13 Kelebihan Zoom Premium atau Berbayar

Memulai pertemuan daring menggunakan zoom bukan hal yang baru saat ini, orang-orang telah terbiasa melakukan hal itu bahkan dapat mengisi seluruh waktu produktif mereka di saat masa pandami melanda.

Akses pertemuan yang disajikan, memberikan wawasan pengguna bagaimana sebuah teknologi dapat mempertemukan mereka dalam satu wadah digital yang di kenal dengan video conference.

Zoom Conference memberikan fitur tersendiri yang di nilai lebih unggul dari pada google meet, microsoft teams atau skype bagi sebagian orang, walau itu merupakan lisensi akun basic atau gratis.

Pilihan tersebut membawa sebagian orang ingin mendapatkan fitur yang lebih dari zoom dengan meningkatkan lisensi ke akun profesional, bisnis ataupun enterprise.

Akses kontrolel lebih banyak, managemen pengguna dengan dukungan teknikal support dari layanan pengguna menjadi salah satu yang dapat di peroleh oleh pengguna berlanganan dari kelebihan zoom premium.

Kelebihan Zoom premium – No limit Time

Pengguna akun basic atau gratis setidaknya harus mengatur pertemuan sedemikian rupa agar pas dengan waktu kurang lebih 40 menit yang di izinkan dalam satu waktu.

Tanggung memang, terlebih jika sedang membahas seuatu persoalan yang butuh perincian mendetail seperti proyek kerja, atau pembelajaran antar dosen dengan mahasiswanya.

Mendapatkan Batas waktu lebih panjang sampai 30 jam dalam satu pertemuan akan diperoleh akun profesional, bisnis maupun enterprise.

Batas waktu yang sangat panjang, berkesan tidak ada batasan waktu yang diberikan menjadi kelebihan zoom premium yang akan sangat terasa.

Kapasitas Partisipan banyak

Kapasitas untuk bergabung dalam sebuah pertemuan tentu menjadi persoalan tersendiri untuk mengadakan sebuah acara yang besar.

Keterbatasan dalam akun gratis tidak dapat diandalkan untuk membuat acara meeting yang harus di hadiri oleh banyak orang yang hanya memuat 100 partisipan saja.

Dapatkan lebih dengan mengupgradenya, akun pro dapat memuat 100 partisipan dengan 1-9 lisensi tiap akun, bisnis memuat 300 partisipan dengan 10-99 lisensi tiap akun dan 500 sampai 1000 partisipan untuk akun enterprise.

Integrasi  Streaming yang mudah

Pengguna biasa tidak dapat menemukan tombol integrasi live streaming di jendela pertemuan mereka, membuat integrasi dengan platform seperti youtube membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti Open Broadcasting Software.

Tentunya, bagi pengguna kreatif dalam penguasaan software aplikasi pihak ketiga bukan hal rumit, namun tidak untuk sebagian lainnya yang tidak tahu akan hal itu.

Pengguna yang berlangganan akan di berikan akses Layanan integrasi live straming yang dapat di atur dengan sangat mudah dan dalam satu tombol kendali.

Dukungan integrasi yang dapat di pereloleh seperti Live streaming ke Facebook, Youtube, atau custom streaming yang dapat di kaitkan dengan Kode Stream-key di tiap masing-masing platform.

Membuat sebuah jadwal streaming sebelum pertemuan dan membagikannya dapat dilakukan oleh para pelanggan berbayar, bacaan lengkap cara streaming zoom ke youtube live.

Recording Cloud atau penyimpanan Lokal

Pertemuan atau forum rapat tidak selalu dapat di hadiri oleh seluruh anggota, sama halnya dalam conference secara daring, beberapa anggota terkadang tidak dapat menghadirinya.

Zoom profesional dan bisnis mampu memberikan fasilitas untuk merekam serta menyimpannya melalui cloud sebesar 1 GB/akun lisensi maupun lokal.

Jika dirasa kurang, kamu dapat memilih berlangganan akun enterprise dengan Unlimited penyimpanan Cloud dan akses penyimpanan lokal.

Tidak ada lagi anggota yang tertinggal informasi penting karena tidak mengikuti sebuah pertemuan, atau sekedar rekaman untuk dokumentasi laporan di perusahaan.

Managemen Pengguna

Kelebihan zoom premium lainnya, dimana Owner dan admin dapat mengatur penggunaan akun langganan dapat di akses oleh pengguna siapa saja, baik untuk menambahkan, menghapus dan mengatur penggunaan lainnya.

Langganan ini akan memperoleh pengaturan akses layanan yang dengan manajemen user secara individual atau tim dengan sub pengguna.

Masing-masing tiap akun dalam satu lingkaran yang memiliki akses manajemen dapat membuat jadwal pertemuan, mengatur live streaming secara mandiri.

Membagi beban dalam aktivitas yang cenderung padat dan intens dapat diselesaikan dengan cepat melalui fitur mangemen pengguna pada admin panel.

Akun pro akan mendapatkan 1-9 lisensi tiap akun, bisnis 10-99 lisensi/akun dan Enterprise lebih dari 50 lisesnsi/akun.

CO-Host dan Alternatif host

Pernah membuka sebuah pertemuan besar yang di hadiri oleh banyak anggota atau menjadi salah satunya? tentu banyaknya yang bergabung membuat sedikit tidak kondusif jika dilakukan begitu saja.

