5 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker

Media sosial dengan bank informasi yang besar, kerap menjadi sasaran empuk bagi para peretas untuk mendulang emas digital, menjual sampai memeras bisa di lakukan sebagai upaya untuk mencari keuntungan dari korbannya.

Data pribadi menjadi aset yang sangat sensitif, dari sana para pemiliknya mampu untuk bergabung dengan komunitas,  transaksi maupun peminjaman Online dan komunikasi daring seperti menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Aplikasi WhatApp Menjadi salah satu dari media percakapan populer, mulai kebutuhan interaksi bersama keluarga, teman, komunitas, Kantor, pendidikan dan kepentingan bisnis sering bergulir disana.

Apa yang terjadi ketika pengguna yang memiliki relasi yang luas pada akun WhatsAppnya dan tidak bisa mengaksesnya karena sudah diretas? Tentu salah satu kerugiannya dimana nama baik anda akan dipertaruhkan.

Penyebaran informasi palsu, penipuan dengan modus pengiriman uang, ancaman pada pihak terkait sampai kerugian pribadi lainnya dengan merubah informasi kontak menjadi sesuatu yang vulgar bisa saja terjadi.

Keamanan tingkat lanjut menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan oleh setiap pengguna WhatsApp untuk menghindari segala kemungkinan terburuk.

Ada beberapa cara mengamankan akun WhatsApp dari Hacker yang dapat dicoba, berikut ulasan lengkapnya

Aktifkan Keamanan Enkripsi End-to-end

Cara kerja end-to-end  pada whatsapp akan mengamankan pesan teks,  pesan suara, dokumen, foto, video, dan riwayat panggilan dapat terlindungi dari kemungkinan terjatuh ke tangan yang salah.

Tipe keamanan ini akan memberikan informasi hanya di ketahui oleh pengirim dan penerima saja, sambungan dari akses yang tidak di izinkan tidak akan mampu membaca dan mendengarkan karena pesan terenskripsi dengan kode keamanan.

WhatsApp akan mengatur sistem secara otomatis untuk percakapan dengan keamanan end-to-end, oleh karenanya sangat mudah untuk di terapkan pada masing-masing akun dengan mengaktifkan notfikasinya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, pilih icon garis titik tiga > Setelan > Akun
    cara mengamankan akun whatsapp dari hacker
  2. Pilih Keamanan > Geser tombol off ke on pada tampilan notifikasi keamanan.
    mengaktifkan notifikasi kemanan end-to-end

Sistem akan memberitahukan dengan notifikasi ketika ada perubahan pada informasi kontak yang mengaktifkan fitur serupa.

Baca juga: 8 Alasan dan Kebiasaan akun digital mudah di hack atau di retas

Perkuat dengan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah diperlukan sebagai keamanan ganda dari tangan pengakses yang tidak di izinkan. Akun WhatsApp tidak akan terbuka sebelum menginputkan sandi keamanan yang diminta sebagai persetujuan akses ketika mendaftarkan nomor yang digunakan kembali.

Proses ini sangat membantu ketika terjadi pergantian perangkat yang mengharuskan pengguna untuk login kembali pada perangkat barunya, dan sebagai pencegahan ketika perangkat hilang atau di curi sehingga informasi pada whatsapp lama akan terkunci ke perangkat baru.

Banyak kasus saat terjadi kehilangan dan akun whatsapp mereka dibajak, karena WhatsApp hanya mampu di pasang pada satu perangkat kecuali versi web hal itu akan menyulitkan pemilik mendapatkan akses kembali kecuali jika telah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Oleh karenanya, fitur keamanan verifikasi dua langkah sangat penting untuk diaktifkan.

  1. Buka aplikasi whatsapp > Pilih pengaturan > akun
    cara mengamankan akun whatsapp dari hacker
  2. Aktifkan verifikasi dua langkah
    aktifkan verifikasi dua langkah whatsapp
  3. Masukan Pin yang akan menjadi sandi keamanan dan email pemulihan pada sandi jika lupa
    verifikasi dua langkah whatsapp berhasil di aktifkan

Terkadang sistem akan meminta pengguna menginputkan pin verifikasi dua langkah secara berkala, untuk upaya membantu mengingatnya.

Gunakan Filter Keterlihatan Kontak

Informasi Kontak pada WhatsApp dapat di atur bagaimana keterlihatannya di pengguna lain, misalnya photo profil, status Online, Info, status pribadi yang bisa lihat oleh kontak terdaftar saja, atau semua orang.

Memberikan batasan dengan merubahnya ke kontak saya menjadi pilihan yang bijak, dengan demikian informasi yang disampaikan oleh pengguna hanya mampu dilihat oleh kontak yang terdaftar pada perangkatnya saja, bukan konsumsi  semua orang yang hanya memiliki salah satu nomer kontaknya.

Untuk mengaturnya pengguna cukup pergi ke menu privasi pada pengaturan masing-masing akun dan merubah keterlihatan untuk semua orang menjadi kontak saya.

mengaktifkan privasi whatsapp

Pada jendela privasi juga pengguna dapat memblokir kontak yang mengganggu serta mencurigakan, sebagai upaya keamanan dan ketentraman.

Upaya perubahan informasi yang lebih private akan membantu mencegah pencurian data dan informasi seperti foto profil yang dapat di ambil dengan tangkapan layar yang selanjutnya bisa digunakan untuk kegiatan yang merugikan orang lain seperti penipuan atau menyebar informasi hoax.

Baca juga: 8 Bahaya klik link tautan sembarangan dan mengatasinya

Mengamankan Akun WhatsApp dengan Sidik Jari

Beberapa pengguna lebih senang langsung melihat jendela aplikasi ketika membuka pertama kalinya, namun keamanan cenderung lebih longgar sehinngga baiknya menggunakan sistem kunci sidik jari sebelum membuka aplikasi.

Sidik jari akan mengamankan akun whatsapp dari akses yang tidak di izinkan, Tangan jail yang ingin mengetahui informasi didalamnya atau perintah yang dapat berjalan secara tidak sengaja seperti mengirim pesan langsung ketika perangkat berada dalam saku celana ataupun  melakukan panggilan secara tidak sengaja.

Mengaktifkan fitur keamanan sidik jari pada whatsapp sangatlah mudah, kunjungi pengaturan privasi, gulir kebawah dan temukan kunci sidik jari.

mengaktifkan sidik jari whatsapp

Selanjutnya pengguna dapat menentukan berapa interval waktu yang dibutuhkan untuk mengamankannya misalnya segera, setelah 1 menit atau 30 menit.

Logout dari WhatsApp Versi Web

Whatsapp menyediakan tampilan aplikasi dalam layar desktop, dengan mengintegrasikan barcode yang di scan melalui aplikasi pada perangkat smartphone.

Whatsapp web di pilih pengguna untuk menemani kinerja yang lebih cepat ketika menggunakan perangkat PC, seperti berkirim pesan yang bisa langsung dari perangkat tersebut atau membagikan file dari komputer pengguna.

whatsapp web

Koneksi yang dilakukan perlu menjadi perhatian khusus terlebih lagi jika perangkat komputer bukan milik pribadi, memutus hubungannya sangat diharuskan.

Berapa langkah mengamankan akun whatsapp dari hacker bisa menjadi upaya pencegahan, namun tidak memungkinkan masih memiliki celah yang cukup serius. Oleh karenanya balik lagi ke masing-masing pengguna bagaimana mereka menggunakan dan menjaga kerahasiaan data pribadinya.

4 pemikiran pada “5 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Hacker”

Tinggalkan komentar