Apa itu Cisco Packet Tracer dan Cara menggunakannya

Cisco Packet Tracer adalah salah satu aplikasi media simulasi Jaringan Komputer yang akan mengenalkan pengguna pada pengetahuan perangkat dasar, konfigurasi tingkat lanjut, dan pembangunan skema Jaringan yang dapat menjadi Blue Print pada kasus sebenarnya.

Secara mandiri, Pengguna dapat mempelajari berbagai perangkat jaringan dan melakukan konfigurasi di dalamnya  tanpa harus memiliki tiap perangkat yang dibutuhkan secara langsung.

Apa yang dapat di tampilkan sangat luar biasa, berbagai gambaran bagaimana suatu jaringan terhubung di area lokal, kantor, kota atau benua dapat di simulasikan.

Simulasi yang di tawarkan dapat menjadikannya sebagai media latih untuk mengenal jaringan dan bagaimana perangkatnya dapat terhubung satu sama lain ataupun sebagai Studi kasus pada masalah sebenarnya.

Kenali Fitur Luar biasa Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer dapat di jalankan pada perangkat secara gratis dengan menggunakan akun tamu dengan memilih guest, atau login menggunakan akun Cisco yang telah dibuat sebelumnya pada saat membuka aplikasi pertama kalinya.

cisco packet tracert

Jendela aplikasi akan terlihat area canvas yang digunakan untuk wilayah kerja, seperti menambahkan perangkat komputer, Laptop, Wifi, Perangkat Mobile, Hub, Swich, Router, Media transmisi seperti kabel beserta jenisnya dan masih banyak lagi.

Sangat mudah menggunakannya, Pengguna dapat memilih perangkat yang ingin ditambahkan pada area kerja, klik pada icon perangkat pilih jenis dan perangkat berhasil ditambahkan, atau bisa menggunakan drag langsung jika lebih menyukainya.

Selebihnya membutuhkan pengetahuan konfigurasi perangkat jaringan pada umumnya dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Perangkat yang telah di tambahkan dapat di atur secara mandiri agar dapat terhubung satu sama lain, layaknya perangkat sebenarnya, pengguna perlu menyalakan tombol ON terlebih seperti pada Router.

Menambahkan Hardware tambahan seperti penambahan LAN Card pada Komputer, Jumlah Port pada Swich dapat di lakukan.

Selain itu simulasi koneksi yang dibuat bisa dilakukan dari perangkat lain dengan menggunakan SSH, layaknya pada kasus nyata yang biasa dilakukan oleh para teknisi.

Baca juga: Apa itu Jaringan Komputer Dasar (Fundamental)

Integrasi dengan Cisco NetAcad

NetAcad atau Cisco Networking Academy adalah salah satu media pelatihan atau kelas belajar jaringan komputer dan ilmu teknologi lainnya yang dibuat oleh Cisco.

Integrasi keduanya memungkinkan pengguna dapat menyelesaikan tantangan dari modul pembelajaran, misalnya kelas Networking fundamental yang biasanya menggunakan Packet Tracer sebagai tugas dan ujiannya.

Selain itu sertifikasi seperti CCNA, CCNA Security dan CCNP  turut melibatkan Cisco Packet Tracer sebagai media ujiannya.

Apa yang dapat di ketahui lebih banyak adalah dengan mencobanya secara langsung, berikut kelebihan dari Cisco Packet Tracer.

1. Dapat digunakan sepenuhnya secara gratis dengan user tamu atau menggunakan user login akun Cisco yang di miliki.

2. Dukungan Perangkat jaringan yang banyak seperti komputer server/client, Laptop, Perangkat mobile, Hub, Repeater, Swich, Router yang tak terbatas sehingga mampu mendukung implementasi jaringan yang luas.

3. Perangkat dapat di Konfigurasi untuk menentukan wilayah Networknya, misalnya seperti IP Address, Gateway, DNS, Netmask, VLAN, Routing, Swich trunk dan banyak lainnya.

4. Mendukung simulasi koneksi jaringan antar perangkat, seperti mengecek apakah sambungan transmisi kabel dan konfigurasi sudah benar atau tidak

5. Memberikan gambaran nyata sebelum mengimplementasikannya secara langsung, hal tersebut guna memperkecil kesalahan dan mempercepat pembangunan jaringan komputer yang akan dibuat.

6. Terintegrasi dengan Cisco Networking Academy (NetAcad), yang membuatnya mampu di jadikan sebagai bahan ajar atau sertifikasi.

7. Jaringan komunitas serta support yang luas sehingga bagus untuk mengenal dan mempelajarinya.

Tak hanya seorang siswa yang ingin belajar, teknisi sampi profesional kerap menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer untuk mendukung kebutuhan yang sangat  luar biasa dalam simulasi Networking.

Realisasikan skema jaringan yang akan kamu bangun tanpa harus bingung dan mengandai-andai berapa jumlah komputer, panjang kabel bahkan penempatan perangkat tepatnya bagaimana.

Buat sebuah blue print sebelum mengimplementasikannya pada medan sebenarnya akan sangat membantu dalam perencanaan penggunaan bahan dan peralatan yang di butuhkan, sehingga dapat menekan pengeluaran biaya yang besar.

simulasikan dan pilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhanmu, pelajari lebih lanjut tantang Cisco Packet tracer pada halaman resminya

Tinggalkan komentar