Keunggulan Microsoft Azure, Harga dan 4 Kategori paketnya

Microsoft azure merupakan layanan komputasi awan yang cukup populer. Perusahaan teknologi Microsoft selalu mengeluarkan aroma yang segar untuk dibahas dan diketahui secara mendalam.

Mengenal layanan azure sebenarnya bukan hal baru jika melihat fitur dan peran dia muncul ke permukaan. Sebelumnya orang mengenal Platform komputasi awan Windows Azure, kemudian bertransformasi  menjadi Microsoft Azure.

Layanan komputasi awan terbaik dipilih sebagai partner perusahaan bisnis sektor besar dan menengah.

Ketahui Microsoft Azure Lebih Jauh

Microsoft azure adalah Platform komputasi awan yang memberikan layanan penyimpanan, analisis data, dan konektivitas dalam jaringan. Layanan cloud yang satu ini dapat dipilih sebagai partner untuk mengembangkan model aplikasi baru atau dukungan atas aplikasi yang sudah berjalan.

Mendukung berbagai bahasa, alat, kerangka kerja pemrograman, termasuk perangkat lunak dan sistem spesifik pihak ketiga. Microsoft azure memberikan layanan pusat data global dengan akses lokal.

hal itu dapat sangat berguna untuk bisnis maupun organisasi dengan mengurangi kompleksitas kebutuhan infrastruktur global, serta mengurangi biaya dan waktu.

Hal yang seru akan anda temukan pada layanan ini seperti dukungan untuk membangun, menguji, menggunakan, dan mengelola aplikasi dan layanan melalui pusat data yang terkelola.

Dukungan atas ketersediaan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), platform sebagai layanan (PaaS) dan infrastruktur sebagai layanan (IaaS), selengkapnya tentang IaaS, PaaS dan SaaS. .

Sejarah Singkat Microsoft Azure

Sejarah Perkembangan siawan biru ini diketahui tepatnya pada bulan Oktober 2008, ketika itu produk ini dikenal sebagai  kode “Project Red Dog“, yang kemudian dirilis kepermukan pada tanggal 1 Februari 2010.

Perubahan nama  “Windows Azure” dari nama semula “Microsoft Azure” terjadi sekitar pada tanggal  25 Maret , 2014.

Layanan Cloud menjadi jawaban terbaik untuk mencapai keinginan dalam intensitas yang berhubungan dengan kecepatan akses, kemudahan kelola, kontrol penuh dan penjadwalan maintenance yang baik, space data yang cukup sebagai media tampung dan menyederhanakan infrastruktur pembangun.

Produk Yang tersedia pada Microsoft Azure

Jika disinggung seperti apa layanan dari perusahaan ini, Serupa dengan penyedia layanan cloud lainnya. Seperti Google Cloud Platform yang mendukung mesin virtual, Big Data, Machine Learning, dan kelebihannya tersendiri.

Cloud Computing yang memiliki beberapa produk, termasuk Storage & Databases, Networking, Big Data, Cloud AI, Alat Manajemen, Identitas & Keamanan, IoT, Platform API.

Layanan komputasi awan azure, dapat melibatkan pengguna untuk membangun Aplikasi Mobile, web responsif, pengalaman generasi baru seperti bot dan realitas campuran.

layanan azure

Harga Layanan Microsoft Azure

Azure menggunakan sistem pembayaran per penggunaan, di mana kita hanya membayar untuk layanan yang digunakan saja dan dapat membatalkannya kapanpun. berikut sedikit gambaran tabel price jika dibandingkan dengan AWS per tahun 2020 bulan ke 4.

Kamu dapat menghitung penggunaan setiap pembayaran pada tabel price azure.

price azure

Baca juga: 9 Fitur Network Goole Cloud Platfom (GCP)

Karakteristik Microsoft Azure

Dalam kaitannya, komputasi awan terdiri dari 3 bentukan utama. Meliputi IaaS sebagai infrastruktur pendukung, PaaS sebagai media platform dan SaaS sebagai dukungan atas Software pengembang.

Hal ini  dapat dengan cepat menantang tantangan terberat dalam mempersiapkan aplikasi dan berjalan dengan upaya minimal, melalui integrasi tanpa batas dengan berbagai alat Visual Studio, yang didukung lebih dari 100 layanan turn-key yang tersedia.

