Cara Upload video Youtube Di PC dan Smartphone

Bagaimana cara upload video youtube lewat laptop atau smartphone? Berbagi video di platform youtube menjadi cukup populer belakangan ini,  dapat dilihat dari banyaknya kreator baru bermunculan.

Proses pengunggahan Video bisa dibilang bukan hal rumit, panduan yang diberikan oleh layanan sudah cukup jelas, namun bagi pengguna awal akan selalu ada pertanyaan bagaimana untuk melakukannya.

Jangan khawatir simak pembahasan berikut mengenai cara upload Video Youtube.

Cara Upload Video Youtube Lewat Laptop atau HP

Apa yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah file video yang akan di unggah. Selanjutnya dapat mengunjungi halaman youtube, proses dapat dilakukan dan penyetingan hak akses dapat disesuaikan, secara garis besar berikut tahapannya:

Proses Awal, Unggah File dari Komputer/Handphone

1. Kunjungi halaman Youtube, dengan mengketikan kata kunci pada mesin pencari youtube.com, atau menggunakan aplikasinya pada smartphone ( youtube  / youtube kreator studio / bisa menggunakan broser chrome).

2. Silakan buka halaman channel kamu, jika belum harus maka membuat salurannya terlebih dahulu

3. Selanjutnya menuju Icon Video yang berada di pojok kanan atas, yang memuat menu upload dan siaran langsung. Lihat pada gambar di bawahupload vide ke youtube

4. Pilih file yang akan di unggah, bisa dilakukan dengan pencarian pada folder atau mendragnya langsung ke area permintaan unggah.

5. Tunggu proses pengunggahan,  sambil melengkapi informasi lengkap atas video tersebut.

Baca juga: Cara setting OBS studio untuk Record atau Streaming

Lengkapi Deskripsi dan Buat Thumbnail

Melengkapi detail informasi dari video, di sana terdapat Title (judul) yang menjadi kata kunci dari bahasan utama. Kolom deskripsi yang harus diisi dengan penjelasan secara garis besar dari video atau pesan yang ingin disampaikan.

Scroll ke bawah temukan pilihan Thumbnail, itu merupakan tampilan depan yang akan dilihat oleh viwer, jadi sangat direkomendasikan untuk membuatnya semenarik mungkin.

Pengguna dapat mengubahnya dengan mengunggah file gambar dari perangkat atau bagian penggalan dari video tersebut.

upload vide ke youtube untuk pemula

Selanjutnya pada menu playlist pengguna dapat mengkategorikan video yang diunggah dalam sebuah album, fungsinya untuk mengelompokan konten yang memiliki tujuan atau bahasan yang sama.

Pada aturan baru pengguna harus menentukan konten audiensi, apakah diperuntukkan untuk anak-anak atau tidak, jika tidak pilih no, its not made for kids.

Masuk pada pengaturan lanjutan, di sana lebih mendetail di mana menu penggunaan bahasa, tag, kategori, waktu, komentar, lisensi dan lainnya dapat disesuaikan berdasarkan deskripsi video.

Bukan hal yang rumit kamu hanya memilih beberapa dari pilihan formulir atau button menu.

Kombinasikan Elemen Video

Pada menu ini kamu dapat membuat interaksi pengguna terhadap video yang dibuat, dengan cara membuat kartu rekomendasi seperti daftar putar, dengan menautakan link video yang lain akan membuat experience atau pilihan rekomendasi kepada viwer sebagai penguat atau impress konten yang cukup baik.

kartu video youtube

Mempromosikan link Channel yang lain, menjalin kerja sama dengan saling merekomendasikan saluran dapat dilakukan dengan menu elemen kartu ini, selain itu dapat mengajak viwer berinteraksi dengan menampung pendapat atas pilihan pertanyaan yang dilontarkan.

Jika merasa bingung atau tidak tahu apa yang mau di kombinasikan, silakan bisa melewati tahap ini dan melanjutnya ke tahap berikutnya.

 Tahap Hak Akses dan Publikasi Video

Pada menu visibilitas pengguna dihadapkan dengan hak akses video yang di unggah, misalnya menginginkan untuk dilihat oleh semua orang maka dapat memilih publik pada area publikasi.

Namun jika hanya sebagai konsumsi pribadi dan orang-orang tertentu dapat memilih publikasi tidak terdaftar atau Unlist, dan lebih private lagi hanya untuk diri sendiri pilih pribadi.

publikasi youtube

Hal tersebut dapat membedakan tingkatan penggunaan setiap individu, ingin menjadikannya sebagai media publikasi atau penyimpanan aset dan histori saja. Namun kebanyakan memilih publik agar video mereka dapat dilihat oleh orang lain.

Pada menu visibilitas, pengguna dapat menentukan susunan acara atau tanggal kapan video akan terpublish. Jika tahapan sudah dilakukan klik tombol untuk menyimpannya.

Video yang telah tersimpan dapat atur ulang kembali, memberikan hak akses dan publikasi yang berbeda dapat dilakukan. Kualitas video yang disajikan tergantung dari file yang di unggah, semakin bagus maka otomatis memberikan berbagai pilihan seperti 144p, 360p sampai tertinggi.

Cukup disarankan untuk mengunggah video dengan kualitas tinggi, untuk memberikan pilihan kepada viwer sesuai keinginan dan kesanggupan akses internet mereka. Bagaimana artikel upload video youtube ini membantumu, atau temukan lainnya tentang memahami perbedaan kualitas video youtube dan kebutuhan kouta internet yang akan terpakai.

Jika menggunakan perangkat mobile seperti android, disarankan memasang aplikasi Youtube kreator studio agar mudah untuk memanjemen video di chanel kamu.

Lihat bagaimana cara membuat video untuk youtube dengan OBS Studio dan melakukan konversi format dengan Handbrake pada hasilnya.

Tinggalkan komentar