10 Distro Linux Populer Alternatif Windows dan MacOS

Linux adalah salah satu sistem operasi dengan tingkat keamanan tinggi yang dapat digunakan oleh siapapun tanpa lisensi yang harus di beli alias gratis.

Memberikan sumber terbuka, membuat Linux memiliki variasi dari berbagai pengembang, hasilnya  dapat dilihat dengan bermunculannya Distro dan Software dukungan di dalamnya.

Best linux distroDistro Linux Populer

Berbagai pilihan distro dapat di coba oleh setiap pengguna dengan memasangnya secara langsung atau menjalankannya dengan bantuan mesin virtual seperti virtualbox dan VMware.

Berikut Distro linux populer yang banyak digunakan dan mungkin dapat menjadi alternatif ketika sudah bosan dengan tampilan Windows.

1. Ubuntu

ubuntu

Ubuntu menjadi salah satu top Distro linux populer yang banyak di pakai pada perangkat pengguna, kemampuan yang kuat mampu memfasilitasi kebutuhan komputer personal maupun Server dengan sangat baik.

Apa yang akan di temukan oleh pengguna, Tampilan Ubuntu dapat di sesuaikan sesuai selera layaknya Desktop Windows, dengan dukungan Gnome pada versi terbaru memungkinkan personalisasi UI/UX pada elemen menjadi lebih menarik.

Ubuntu memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dalam menghadapi serangan keamanan seperti Virus, Malware dan Ransomware.

Selain itu, ramah terhadap sumber daya yang membuatnya dapat di pasang pada perangkat dengan spesifikasi standar di mana jika terpasang sistem operasi Windows akan terasa lambat, namun tidak untuk Ubuntu yang memiliki performa yang cepat.

Untuk mencobanya tak harus memasangnya pada sistem dengan proses instalasi, namun bisa Live OS dengan menggunakan USB drive.

2. Linux Mint

linux mint

Linux mint menjadi Distro linux yang hampir menyerupai Windows dalam persentasi yang cukup dekat, membuatnya cocok menjadi pilihan untuk mencobanya ketika para pengguna widows akan beralih ke linux.

Linux mint di kenal dengan akselerasinya yang cepat, ramping dan ringan ketika para pengguna mengoprasikannya, beberapa orang mendapatkan pengalamannya di mana lebih cepat dari pada Ubuntu.

Di dukung dengan sumber software yang lebih banyak fitur, memungkinkan pengguna untuk mengubah sumber perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan, misalnya menghapus paket repositori asing, menghapus duplikasi entri, dan beberapa opsi lain yang dapat membantu

Di lengkapi dengan Menajer pembaharuan yang luar biasa, dari sana para penggunanya mampu memilih paket yang ingin di perbaharui secara khusus tanpa melibatkan semua sistem untuk di cek satu per satu.

Baca juga: 5 Distribusi Linux Server Terbaik

3. MX Linux

MX linux

MX linux hadir dengan sejumlah Opsi yang luar biasa untuk mempermudah beberapa penyesuaian secara khusus, salah satunya mampu untuk memperbaiki Grub dan Kunci GPG yang rusak dengan sederhana, dimana lainnya mengharuskan dengan baris perintah yang cukup rumit.

Dibangun di atas Debian stable, membuat dukungan kebutuhan administrator akan terasa kuat dan menyajikan distribusi cepat, responsif yang disatukan dengan baik.

Fungsional yang sederhana, secara default tidak memakan banyak alokasi untuk paket aplikasi yang terpasang secara default.

4. Manjaro

manjaro

Manjaro dibangun diatas Arch Linux dengan fitur yang bagus, muktahir dan sederhana di bandingkan dengan proses penginstalan Arch linux secara langsung.

Linux Manjaro membuat dukungan Hardware terhadap sistem operasi menjadi lebih mudah , karena ketika proses penginstalan manjaro akan memindai Hardware dan memberikan driver yang sesuai, berbeda dengan Distro lainnya yang perlu sedikit usaha untuk mendapatkannya.

Hal yang menarik dapat di lakukan manjaro lainnya adalah dapat berpindah karnel dengan sangat mudah, tidak perlu usaha lebih membuat baris perintah dalam terminal, karnel baru dapat di nikmati siap tersaji dengan cepat.

dan temukan komunitas yang ramah untuk dukungan terhadap manjaro.

5. Debian

linux debian 9

Menjadi Distro Linux Populeryang sangat berjasa bagi pengembangan Distro lainnya, karena beberapa di bangun di atas Linux Debian yang dikenal memiliki performa yang hebat dan kuat dalam kebutuhan administrator.

