskan paket data pada jaringan.

Nirkabel artinya media penghubungnya tidak menggunakan kabel tapi melalui sinyal dan gelombang.

Untuk sebuah  jaringan skala kecil, dirasa akan lebih murah dari pada penerapan jaringan skala rumah atau HOME Internet. Hal ini menjadi jawaban keberhasilan ilmuwan dalam menerapkan jaringan berskala kecil tanpa tambahan perangkat keras yang lebih mudah dan murah.

Apa itu Jaringan Ad Hoc

Pengertian ad hoc dalam jaringan yaitu penerapan jaringan Lokal area nirkabel, di mana setiap perangkat yang terhubung bepartisipasi dalam menentukan jalur penggunaan algoritma peruteran dan meneruskannya ke perangkat lain.

Kapan jaringan ini dapat digunakan? tentunya saat anda menginginkan titik akses sumber jaringan.

Jaringan Infrasturtur ad hoc mengesampingkan penggunaan WIFI Router untuk diterapkan dalam jaringan skala yang  perangkatnya masih dapat terhitung, misalnya saat berbagi koneksi atau file dengan seorang teman.

Selain itu penerapan jaringan ini cocok sekali digunakan keadaan darurat atau tidak terduga, misalnya keadaan saat infrastuktur utama jaringan mengalami malfungsi atau hancur.

Jika kita contohkan dalam kehidupan, bisa di ilustrasikan seperti seorang satpam yang memegang kendali keamanan tanpa harus melibatkan polisi untuk mendukung pengendalian lingkungan dengan skala yang lebih kecil.

Topologi Jaringan Ad Hoc

Jaringan Ad hoc dapat terhubung tanpa infrastruktur tambahan seperti titik akses (AP), dalam analoginya ad hoc mirip dengan jaringan peer-to-peer, dimana perangkat mampu berkomunikasi secara langsung dan digunakan untuk area yang kecil.

Jaringan Ad Hoc dikenal sebagai jaringan IBSS atau Independen basic service set. Contoh Gambarannya akan menunjukan koneksi antar laptop dengan laptop melalui koneksi nirkable.

Jenis Jaringan Ad hoc

Ada beberapa jenis yang dapat di ketehui dalam penerapan teknologi jaringan ini, di mana secara keseluruhan mengacu pada penerapan jaringan spontanitas atau istilahnya on the fly. apa saja itu berikut adalah ulasannya:

Mobile Ad Hoc Network (MANET)

Mobile Ad Hoc Network adalah sebuah penerapan konektivitas yang melibatkan perangkat seluler untuk dapat terhubung dan melakukan komunikasi satu sama lain, beberapa orang mengenalnya dengan sebutan MANET

Vehicular Ad Hoc Network (VANET)

Vehicular Ad Hoc Network adalah penerapan konektivitas yang melibatkan komunikasi di dalam kendaraan mobil dan interaksi dengan peralatan yang ada di tepi jalan, beberapa orang mengenalnya dengan sebutan VANET.

Wireless Mesh Network 

Wireless Mesh Network adalah Sebuah penerapan jaringan ke beberapa jalur node lain. Dengan aliran rute yang banyak membuat pengumpulan informasi lebih kaya dan menjadi ketahanan jaringan serta memberikan pemberitahuan kegagalan koneksi.

Smart Phone Ad Hoc Network (SPAN)

Smartphone Ad Hoc Network adalah Menerapkan jaringan dengan paket layanan di dalam perangkat seluler seperti Bluetooth atau WIFI, namun tidak melibatkan penggunaan operator data, selain itu menggunakan konsep p2p atau peer-to-peer.

Wireless Sensor Network (WSN)

Wireless Sensor network adalah  melibatkan konsep penerapan sensor nirkabel di lingkungan pencahayaan, temperatur, kelembaban, lalu lintas di tepi jalan dan lainnya.

Baca juga: 10 Kekurangan jaringan wifi yang jarang diketahui

Kelebihan dan kekurangan jaringan Ad hoc

apa manfaat dari jaringan ad hoc? Tentu saja ada alasan orang untuk menggunakan jenis jaringan ini, adapun itu termuat dalam beberapa poin utama, di antaranya:

  1. Proses konfigurasi yang mudah tanpa menggunakan kabel dan perangkat mahal seperti Router namun mengoptimalkan perangkat secara individual.
  2. Tidak memerlukan titik akses secara khusus, Pengguna dapat langsung terhubung satu sama lain
  3. Tidak membutuhkan biaya yang mahal.
  4. Cocok diterapkan untuk jaringan teman atau sekala kecil.
  5. Karena sifatnya yang spontan atau dadakan, kejahatan cyber tidak dapat menduga hal ini, sehingga cukup aman selama penggunaan yang wajar.

Kekurangan

Dengan beberapa kelebihan yang telah kita ketahui, tidak menutup beberapa kelemahan dalam penerapannya, apa saja itu berikut ulasannya:

  1. Penerapan jaringan ini tidak dapat menjembatani jaringan kabel, berbeda dengan home internet dengan perangkat WIFI Router yang dapat mengkombinasikannya.
  2. SSID yang dibuat tidak didukung dengan fitur hide, jadi dapat terlihat dan terakses pada perangkat yang tidak di izinkan.
  3. Akses internet didapatkan saat salah satu perangkat memiliki paket tersebut, dan bandwidth akan terbagi ke sejumlah perangkat yang terhubung.
  4. Harus mensetting dari awal jika ingin menggunakannya, berbeda dengan penerapan koneksi lainnya yang telah terpasang fix dalam beberapa kondisi tertentu.

Itulah penjelasan kita mengenai apa itu ad hoc, kegunaan, kelebihan dan kelemahannya, untuk mengetahui bagaimana membuat implementasi jaringan ini, silakan baca langkah membuat jaringan di ad hoc di cara membuat hotspot ad hoc di windows 10, di sana kamu akan dipandu bagaimana cara membuat jaringannya dan mengenal secara langsung fungsi yang lebih intens.

ketahui lebih banyak dari fiturnya pada uraian artikel ad hoc feature semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar