16 Keunggulan Linux dibandingkan Sistem Operasi lainnya

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang di distribusikan di bawah lisensi GPL (General Public License), artinya bisa digunakan oleh siapapun tanpa harus mengeluarkan biaya dan itu menjadi salah satu keunggulan linux yang dapat di ketahui.

Variasi yang banyak membuat pilihan sistem cukup beraneka ragam, Distro yang banyak dikenal seperti Ubuntu, Debian, Redhat, SuSe, Mint, Kali Linux.

Linux adalah sebuah karnel perangkat lunak orisinal yang dibuat oleh komunitasnya, dengan beberapa kelebihan yang mampu menarik hati para penggunanya, salah satunya memiliki keamanan yang tinggi.

Keunggulan Linux dibandingkan Windows

Para pengguna memilih sistem operasi berlogo pinguin ini tanpa memikirkan bagaimana kebijakannya karena bersifat terbuka yang dapat mendukung perkembangan dan jangan khawatir bagaimana tampilan Desktopnya karena tidak kalah dengan Windows.

Perkembangan terus dilakukan termasuk ketersediaan aplikasi dan Software pendukung yang memaksimalkan kinerjanya.

Banyak sekali keunggulan Linux lainnya jika di bandingkan dengan sistem operasi yang biasa digunakan, apa saja itu berikut ulasan lengkapnya.

1. Open Source ( Sumber Terbuka )

Menjadi Keunggulan utama dari sistem operasi ini, Linux dapat dikembangkan oleh siapa saja yang mampu berkontribusi  dalam pemecahan kodenya, seperti mengembangkan, memodifikasi, sampai mendistribusikannya agar dapat digunakan oleh pengguna lainnya.

Keunggulan sumber terbuka, mampu membuat kreasi sistem yang lebih bervariatif serta dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor terkait kapan saja tanpa ada batasan.

Beda halnya dengan sistem operasi lain, yang kebanyakan sumber utama di pegang sebagai harta intelektual milik perusahaan, artinya segala bentuk perubahan dan perkembangannya hanya dapat di lakukan oleh pihak tersebut.

2. Keamanan yang kuat

Masalah keamananan selalu menjadi topik utama pada sistem komputerisasi, oleh karenanya selalu menjadi perhatian khusus.

Keamanan yang mampu di berikan sangatlah powerfull, hampir sedikit celah untuk mengoyak sistem dari akses yang tidak di izinkan.

Memang tidak sepenuhnya aman, Namun Lebih baik dari sistem operasi lain dalam pertahanannya dan jika ada hal demikian para pengembang akan langsung melakukan update pada sistem untuk menutup celah tersebut dengan cepat.

Tak heran jika sistem operasi yang satu ini menjadi pilihan utama pada komputer server, baik di bangun oleh pribadi maupun pihak penyedia seperti Hosting, Virtual Server dan banyak lainnya.

Privasi penggunapun terjaga, karena mereka dapat memastikan tidak pernah mengumpulkan banyak data selama para pengguna menggunakan dan mendistribusikannya. beda halnya dengan apa yang dilakukan sistem operasi lainnya.

3. Ringan dan Stabil

Beberapa sistem operasi turut menyertakan banyak tool bawaan sebagai utilitas yang bisa digunakan, namun kebanyakan tidak sepenuhnya berguna, alhasil menjadi hiasan terbengkalai dan membuat alokasi sistem menjadi lebih sempit.

Beda halnya dengan sistem operasi berlogo penguin ini, kebanyakan dari beberapa distronya sangat ramah dengan perangkat penggunanya tak terkecuali dengan spesifikasi standar yang mampu menampungnya dengan sangat baik dan cepat.

Proses yang cepat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan untuk memproses aplikasi lainnya, yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau suatu masalah.