Dalam komputasi Sumber, Layanan Awan biru memberikan solusi dengan mesin virtualnya, membuat penyimpanan, jaringan menjadi lebih cepat tanpa perlu menunggu waktu yang lama. Mesin Virtual yang mendukung aplikasi berbasis SAP NetWeaver.

Memberikan solusi konektivitas lintas situs, terintegrasi dengan domain, cloud, dan skenario host lainnya.

Berkembang dengan teknologi open source seperti Kubernetes. Memodernisasi aplikasi menggunakan komputasi tanpa server dengan Fungsi, menanamkan rekayasa kecerdasan buatan dan data.

Sambungkan aplikasi, data, perangkat dengan mudah dengan menggunakan lebih dari 150 konektor. Aplikasi kombinasi Algoritma yang out-of-the-box yang mencakup Salesforce, Office 365, Twitter, Dropbox, dan layanan Google.

Dalam pengelolaan aplikasi, layanan, serta sumber daya dapat lebih cepat dan menjadi keuntungan dari platform komputasi awan yang satu ini, dengan tata kelola, mengelola aplikasi tidak peduli seberapa besar atau kompleksnya.

Layanan dengan daya dukung internal untuk pemantauan aplikasi, analisis log, penambalan, pencadangan, dan pemulihan situs.

Berfokus pada proyek pengembangan aplikasi yang ingin di ciptakan, tentunya bukan lagi masalah infrastruktur yang harus anda pikirkan.

Kategori Paket Microsoft Azure

Azure Storage hadir dengan beberapa jenis penyimpanan data yang dapat disesuaikan dengan perhitungan harga yang tentunya dapat diandalkan. Mulai dari metode penyimpanan lama, umum maupun khusus.

  1. Jenis akun penyimpanan dengan karakteristik dasar untuk gumpalan, file antrian, dan tabel termasuk dalam akun General-purpose v2.
  2. Tipe akun penyimpanan pengguna lama yang dapat menyimpan untuk BLOB, file, antrian dan tabel yang termasuk dalam General-purpose v1 akun.
  3. Lalu untuk penyimpanan yang khusus sebuah perusahaan aplikasi berkinerja tinggi dapat memanfaatkan penyimpanan jenis akun File Storage.
  4. Prioritas penyimpanan hanya untuk gumpalan saja, dapat menggunakan akun Blob Storage.

Menyediakan perangkat lunak yang lebih cepat dengan platform pengembangan cloud end-to-end yang dilengkapi dengan DevOps.

Kelebihan Siawan biru dari layanan lainnya

Identifikasi dan perbaikan masalah serta bug, menjadi lebih cepat dari sebelumnya, dengan layanan pemantauan lanjutan, seperti Application Insights atau alat debugging yang disederhanakan oleh Visual Studio.

Dengan adanya fitur Renew Business Applications (LOB), Terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia sebagai alat pemasaran digital. Untuk tingkat keamanan data azure sangat serius dalam menyikapinya, mereka sangat proaktif dalam kepatuhan dan privacy. Secara poin utama keunggulannya sebagai berikut:

  1. Harga kompetitif, Memberikan layanan yang prima dan terjangkau jika dibandingkan dengan AWS memiliki harga 5x lipat dari azure
  2. Daya dukung terhadap sumberdaya terbuka yang banyak dan global 
  3. Keamanan yang proaktif di mana terdapat lebih dari 70 sertifikasi kepatuhan.
  4. Memberikan konsistensi terhadap sumberdaya lokal yang dapat terintegrasi dengan sumberdaya global.
  5. Meningkatkan produktivitas dalam pengelolaan dan pengembangan  aplikasi yang lebih efisien
  6. Mendukung komputasi awan dengan sistem cloud hybrid.
  7. Dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan di semua perangkatnya.

Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan menjangkau mereka di mana saja dan kapan saja dengan aplikasi seluler.

Alasan mengapa beberapa orang memilih layanan ini sebagai mitra bisnis yang menguntungkan. Banyak yang telah bergabung seperti adobe, Samsung, Siemens, Starbuck, Cocacola dan jutaan pelanggan lainnya.

Hal yang menyenangkan saat kamu ingin mengenal mengenai awan, bagaimana layanan ini bekerja dengan memberikan akun gratis sebagai uji coba pengguna awal.

