3 Cara Mengatasi Limit berbagi Video di WhatsApp

Mengapa file berbagi video di whatsapp dibatasi? Tak hanya sebagai media obrolan antar pengguna, platform dengan icon hijau sering digunakan untuk berbagai file, misalnya dokumen, musik dan video.

Hal tersebut tentu mendapatkan dukungan dari pengembang dengan terdapatnya fitur lampiran pada tombol pengguna.

Walau beberapa ketentuan turut mempengaruhi kelancaran dalam kesesuaian, seperti kualitas menurun, limit batas dan hilang jika pengirim menghapusnya.

Pengguna awal  yang tak memperhatikan hal tersebut, akan terus berusaha keras mengirim video tanpa tahu dengan limit ketentuan yang diberikan.

Hal sederhana saat percobaan pertama mungkin tak akan menemukan permasalahan tersebut jika file lampiran kurang dari 50 MB, namun tidak jika telah melebihinya.

Dalam berapa aktivitas layanan Server kepada pengguna hal ini menjadi permasalahan yang wajar, untuk menghindari pengguna yang seenaknya mengunggah file tanpa memperhatikan kapasitas.

Dukungan tersebut dapat menghindari keberatan super komputer pusat dan memberikan keleluasaan penyimpanan untuk media lain yang lebih kecil dan diprioritaskan.

Menyiasati hal tersebut, pengguna tak usah risau bagaimana berkirim file video yang melebihi batas limit ditentukan.

Atasi Limit Berbagi Video di WhatsApp dengan Pihak ketiga

Platform pihak ketiga dapat memberikan alokasi penyimpanan yang lebih besar, tanpa mempengaruhi kualitas maupun limitasi dari video tersebut.

Cukup direkomendasikan dalam membantu tugas yang lebih kompleks seperti hal ini, apa saja platform yang direkomendasikan berikut ulasannya.

1. Youtube Terbaik Melakukan Tugas ini

Semua orang telah mengetahui platform yang satu ini, sering digunakan sebagai Publisher video baik personal, kelompok maupun bisnis.

Apa yang dapat dilakukan bersama Youtube tentu tidak hanya masalah publikasi pada file ingin dikolaborasikan dengannya.

Fungsi lain yang jarang diketahui adalah Youtube menjadi media penyimpanan tak terbatas, dengan akses publikasi yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan, seperi pribadi,unlist (tidak terdaftar) dan utama mengudara (publish).

Jadi saat mengkombinasikan dengan platform yang satu  ini kita dapat melakukan tahapan penguploadan dengan status UNLIST di mana video tidak akan dilihat oleh orang lain kecuali mereka yang memiliki link akses yang diberikan oleh pengupload.

Keunggulan yang lain adalah saat link tersebut termuat dalam obrolan WhatsApp, thumbnail atau gambaran beserta deskripsinya dapat terlihat jelas dan dapat diputar tanpa perlu didownload terlebih dahulu.

Proses pendownloadan dapat tetap dilakukan, dengan mengklik link terbagikan tersebut setelahnya tahap pengunduhan dapat dilakukan.

Lihat bagaimana pada gambar dibawah informasi dari video terlampir dengan baik dan dapat diplay dengan jendela yang responsif.

whatsapp berbagi video

Baca juga: Cara merubah format video dengan handbrake MP4/MKV

2. Gunakan Penyimpanan Awan Seperti Google Drive

Penyimpanan awan dari pihak ketiga seperi Google drive menjadi pilihan lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi limit berbagi video WhatsApp.

Drive Google sendiri memberikan alokasi penyimpanan yang cukup besar, 15 GB untuk akun gratis.

Keunggulan menggunakan platform ini adalah pengguna dapat melihat atau memutar video yang dibagikan lewat link, yang selanjutnya diarahkan pada file tersebut.

Seperti halnya Youtube sebelumnya, hal tersebut sangat bermanfaat untuk melihat terlebih dulu file yang dibagikan, untuk menghindari pengiriman file yang salah yang akan menghabiskan kouta data internet dan penyimpanan pada perangkat seluler.

Beberapa orang kerap melupakan hal ini karena tidak mengetahui bahwa pada akun Google drive dapat di kombinasikan dengan flash pemutar video yang biasanya direkomendasikan oleh sistem.

g drive video view

3. Masih Bandel Ingin Kirim langsung, Convert dulu aja

Jika memilih cara yang sama, mengirimkan file secara langsung dari perangkat ke WhatsApp tanpa bantuan pihak ketiga, maka perlu menurunkan kualitasnya sampai batas limit yang diinginkan.

Untuk melakukan tugas tersebut cukuplah mudah, pada perangkat PC dapat menggunakan bantuan software handbrake dan pada smartphone KineMaster direkomendasikan.

Tugas tersebut juga dapat dilakukan secara online via web tools seperti zamzar yang dapat dilakukan dengan mudah.

File video yang didukung WhatsApp sendiri antara lain, 3GP, API, MOV, MP4, dan MKV.

conver video hanbreak

Baca juga: Minimal 1 MB Kouta Youtuban yang diperlukan per menitnya

Jadi cara mana yang kamu pilih untuk meluluskan file video untuk dibagikan? dari ketiganya cara yang paling mudah adalah dengan mengunggahnya ke Youtube sisanya hanya menyesuaikan keterlihatan dari file tersebut yang hanya mengijinkan akses yang terbatas.

Silakan pilih dan dicoba saja semua cara mengatasi limit berbagi video di WhatsApp, setiap orang memiliki pandangan terbaiknya.

Tinggalkan komentar