Beberapa sistem operasi lainnya sering terjadi malfungsi dan mengharuskannya mengulang sistem kembali dari awal ketikan terjadi perubahan atau penambahan aplikasi, namun tidak dengan Linux yang dapat menggunakan perintah update pada sistem dengan cepat.

Baca juga: 7 Text Editor Linux Command Line Terbaik

4. Keunggulan Linux dengan Performa Tinggi

Permintaan yang banyak dalam waktu bersamaan selalu menjadi masalah bagi operasi lainnya dan membuat para penggunanya cukup memutar otak untuk mencari penyelesaiannya.

Sistem pada Linuxmampu memberikan pelayanan untuk pengguna yang tersambung pada jaringan yang sama secara bersamaan.

Oleh karennya, sering di pasang pada komputer server sebagai sumber data utama yang di akses oleh banyak klien, dengan performa tinggi dan dukungan keamanan sangat cocok di gunakan untuk kebutuhan profesional TI.

5. Multi Tasking

Multi tasking memberikan gambaran di mana sistem mampu melakukan banyak tugas secara tanpa mempengaruhi kecepatan sistem utama.

Membuat penggunaan lebih praktis saat membuka aplikasi atau utilitas lain yang dapat dibuka pada waktu yang sama tanpa harus menutup salah satunya terlebih dahulu.

6. Jaringan Yang Powerfull

Sistem yang di bangun di atas Linux akan sangat mudah mengatur peran client-server, di fasilitasi dengan Layanan Konfigurasi IP address, SSH, Telnet, dan lainnya sebagai protokol koneksi antar perangkat.

Sistem Router mampu di bangun di di dalamnya dengan dukungan paket konfigurasi, di saat lainnya memerlukan perangkat tambahan dari pihak ketiga untuk melakukannya.

Tak salah para teknisi jaringan menggunakan sistem operasi yang satu ini sebagai alat tempur baik Monitoring, keamanan dan pemeliharaan.

7. Dukungan Pembaharuan sistem

Pembaharuan sistem sangat diperlukan untuk mendapatkan layanan terbaru dalam utilitas aplikasi, keamanan dan informasi.

Sistem operasi yang baik mampu berkembang mengikuti kemajuan dalam dukungan teknologi, oleh karenanya pada beberapa periode wajib menyediakan pembaharuannya.

Pembaharuan dapat memperbaiki kerusakan atau sistem yang tidak terinstall dengan baik, dukungan tersebut mampu di tawarkan kepada penggunanya.

8. Mudah di Kostumasi

Pengguna dapat melakukan apapun pada sistem yang mereka gunakan, misalnya seperti menambahkan fitur sesuai kebutuhan dan menghilangkan beberapa fitur ketika tidak digunakan kembali.

Kostumasi sejalan dengan dukungan sumber terbuka yang mampu memfasilitasi penggunanya dengan baik sesuai dengan kebutuhannya.

Kostumasi pada tampilan mampu untuk di lakukan, misalnya penambahan walpaper dan icon pilihan untuk mempercantik desktop layar utama.

Selebihnya hanya masalah kreativitas dan pemahaman mendalam dari penggunanya pada sistem yang digunakan.

9. Bebas Biaya alias Gratis

Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk memiliki lisensi dari sistem operasi, Distro Linux dapat di pilih dan digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Menjaga tetap aman, di saat sebagian orang berusaha memasang aktivasi ilegal untuk mendapatkan dukungan dari sistem utama pada sistem operasi lain.

10. Fleksibel dan tidak terbatas

Sistem operasi Linux tidak hanya dapat dinikmati oleh perangkat PC secara langsung seperti Komputer dan Laptop, Namun beberapa perangkat mobile, Rasbery Pi dan lainnya bisa dipasangi sistem operasi yang satu ini.

Sangat berbeda jauh dengan sistem operasi lainnya yang terbatas dan tidak mengijinkan hal lintas perangkat karena sifatnya tertutup.

Selain itu kompabilitas dengan berbagai file yang berbeda membuatnya mampu membuka berbagai file ketika dibutuhkan.