Fitur yang mampu banyak di kenali seperti, ketersediaan Debian mendukung 4 arsitektur yang menggunakan karnel linux, memungkinkan untuk memberikan keuntungan pada administrator mengurasi waktu pemeliharaan secara signifikan.

Paket-paket yang ada dapat terintegrasi dengan baik kepada seluruh sistem memberikannya kualitas tinggi, terampil pada seluruh distribusinya.

Debian di lengkapi dengan sistem pelacakan bug terbuka, di mana setiap orang dapat melaporkannya untuk di perbaiki dengan cepat.

Untuk mencobanya tersedia beberapa versi, rekomendasi coba di versi Debian 6 sampai yang terbaru 10.

Baca juga: Apa itu SELinux (Security-Enhanced Linux)

6. Elementary OS

elementary os

Elementary OS sangat mudah untuk di pelajari, dengan tampilan yang sederhana membuat penyesuaian pengguna untuk pertama kalinya akan cepat mengerti.

Dukungan antarmuka yang konsisten, mempermudah dalam menentukan pedoman desain yang jelas dan lainnya memberikan aturan yang sesuai bagi para mengembangnya sehingga proses akan cepat terselesaikan.

Elementary OS dibekali dengan aplikasi bawaan yang hebat, terbaru dan juga stabil, membuat penggunanya terasa nyaman dan bebas gangguan dengan antarmuka minimalis yang  berfokuskan pada aplikasi.

7.  Zorin OS

zorin os

Memiliki antarmuka yang mirip Windows, Zorin di bangun dengan tujuan untuk memberikan kemudahan pada para pengguna windows untuk mendapatkan hasil maksimal dari linux.

Selain itu, bagi para pengguna MacOS Zorin dinilai memiliki kemiripan yang cukup familier dan membuat pengenalan dalam penggunaannya seperti bukan lagi terjun untuk pertama kali.

Ya, jika kamu profesional dengan windows namun amatir untuk linux, maka mencoba perlahan dengan Zorin akan membuat semuanya terlihat lebih baik dalam memahami Linux seperti apa.

8. Fedora

fedora

Fedora cukup terkenal sebagai pilihan kedua selain Ubutu, memiliki fitur yang mudah untuk digunakan dengan sistem operasi yang handal dan stabil.

Dilengkapi degan sistem keamanan yang unik dan Firewall yang kuat, mampu menghempaskan segala macam ancaman yang masuk pada perangkat.

Dengan antarmuka yang sangat menarik, Fedora  juga di kenal mampu meningkatkan kecepatan internet menjadi lebih baik.

Fedora menjadi salah satu Distro Linux Populer yang aman, stabil, ringan dan mendukung berbagai jenis arsitektur seperti IBM Z, AMD 32  sampai 64 bit, Intel i686, ARM dan banyak lainnya.

9. Deepin

deepin linux

Deepin memiliki lingkungan Desktop tersendiri, dengan menyediakan desain yang sederhana dan elegan, Kesederhanaan tersebut membuat deepin ramah untuk penggunanya terutama bagi para pengguna awal yang masih meraba dalam mengenali sistem tersebut seperti apa.

Deepin memiliki toko aplikasi tersendiri yang terlihat lebih baik daripada App store milik Ubuntu, dengan berbagai pilihan kategori yang dapat di instal dan di updgrade.

Tampilan yang mudah, sejalan dengan proses pemasangan yang dapat dilakukan kostum dengan memilih Hard Drive mana yang akan di pasang, seperti bootloader dan partisi.

10. Solus

solus linux

Solus dibuat oleh komunitas yang bertujuan menyediakan sistem operasi terbaik untuk kebutuhan komputer pribadi. Dibekali dengan dukungan peralatan untuk membuat ata melihat konten, Bermain Game, dan lebih banyak fitur tanpa harus menunggu perilisan berikutnya.

Solus menjadi Distro serbaguna yang dapat digunakan dengan mudah, stabil dan mendukung perangkat keras pada seri yang lebih lama.

Beberapa pilihan dari Distro Linux populer dapat menjadi alternatif dari penggunaan windows yang membutuhkan lisensi resmi. Jangan khawatir ketika belum terbiasa menggunakannya, pilih Distro linux yang memiliki kemiripan dengan windows sebagai langkah awal mengenalinya.

Jadi Distro Linux mana yang kamu minat untuk dicoba? beberapa lainnya yang tidak disebutkan seperti RedHat, OpenSuse dan Kali linux juga cukup populer pada penggunaan yang khusus jadi tidak sembarangan orang memakainya.

Tinggalkan komentar