3 Cara Mencari Aplikasi di Windows 10 yang Terpasang

Proses instalasi aplikasi terkadang dilakukan terburu-buru oleh sebagian orang, terbiasa melakukan prosesnya menjadi alasan tersendiri membuat tombol enter terinput dalam hitungan detik, masalah muncul ketika mencari aplikasi di windows 10 yang telah berhasil dipasang.

Beberapa aplikasi menawarkan interaksi pintasan yang cepat dengan mengizinkan membuat shorcut pada halaman desktop, namun beberapa memerlukan persetujuan dari pengguna dengan menceklis list box saat dalam proses.

Tips Mencari aplikasi di windows 10 Dengan cepat

Proses yang terburu-buru membuat langkah tersebut terkadang terlewat, sehingga shortcut dari pintasan aplikasi tidak tersedia di halaman depan windows.

Jangan khawatir berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mencari aplikasi di windows 10 yang telah berhasil di instal.

1. Temukan dengan Menu pencarian windows

Windows memberikan panel kontrol untuk mempermudah pengguna dalam mengakses dan mengelola seluruh sistem dan aplikasi, salah satunya menu box pencarian yang dapat digunakan untuk menemukan semua tool yang ada pada windows 10.

Silakan alihkan pandangan ke bagian pojok bawah, dimana kalian akan menemukan menu pencarian “type here to search“. Pada kolom tersebut dapat memasukan kata kunci dari aplikasi yang ingin di cari, misalnya aplikasi web browser google chrome.

mencari aplikasi di windows 10 yang sudah terinstall

Jika tersedia maka sistem akan menampilkan icon dari aplikasi tersebut yang dapat menjadi pintasan untuk membuka dan menjalankannya.

2. Temukan dengan Menu Huruf Pencarian Spesifik

Windows 10 memberikan tampilan list aplikasi dan tools secara berurutan dan memiliki navigasi yang bisa di klik, selanjutnya dapat melihat kelompok aplikasi yang memiliki awalan huruf yang sama.

Geser kembali pandangan kalian ke pojok kiri bawah pada halaman dekstop, klik start menu dan pilih huruf awalan dari aplikasi yang ingin dicari, misalnya firefox maka kita akan memilih navigasi “f“.

mencari aplikasi di windows 10

Pencarian ini akan lebih cepat dari cara sebelumnya, karena waktu tunggu untuk menemukan aplikasi lebih sebentar.

3. Mengakses Folder Instalasi dari aplikasi

Jika dengan dua cara di atas masih belum menemukan aplikasi yang ingin dicari, langkah selanjutnya dengan mengakses file installer yang terpasang.

Pada windows 64 bit akan menemukannya di C:/program files/aplikasi file, dan 32 bir C:/program files(x86)/aplikasi.

Misalnya aplikasi winrar 64 bit, akses folder c:/program files/winrar/, Selanjutnya pilih file dalam folder dengan ekstensi .exe yang diperuntukkan untuk windows aplikasi, klik dan jalankan untuk membukanya.

aplikasi folder di windows 10

Terkadang aplikasi yang diperuntukkan untuk 64 bit ada di folder X86, atau folder yang dipilih saat instalasi misalnya Disk D, E atau drive lainnya.

Buat shortcut untuk memudahkan, navigasi pada aplikasi  klik kanan pada aplikasi > Send to > Desktop shortcut

shortcut windows 10 create

Langkah-langkah tersebut dapat di coba dengan mudah secara mandiri, baiknya membuat shortcut dihalaman dekstop untuk mempermudah akses menuju aplikasi yang ingin dijalankan.

jika ketiga cara diatas tidak bisa menyelesaikan masalah, maka dipastikan proses instalasi tidak berhasil dilakukan atau belum selesai 100%.

Beberapa aplikasi juga dapat dibuka dengan tombol cepat keyboard, seperti kalender, kalkulator, paint, wordpad yang kebanyakan aplikasi bloatware atau bawaan, pelajari lebih lanjut di halaman microsoft.

Tinggalkan komentar