Minimal 1MB Kuota Youtube yang di Perlukan Per Menitnya

Berapa sih kuota Youtube yang harus disiapkan? Pernah gak sih penasaran berapa kuota internet yang dihabiskan buat nonton satu video Youtube dalam kurung waktu per menit atau jamnya? apa akan berdampak lain juga jika kita memutar video dengan kualitas yang berbeda.

Tentu jika kalian berpikir demikian, sangat perhitungan dengan batas internet yang dimiliki, tidak buruk tapi menjadi langkah yang sangat cerdas.

Tak dapat dipungkiri untuk menikmati siaran Youtube tidaklah sedikit kuota yang harus dikeluarkan, akan berbeda dengan mengakses halaman web biasa.

Apa yang akan didapat pengguna bukan hanya uraian teks saja, namun suara, gambar, video harus diminta pada layanan Server.

Beberapa video mendukung untuk pemilihan kualitas seperti 144, 240, 360, 480, 720, 1080, HD, 4k dan tingkat lebih tinggi darinya.

Perbedaan tersebut, terlihat dari Bitrate dan FPS (Frame per second) di mana setiap tingkat berbeda mewakili tingkat kejernihan gambar dan suaranya.

Apakah hanya dengan 1MB bisa buat di pakai kuota youtube? tentu saja berikut ulasan penggunaan berdasarkan tingkat kualitasnya.

1. Kualitas 144P (256 x 144) Pixel

Pada tingkat kualitas ini pengguna akan mendapatkan sajian kualitas paling rendah, tampilan pecah dan kurang jenis ditambah dengan kualitas suara tidak terlalu baik, tidak cocok di gunakan untuk perangkat komputer yang memiliki jendela yang besar.

Resolusi yang diberikan adalah 256 x 144 dalam satuan pixel dengan Bitrate sebesar 80 sampai 100 Kbps, saat menggunakannya pengguna akan menghabiskan estimasi kuota sebanyak 0.5-1,5 MB per menit dan 30-90 MB/jam.

kouta youtuban 144p

Keunggulan menggunakan kualitas tingkat 144 pixel adalah menghemat data internet, di mana pengguna tidak akan terkuras banyak saat menikmati siaran pada platform Youtube bisa dibilang ngirit. Untuk perangkat seluler mungkin bisa dicoba.

2. Kualitas 240P (426 x 240) Pixel

Kualitas ini akan memberikan pengguna tampilan yang cukup lebih baik dari 140P, namun tetap kejernihan masih menjadi masalah utama.

Resolusi yang diberikan pada tingkat ini adalah 426 X 240 dalam satuan Pixel, diikuti Bitrate sebesar 300-700 Kbps, di mana estimasi pemakaian kuota internet sebanyak 3 sampai 5 MB per menit dan 180-250/jam.

kouta youtuban 240p

Keunggulan menggunakan tingkat kualitas ini selain mengurangi penggunaan data internet, tampilan agak sedikit lebih jelas dalam menikmati setiap siaran pada platform Youtube, masih dianjurkan untuk perangkat seluler agar ketidak jernihan sedikit tak terlihat.

Baca juga: Cara merubah format video dengan Handbrake MP4/MKV

3. Kualitas 360P (640 X 360) Pixel

Tingkat kejernihan sudah mulai muncul pada tampilan resolusi ini, walau belum sepenuhnya enak untuk dinikmati dalam menampilkan video  yang penuh dengan gerakan.

Resolusi yang diberikan adalah 426 x 360 pixel, di mana untuk Bitratenya sebesar 400 sampai 1000 Kbps dengan estimasi penggunaan permenit sebesar 5-7.5 MB dan 300-450 MB dalam hitungan jam.

kualitas 360p

Untuk layar seluler menjadi rekomendasi, di mana dapat menikmati tampilan yang cukup jernih dan pengeluaran kuota yang menengah, bisa dibilang seimbang.

Muncul di tampilan layar desktop cukup nyaman tidak terlalu bersemut, apalagi jika menggunakan koneksi wifi yang tidak terlalu cepat dalam proses download dan uploadnya.

4. Kualitas 480P (854 x 480) Pixel

Rekomendasi untuk pengaturan yang menampilkan sajian yang cukup jernih dengan penekanan terhadap pengguna data internet tidak terlalu melambung tinggi.

Pengguna akan mendapatkan resolusi 854 x 480 pixel dengan Bitrate 500 sampai 2000 dengan estimasi penggunaan data per menit 8-11 MB dan 480-660 MB dalam hitungan Jam.

kualitas 480 pixel

Kualitas baik dapat tersaji pada jendela perangkat seluler maupun desktop, membuat suasana menonton memberikan kesan yang cukup nyata.

Hal yang perlu diingat adalah kualitas kestabilan jaringan internet agar tidak terhambat oleh buffering.

5. Kualitas 720p (1280 x 720 ) Pixel

Pada mode ini tampilan sudah benar-benar layak untuk dinikmati, tingkat kejernihan sudah mulai diatas rata-rata.

Pengguna akan disajikan Resolusi 1280 x 720 Pixel dengan Bitrate 1.5-6.0 Mbps, diikuti dengan penggunaan data internet per menit 20 – 45 MB dan 1.2-2.7 GB dalam hitungan per jamnya.

kualitas video youtube 720 pixel

Akan sangat didukung saat di tampilkan pada layar jendela seluler maupun windows, namun harus benar-benar siap dengan internet menggerus cukup besar.

Kebanyakan perangkat desktop yang memiliki akses jalur wifi atau kabel LAN koneksi yang direkomendasikan, mungkin data seluler perlu paket khusus.

6. Kualitas 1080p/HD (3840 x 1080 ) Pixel

Tingkat kejernihan benar-benar sudah dapat dinikmati sepenuhnya, semut pada layar yang mengganggu hilang tertelan bumi.

Pengguna akan diberikan resolusi 3840 x 1080 Pixel, dengan Bitrate 3 sampai 9 Mbps, estimasi pengguna data internet sebesar 50-68 per menit dan 2,5 – 4 GB/jam.

kouta youtuban 1080p

Pengguna yang ingin menikmati kualitas video dengan resolusi ini perlu menyiapkan, kuota data internet yang banyak.

Jika membeli data biasa mungkin secepat kilat akan habis, oleh karenanya perlu jaringan ISP (Internet Service Provider) atau khusus Youtube atau Paket malam.

Bagaimana setelah mengetahui hal ini? jangan kaget lagi ya jika saat kuota youtube ngabisin ber giga-giga.

Pada pengaturan aplikasi Youtube di smartphone dapat diatur pemutaran otomatis untuk saluran dengan Kualitas HD hanya menggunakan Akses jaringan dari WIFI.

Hal itu dapat mencegah saat kita lupa mengganti tingkat resolusi yang sesuai dengan keadaan kuota yang tersedia pada saat itu.

Jangan ketinggalan untuk menjadi bagian publisher yang menguntungkan, upload video youtube cukup mudah terlampir pada tautan tersebut.

Tinggalkan komentar