Cara Instal Linux Debian di Virtualbox [Lengkap]

Panduan berikut akan memandu bagaimana cara instal Linux Debian di Virtualbox dengan penjelasan dan gambar agar mudah di pahami.

Debian Merupakan salah satu Distro Linux yang dikenal memiliki dukungan yang stabil, aman, kuat, dan memiliki sistem pelacakan bug, oleh karenanya sangat cocok untuk kebutuhan server dan administrator.

Sumber terbuka yang di hadirkan, memungkinkan siapa saja menggunakan, memodifikasi dan mengembangkannya secara gratis.

Beberapa layanan Server dapat dibangun seperti Kontrol IP Address, FTP, SSH, Mail Server, Firewall, SELinux dan kebutuhan tingkat lanjut lainnya sesuai dengan kebutuhan administrator.

Persiapan Sebelum Instal

Terdapat beberapa versi, yang cukup di rekomendasikan mulai dari Versi Debian 6 (squeeze), 7 (Wheezy), 8 (jessie),  9 (Stretch) dan Terbarunya.

Pada demo kita akan mencoba menginstal versi 6 dengan Virtual Machine Virtualbox, versi lainnya tidak jauh berbeda jadi bisa mewakili proses instalasi pada versi lainnya.

Siapkan Spesifikasi hardware berikut untuk menjalankannya, dukungan tampilan desktop (GUI) minimal RAM 256 MB dengan alokasi Hardisk kosong 10 GB, atau Mode CLI (Command Line Interface) minimal Ram 128 MB dengan kapasitas hardisk kosong 2 GB.

Persiapan:

  1. Dapatkan disk debian stabil di link https://www.debian.org/CD/http-ftp/#stable, pilih sesuai arsitektur yang dimiliki. Download file .iso atau .dat
  2. Virtualbox dapat di download di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads dan untuk cara installnya bisa di lihat di  cara instal virtualbox di windows 10

Setting VirtualBox

Sebelum melakukan proses instalasi kita perlu mengatur Virtualbox agar siap digunakan

1. Buat mesin baru > Beri nama, tentukan folder penyimpanan dan tipenya pilih Linux debian

konfigurasi virtualbox debian

2. Tentukan besar alokasi hardisk, pilih di area batas hijau jangan melewati batas merah dengan menggesernya, atau menuliskan ukuran secara spesifik. dan  selanjutnya pilih buat masin virtual sekarang

virtualbox setting debian linux

3. Pilih sumber yang akan di gunakan, VDI (VirtualBox Disk Image) untuk menjalankan sistem dari image yang telah di download sebelumnya, dan selanjutnya dapat memilih lokasi secara dinamis

pilih vdi virtualbox

4. Klik pada mesin yang telah dibuat > pengaturan > Penyimpanan > pilih IDE master dan arahkan ke disk debian.iso atau debian.dat yang telah di download sebelumnya.

cara instal debian di virtualbox

5. Aktifkan Network jaringan Pada mesin di menu network dan fungsikan

network virtualbox

Proses Instal Linux Debian di Virtualbox

1. Debian dapat di instal dengan 2  tipe yaitu basis GUI (Menampilkan grapis) dan CLI (hanya command line), contoh memilih graphical Install untuk menikmati debian basis GUI.

instal debian tahap 1

2. Pilih Bahasa bahasa Sistem “ english – english “, Namun jika ingin memilih bahasa Indonesia dapat memilih Other > Asia > Indonesia, Rekomendasi kita pilih bahasa Inggirs untuk sistem

Instal debian proses ke2

3. Memilih pengaturan lokasi, contoh secara default “united states

debian instal tahap 3

4. Memilih tipe keyboard pada sistem yang akan di gunakan “America English

debian instal tahap 4

5. Proses instalasi komponen sedang berlangsung

debian instal tahap5

6. Memilih NIC atau Network utama “eth0”, “eth1” atau wlan0, Contoh pilih “eth0

debian instal tahap 6

7. Konfigurasi Jaringan, Jika terkoneksi dengan akses internet bisa memilih  “yes” untuk menyetujuinya, “no” jika ingin melewatkan prosesnya

debian instal tahap7

8. Konfigurasi Jaringan Hostname, bisa di isikan sesuai kebutuhan contoh “VirtualTech

debian instal tahap8

9. Masukan kombinasi sandi yang di gunakan untuk mengakses root, Root merupakan akses super user atau administrator yang memiliki kontrol penuh terhadap sebuah sistem di linux.

debian install tahap9

10. Membuat User pengguna untuk dapat login ke halaman desktop, yang berbeda dengan root

debian install tahap10

11. Membuat sandi untuk pengguna yang akan di tambahkan

debian instal tahap11

12. Konfigurasi Domain jika memilikinya, jika tidak bisa di isikan sesuai dengan keinginan

debian install tahap 12

13. Memilih Pengaturan Jam, jika tadi memilih Indonesia silahkan pilih jakarta, pengaturan jam bisa di edit setelah proses selesai.

debian instal tahap13

14. Membuat partisi disk, bisa otomatis atau manual, jika manual pilih Create a new partition

debian instal tahap14

15. Buat dua Partisi disk, pertama pilih penyimpanan utama bisa di sesuaikan sizenya  dan pilihan use as ext3 journaling file  system, aktifkan bootable flag

debian install tahap15

16. partisi kedua, Pilih penyimpanan dengan use as   Swap Area , Swap area merupakan penyimpanan virtual yang akan di kombinasikan dengan penyimpanan fisik.

debian install tahap16

17. Setelah dua partisi  yang wajib ada dibuat dengan sistem ext3 journaling file system dan Swap Area, pilih finish untuk melanjutkan prosesnya.

debian install tahap17

18. Proses instalasi base sistem berlangsung

debian install tahap18

19. Pilihan untuk memasang paket manager dari sumber lain atau tidak, pilih no jika tidak perlu

debian install tahap19

20. Pilih No jika tidak ingin mengikuti survei pengguna

debian instal tahap20

21. Tunggu proses instalasi software yang sedang berlangsung

debian instal tahap 21

22. Pilih yes untuk menginstall master boot record “GRUB

debian install tahap22

23. Proses Instal linux debian 6 berhasil di lakukan, selesai

debian install selesai

Ada beberapa hal yang jangan sampai terlewat saat instal Linux Debian di Virtualbox adalah ketika melakukan partisi dengan cara manual, harus memiliki dua partisi yaitu primary ext3 journaling file  system dan Secondary Swap Area.

Silakan ikuti langkah instal Linux Debian di Virtualbox dengan petunjuk uraian dan gambar di atas, jika di ikuti dengan tepat di pastikan proses akan berlangsung lancar dan berhasil.

Memulai dengan linux tidaklah buruk, beberapa distro Linux dapat menjadi pilihan untuk sebuah sistem dengan keunggulannya tersendiri.

Tinggalkan komentar