Host sebagai superuser dalam sebuah pertemuan harus bekerja sedikit ekstra untuk menertibkan anggota yang tidak disiplin mengikuti aturan.

Baik untuk mematikan speker anggota yang menggangu, melakukan spotlight pembicara, Pin, atau menghapus akses dari anggota luar yang ilegal.

Pembagian tugas dapat dilakukan dengan mengangkat panitia lain dalam rapat dan menjadikan sebagai C0-Host, dimana fitur manajemennya akan serupa dengan kontrolel utama dari host.

Breakout Room

Pernah mendengar instruksi Breakout room ketika menghadiri pertemuan? Breakout room sendiri merupakan fasilitas yang akan di perloleh oleh pengguna langganan dengan kelebihan membuat ruang baru tanpa harus keluar dari ruang utama.

Ruang baru yang di buat dapat dikatakan sebagai kamar-kamar khusus yang dimasuki oleh anggota-anggota yang telah di tentukan oleh host.

Misalnya dalam sebuah permuan, seluruh anggota  kelas dalam angkatan tergabung dalam satu zoom yang sama, dan untuk kebutuhan terntu dapat membaginya ke ruangan khusus dengan pembagian masing-masing kelas, sepert IPA 1, IPA 2 atau lainnya.

Breakout room sendiri menjadi faslitas ruang diskusi untuk bagian tertentu, yang dapat membaginya sesuai dengan kriteria anggota  tanpa harus membuat link pertemuan yang baru.

Immersive

Immersive menjadi Fitur Kelebihan Zoom premium terbaru yang di hadirkan dimana pengguna dapat memanfaatkan fasilitas virtual room didalam zoom meeting.

Memberikan tampilan sedikit berbeda dalam rapat yang berlangsung, tiap-tiap anggota dapat masuk dalam satu frame yang sama seperti di sebuah bioskop.

Tiap anggota dapat menduduk kursi kosong yang tampil di layar virtual dengan yang terlihat hanya bagian wajahnya saja dan seperti menyatu dengan background virtualnya, fitur ini juga mungkin akan kamu temukan di akun basic.

Privilage domain

Membagikan link akses ke anggota untuk bergabung menjadi cara yang banyak digunakan dari pada memberikan kode personal meeting dan passwordnya.

Privilage domain membuat kombinasi link dimuat berbeda dari biasanya, jika umumnya akan membuat karakter zoom diikuti ekstensi domainnya, fitur privilage domain dapat mengubahnya dengan akses domain yang kita miliki.

Misalnya, sebuah perusahaan memiliki domain akses webiste utama persuahaanA[dot]com, maka link akses zoomnya dapat menggunakan  tambahan domain tersebut.

PerusahanA[dot]com.zoom/linkrapat , Berkesan lebih profesional, manaikan brand dan membuat pertemuan yang lebih hangat dengan naungan domain sendiri.

LTI Integration

Integrasi dengan Learning Tools seperti Canvas, Blackboard dan lainnya dapat dilakukan dengan sangat mudah oleh pengguna akun lisensi berbayar.

Fitur integrasi tersebut membuat kemudahan dalam melakukan penjadwalan pertemuan guru dan muridnya yang dapat di muat dalam platform learning tools tersebut.

Sehingga dapat menyederhanakan informasi akses yang menggunakan aplikasi lain di luar lerning tools, tingkat lanjut ini membuat semua aktivitas terjalin dalam satu wadah yang sama.

SSO akun

SSO atau single sign on merupakan satu fasilitas yang dapat digunakan oleh anggota, dimana akun zoom yang dgunakan untuk bergabung terintegasi dengan akun privilage lainnya dalam satu gerbang.

Misalnya, sebuah perusahaan miliki akses akun dengan yang diikuti oleh privilage domainnya, dan para anggotanya biasa menggunakan akun tersebut untuk mengakses fasilitas perusahaan, misalnya email atau portal informasi.

dengan SSO, anggota perusahaan dapat menggunakan akun yang diperoleh dari perusahaan tanpa harus membuat akun khusus, sehingga satu akun dapat digunakan untuk mengakses semua akses fasilitas aplikasi.

Technical Support

Teknikal support menjadi hal yang wajib ada ketika kamu memutuskan untuk berlangganan dalam sebuah aplikasi teknologi, pasalnya akan berhubungan dengan penggunaan dan masalah yang dihadapi.

Pengguna berbayar mendapatkan fasilitas dukungan teknis yang lengkap, mulai live chat, kirim tiket keluhan dan proses lain yang dapat membantu permasalahan.

Admin panel

Admin panel menjadi kelebihan zoom premium daripada yang gratis, berguna sebagai kontrolel atau portal kendali, dimana user berlisensi dapat mengatur fitur-fitur yang akan di hadirkan ketika rapat di langsungkan.

Misalnya, mengaktifkan fitur otomatis mematikan micropon pengguna ketika bergabung, mematikan akses komentar, mengatur integrasi chanel youtube untuk streaming, mengambil hasil data rekaman dan banyak lainnya.

Tentu selain ke 13 Kelebihan zoom premium tersebut pengguna dapat menemukan hal menarik lain ketika telah mencobanya secara langsung.

Proses upgrade sendiri, zoom membandrol akun pro $14.99/bulan,/lisensi, akun bisnis $19.99/bulan/lisensi dan akun enterprise $19.99/bulan/lisensi , lihat harga terbarunya di zoom pricing.

Atau bisa membelinya pada penyedia patner yang terperaya.

Tinggalkan komentar