Cara Mengaktifkan Wifi dan Hotspot Bersamaan di Android

Perangkat Android mendukung teknologi wifi sebagai sambungan data internet, selain itu dapat membuat wilayah titik akses baru yang dikenal dengan hotspot untuk berbagi koneksi dengan device lainnya.

Beberapa orang telah mencoba mengaktifkannya secara bersamaan, namun sayangnya salah satu akan terdisable ketika lainnya diaktifkan. Hal tersebut seperti menghilangkan kepraktisan dalam berbagi koneksi internet seperti saling menjembatani antar perangkat.

Langkah Mengaktifkan Wifi dan Hotspot Bersamaan di android

langkah ini akan membawa pengguna untuk menambahkan fungsional lebih lanjut pada perangkat dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Pada beberapa brand Smartphone mengaktifkan Wifi dan hotspot bersamaan di android tidak bisa dilakukan begitu saja, namun perlu bantuan aplikasi pihak ketiga atau penambahan tools pada device root.

Berikut langkah dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung koneksi wifi dan hotspot terjadi dalam waktu yang bersamaan:

1. Install aplikasi Netshare yang bisa di unduh di google play store secara gratis dan tanpa harus melakukan root pada perangkat.

netshare no root android

2. Selesaikan proses pemasangan, selanjutnya hubungkan perangkat ke wifi yang memiliki akses internet dan beralih dari paket data seluler jika masih menggunakannya, untuk mencoba mengaktifkan wifi dan hotspot secara bersamaan.

menghungkan perangkat ke wifi

3. Buka Aplikasi netshare untuk melakukan konfigurasi hotspot yang akan dibuat,  Pengguna dapat mengatur Network Name yang akan menjadi SSID (Service Set Identifier) yang mengudara, Password, Bandwidth, dan Opsi tetap terjaga walau baterai sedang lemah. Klik Change Name/ Password

membuat hotspot dengan netshare

4. Setelah melakukan penyesuaian, kembali ke halaman depan, ceklis pada list box “hidupkan nirkable“. Aplikasi akan memandu bagaimana client dapat terhubung, seperti penggunaan Proxy tambahan sebagai filter.

netsahare di android

Cara menghubungkan ke hotspot pada perangkat Smartphone

Pada sisi perangkat pengguna Smartphone,  Hubungkan dengan Hotspot yang telah dibuat sebelumnya sampai berhasil terkoneksi. Setelah itu masuk ke pengaturan rincian jaringan, dengan mengklik opsi pada wifi yang terhubung, gulir ke bawah dan temukan pengaturan Proxy.

rincian jaringan wifi android

Setting Proxy dengan IP address dan port yang diberikan oleh Aplikasi Netmask, sampel 192.168.49.1 dengan port 8282. Simpan pengaturan dan coba akses internet pada browser atau aplikasi yang membutuhkan akses data internet.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android

Pada perangkat PC, Laptop Windows 10

Pada perangkat laptop windows 10 atau Komputer dengan tambahan wifi ektender, Pengguna perlu menambahkan setingan Proxy yang sama seperti pada pengaturan smartphone sebelumnya. Berikut langkah untuk menambahkan Proxy di windows 10:

1. Akses menu pengaturan dengan klik menu start windows di pojok kiri bawah dari jendela desktop, pilih settings

menonaktifkan tis selamat datang windows 10 settings

2. Pilih menu network & Internet, untuk menemukan pengaturan jaringan dan Proxy

masuk ke pengaturan network dan internet

3. Gulir kebawah temukan menu proxy > input IP address dan port yang diberikan oleh netmask > jangan lupa di save.

mengaktifkan proxy di windows 10

Sebelum memasukan settingan Proxy yang di minta maka client tidak bisa menikmati akses data internet, memang hal ini sedikit lebih rumit namun temukan perbedaannya dengan upgrade ke versi lengkap untuk menghapus limit dan filter traffic.

Setelah mencobanya, bandwith yang  di terima oleh perangkat dari hotspot mendapatkan jumlah yang sesuai dengan paket backbone utama, jadi tidak ada penurunan secara signifikan.

Lihat bagaimana proses ini mampu menggabungkan dua aktifikas koneksi dalam satu waktu dan perangkat yang sama, tanpa harus melibatkan perangkat jaringan secara khusus.

Proses ini bisa di coba untuk berbagi koneksi yang seru, dimana hanya butuh satu perangkat yang terhubung ke akses wifi publik atau cafe lalu teman yang lain terhubung ke hotspot yang kita buat, dimana koneksi internet disediakan oleh router wifi publik, perangkat kita hanya meneruskannya.

Bagaimana cara mengaktifkan wifi dan hotspot bersamaan di android ini menurutmu? Baca artikel menarik lainnya seperti 7 perbedaan wifi dan hotspot dalam koneksi nirkable .

Tinggalkan komentar