Microsoft azure free trrial

Kelebihannya tidak serta memberikan kejelasan yang sempurna, menyiapkan antisipasi untuk itu menjadi pilihan  dalam memitigasi kinerja profesional. 

Masalah yang terjadi dapat memutus akses dari layanan, sehingga aplikasi yang dibangun mendapat sedikit masalah dalam operasinya.

Layanan penyedia yang profesional selalu siap dalam berbagai kondisi dan masalah. Memberikan akses penyelesaian dengan berbagai arahan dan fitur pembantu, dapat menjadi acuan sebuah layanan dapat dinilai baik atau tidaknya.

Baca Juga: Apa Itu AWS (Amazon Web Service) dan fiturnya

Fitur Kesehatan Siawan Biru

Berdasarkan program Layanan kesehan, ada beberapa keistimewaan yang akan diperoleh oleh pengguna.

Poin utama dengan memanfaatkan layanan Kesehatan Layanan, yang akan memberi tahu pelanggan tentang insiden dan pemeliharaan yang direncanakan.

Konfigurasikan peringatan awan, dapat disesuaikan dengan fitur dashbord pribadi, menganalisis masalah kesehatan,dan pantau dampaknya pada sumber daya. Berikut adalah Fitur Kesehatan dari Layanan yang dapat diperoleh:

  1. Dasboard pribadi yang menampilkan masalah layanan yang memengaruhi Anda
  2. Peringatan cloud yang dapat dikonfigurasi memberi tahu Anda tentang masalah layanan yang aktif dan yang akan datang
  3. Detail dan pembaruan yang dapat dibagikan, termasuk analisis penyebab utama peristiwa
  4.  Dukungan dan bimbingan dalam layanan pelanggan
  5.  Layanan kesehatan tersedia untuk pelanggan tanpa biaya tambahan.

Layanan Pemberitahuan Masalah Microsoft azure

Bagaimana layanan ini menginfomasikan kendala yang terjadi untuk anda, berikut ini adalah cara bagaimana mereka menyajikannya:

1. Peringatan Melalui Email

Mengatur peringatan kesehatan, yang tersedia dengan berbagai pilihan, dan siapa yang harus saya beri tahu? Layanan dan wilayah mana? untuk jenis program kesehatan apa? Perawatan terencana? Saran kesehatan? Dan jenis pemberitahuan apa yang harus saya gunakan? Email, SMS,  dan push notification.

Peringatan kesehatan tersedia di Azure Health, dimana cara terbaik untuk memulai dengan peringatan Layanan Kesehatan adalah memulai dengan yang sederhana dengan email.

2. Peringatan Melalui Perangkat Seluler

Beban kerja pada situasi tertentu, Saat menggunakan layanan email mungkin tidak cukup, sebagai gantinya, merekomendasikan konfigurasi peringatan Layanan Kesehatan. Hal itu guna mengirim pemberitahuan melalui aplikasi seluler.

Merekomendasikan pemberitahuan melalui SMS, karena pemberitahuan dapat berisi lebih banyak informasi dan akan memberi pembaruan yang lebih substansial ketika ada masalah pada layanan.

Beberapa cara untuk mengetahui peringatan masalah awan biru dapat menjadi pertimbangan cerdas antisipasi hal-hal yang tidak terduga. Mempersiapkan untuk masalah mendesak yang menjadi ketentuan awal dalam memberikan layanan yang baik. Jangan lupa untuk terhubung dengan awan biru secara teratur.   

Microsoft Azure mendukung 54 wilayah dengan lebih banyak fitur ketika berlangganan versi berbayar.

Apa yang lebih dari sekedar awan untuk menjadi hal yang cukup luar biasa sebagai teman kerja yang cukup baik. 

Baca juga: OpenNebula VS OpenStack, Layanan Cloud Pilihan

Kesimpulan

Microsoft Azure adalah salah satu layanan cloud dari Microsoft dengan daya dukung sumberdaya terhadap penyimpanan, analisis data, pengelolaan, kecerdasan buatan, Virtual Machine, jaringan dan banyak di antaranya.

Kamu dapat memilih kategori penyimpanan sesuai kebutuhan kamu dengan harga yang sangat fleksibel.

Dengan segudang fitur yang diberikan akses sumber daya global dapat terintegrasi dengan sumber daya lokal, hal itu sangat bermanfaat dalam melakukan pengontrolan oleh perusahaan, atau organisasi pengguna.

Tinggalkan komentar