PJJ dan WFH, Meningkatkan Kepopuleran Laptop Di Masa Pandemi Covid-19

Kepopuleran laptop di masa pandemi COVID-19 – Di awal tahun 2020 lalu, sebagian besar penduduk dunia tengah melakukan physical distancing atau jaga jarak aman untuk mengurangi penularan covid-19. Kondisi ini mengharuskan para pekerja untuk melakukan kegiatannya dari rumah atau dikenal dengan istilah work from home, disingkat WFH.

Sementara itu, para pelajar harus belajar di rumah dengan memanfaatkan jaringan internet yang ada. Mereka dituntut untuk melakukan semua aktivitas pembelajaran serba virtual menggunakan berbagai media. Ternyata, perubahan sistem kerja dan sekolah ini berdampak besar terhadap peningkatan permintaan laptop di pasar dunia.

Kebutuhan Dan Kepopuleran Laptop Di Masa Pandemi COVID-19 Kian Meningkat

Semenjak work from home atau bekerja dari rumah diberlakukan, permintaan produk laptop di pasarannya terus meningkat. Padahal, sebagian pabrikan laptop memprediksi adanya penurunan permintaan seiring dengan melemahnya ekonomi global karena terdampak pandemi. Namun ternyata sebaliknya, justru kepopuleran laptop di masa pandemi COVID-19 semakin terlihat.

Produk teknologi satu ini memang begitu mendukung kebutuhan harian masyarakat dalam bekerja dan belajar. Gaya bekerja dan pembelajaran yang dilakukan secara virtual tidak selamanya bisa dipenuhi oleh ponsel pintar. Sehingga banyak konsumen yang mulai beralih ke perangkat lebih besar, salah satunya laptop.

Pada tahun 2020 lalu, penjualan laptop kelas menengah atau middle end di Indonesia meningkat secara signifikan dibandingkan kelas atas (high end). Hal ini diprediksikan akan terus terjadi seiring dengan kebutuhan pengguna dalam menunjang produktivitasnya selama pandemi. Secara tidak langsung, kondisi ini turut mendukung bisnis laptop di tanah air.

Tips Membeli Laptop Di Tengah Kepopuleran Laptop Di Masa Pandemi COVID-19

Kepopuleran laptop di masa pandemi COVID-19 – Tidak hanya laptop, media untuk WFH dan pembelajaran jarak jauh sebenarnya bisa menggunakan media yang lain. Misalnya smartphone, produk teknologi yang selama ini tidak pernah lepas dari aktivitas manusia.

Tapi perlu diketahui, untuk memberikan kenyamanan selama belajar dari rumah meskipun hanya browsing, mengerjakan tugas dan mencari materi pelajaran dibutuhkan laptop. Sedangkan, untuk WFH laptop juga sangat dibutuhkan. Baik untuk keperluan browsing, mengerjakan tugas dari kantor, membuat presentasi ataupun mengolah data.

Semua kebutuhan tersebut tidak akan terpenuhi dengan baik jika hanya menggunakan smartphone saja. Itulah kenapa laptop ini sangat penting dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi. Nah, sebelum membeli laptop di era pandemi ada beberapa tips yang bisa dilakukan, diantaranya :

  1. Stoknya yang menipis akibat permintaannya yang terus meningkat, harga laptop saat ini cukup tinggi. Karena ekonomi sedang sulit, tentunya harus menghemat dana. Jadi, pilihlah laptop dengan harga murah namun tetap efektif menunjang pembelajaran dan pekerjaan.
  2. Pilihlah laptop yang memadai untuk mengerjakan tugas kantor atau tugas sekolah sehari-hari. Dengan dana 3 juta saja, ini sudah cukup untuk mendapatkan laptop yang bagus. Kurang dari itu, ada kemungkinan kinerjanya lemot sehingga dapat menghambat keperluan PJJ atau WFH.
  3. Pilih laptop dengan media penyimpanan SSD yang memiliki kemampuan baca-tulis hampir 10 kali lebih cepat dibandingkan hardisk. Kini sudah banyak laptop di pasaran dengan harga 3 jutaan yang memiliki komponen penyimpanan SSD.
  4. Pastikan laptop yang dipilih sudah memadai untuk mengerjakan tugas melalui Microsoft Office, pengolahan data di Excel, membuat presentasi di Power Point, browsing, menonton youtube dan penggunaan aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meeting, Skype dan yang lainnya.

Lihat bagaimana 13 Tips membeli Laptop Baru atau bekas agar tidak salah beli dan menyesal dikemudian hari.

Tinggalkan komentar