11. Banyak Pilihan Distro

Sumber terbuka mampu memberikan dukungan sistem yang berbeda, oleh karenanya Linux memilik banyak Distro pilihan yang menggunakan kode inti di dalamnya.

Perbedaan antar distro tidak jauh berbeda dalam dukungan aplikasi dan layanan, melainkan masalah tampilan, variasi kebutuhan, prioritas keamanan dan fitur lainnya.

Contohnya seperti yang di sebutkan pada uraian sebelumnya yaitu Ubuntu, Debian, RedHat, Dewa Linux, Kali Linux, Garuda, Open Suse, Mint yang populer di gunakan.

Baca juga: Apa itu SELinux (Security-Enhanced Linux)

12. Tersedia Pilihan Desktop Environment

Pengguna dapat memilih dukungan Desktopnya untuk di layani oleh lingkungan Gnome (GNU Network Object Model Environment) atau KDE (K Desktop Environment) diaman keduanya memeliki dukungan yang khusus.

13. Mengerti kebutuhan Programmer

Berbagai bahasa pemograman dapat berjalan dengan baik, seperti C, C++, Java, python, Ruby dan lainnya, sehingga berbagai aplikasi mampu terpasang.

Perintah di dalam Linux akan sinkron dengan apa yang programmer pilih seperti bash scripting yang biasa digunakan, dan dukungan Akses yang mudah dalam membantu pengelolaan server dengan baik.

14. Mendukung Cyber Security

Beberapa distro di buat khusus untuk keutuhan cyber security, seperti hal nya kali Linux yang biasa digunakan oleh para peretas black hact dan white hack untuk mencari celah keamanan pada sebuah sistem.

White Hack akan menggunakan tool yang tersedia untuk mencari celah dan memberitahukannya kepada pengguna melalui prosedur yang benar, sedangkan black Hack sebaliknya biasanya mengekploitasi data tertentu untuk mencari keuntungan material dan emosional dari penggunanya.

Dukungan tersebut bisa digunakan sebagai lahan belajar bagaimana suatu keamanan dapat di bobol dan proses pengamannya.

Hal menarik lainnya dapat digunakan untuk kebutuhan forensik, atau menggali data pada perangkat dengan tujuan tertentu yang dapat menentukan pemiliknya bersalah atau tidak ataupun untuk sekedar mengembalikan data.

15. Keunggulan Linux dengan instalasi yang Cepat dan mudah

Dapat pasang pada perangkat melalui CD, Repositori web, bahkan beberap distro mampu di jalankan secara Live melalui USB contohnya seperti Kali Linux.

Proses Instalasi yang tidak menyulitkan serta cepat, mampu dilakukan oleh siapapun tanpa bantuan profesional dalam kebutuhan yang sederhana.

Jika masih ragu dan ingin mencoba demonya dapat di install pada software virtual machine seperti VirtualBox atau Vmware.

16. Dukungan Komunitas dan Perpusakaan

Pengguna awal tentu akan kesulitan memahami perintah dari sebuah sistem, oleh karenanya sangat membutuhkan dukungan profesional baik dalam forum tanya jawab atau dokumentasi perintah yang tersedia.

Komunitas yang tersebar di seluruh dunia mampu menjadi support bagi para penggunanya untuk saling memberikan solusi ketika menghadapi masalah, setiap distro biasanya memiliki jumlah komunitas tersendiri yang besar.

Beberapa keunggulan Linux lainnya dapat ditemukan ketika menggunakannya secara langsung, adapun hal yang akan di temui juga adalah kekurangannya.

Salah satu Keunggulan Linux dapat di install dan dijalankan dengan mudah pada perangkat, namun dalam penggunaanya membutuhkan pengetahuan dan pembiasaan lebih lanjut, hal itu yang membuat repot dan lainnya menyerah.

Tinggalkan komentar