Cara Setting Stream Deck untuk OBS & Streamlabs

Stream Deck merupakan salah satu alat tambahan yang dapat membantu para steammer dalam mengintegrasikan software streaming mereka seperti OBS studio maupun streamlabs dengan sebuah tombol ajaib, pendekatan kali ini membawa kita bagaimana setting stream Deck dengan mudah.

Mampu berpindah jendela satu ke yang lainnya dengan cepat tanpa harus di oprasikan langsung pada layar dekstop, layaknya seperti remote Televisi yang bertindak sebagai kontrolel untuk merubah atau kembali pada sajian chanel yang ingin di tonton atau disiarkan.

Stream Deck bisa di bilang barang yang mewah untuk para streammer dengan kisaran harga mulai Rp. 2.000.000 pada beberapa seri, sebanding dengan harganya fitur kemudahan akan di peroleh dan membuat siaran konten streamingmu menjadi lebih profesional.

Kelebihan menggunakan Stream Deck

Hal menarik saat stream deck berada pada satu meja bersanding dengan layar monitor, orang yang berkungjung mungkin akan melihat hal yang baru dan luar biasa, lebih mendalaminya perangkat satu ini mampu memberikan pelayanan managemen multimedia yang lebih baik

1. Ambil kendali sistem dan terpusat

Integrasi software streaming, media konten utama, maupun audio dalam broadcasting dapat di kunci pada tombol LCD Streamlabs, jumlah tombol yang cukup lebih dari 15 dan pada seri XL berjumlah 24 tombol LCD yang dapat di konfigurasi sesuai kebutuhan.

Terkendala dengan tombol cepat keyboard yang terkadang kamu lupa karena harus menghapalnya satu – satu, maka streamlabs dapat menyederhanakan dan menghilangkan kebiasaan itu cukup dengan satu tombol dengan icon menarik, membuat pengolahan lebih mudah pada tiap scane.

2. Buat Pintasan yang lebih cepat

Kendali pada software broadcasting membuat interaksi harus di lakukan pada wilayah scane yang akan di tampilkan, akan sangat repot ketika membuka jendela lainnya dan harus kembali, stream deck membuat perpindahan scane dalam satu kedipan mata, tak perlu berganti jedela aplikasi.

kumpulan video, gambar yang berada pada scane berbeda mampu di organisir dengan baik dengan transisi yang lebih cepat, permudah juga akses komunikasi publik pada platform streaming dengan pintasan ini, klik tombol untuk langsung mengarahkannya pada dashboard utama, tanpa perlu mengetikan alamat urlnya.

3. Interaksi yang lebih Hidup dan Aktif

Lihat bagaimana alat yang satu ini membuat dukumentasi konten yang tampil terjadi dengan begitu hebat, perubahan nama pada tiap momen, ucapan terimakasih pada penonton maupun menampilkan tayang ulang dapat terjadi dengan cepat.

Penonton akan di bawa pada tampilan luar biasa seolah-olah menganggap terdapat banyak tim pendukung dengan pembagian tugas yang menyiarkan konten streaming ini, padahal hanya ada satu orang saja di balik layar.

Cara setting Stream Deck

Proses penyiapan alat sampai siap digunakan terbilang cukup mudah, beruntung penulis kali ini berkesempatan mencoba Stream Deck XL dan membagikan pengalamannya, berikut ulasannya:

1. Siapkan perangkat Stream Deck, hubungkan dan nyalakan ke peranagkat dekstop yang di jadikan broadcasting utama.

2. Pada awal pemasangan, maka kita memerlukan driver untuk dapat mengatur perangkatnya, download di web storenya elgato silahkan sesuaikan tipe Stream Deck yang di miliki, pada kasus ini versi XL untuk sistem operasi windows 10

streamdeck download

3.  Lakukan proses instalasi seperti aplikasi lainnya sangat mudah, jika sudah buka dan jalankan

4. Pada tampilan awal, terdapat satu tombol LCD “welcome” yang akan mengarahkan pada halaman pengenalan perangkat

cara setting stream deck obs

5. Untuk menambahkan tombol pintasan yang terintegrasi dengan obs cukup mudah, pada jendela aplikasi sebelah kanan pilihan tersedia pengguna hanya perlu mendragnya ke posisi tombol yang di inginkan.

6. Jika tidak tersedia dapat menambahkan pada store, dengan klik more action pada menu button di jendela bawah sebelah kanan dari layar

7. Kita akan coba demokan dengan menambahkan beberapa scane fungsi dari streamlabs obs ke stream deck, menambahkan salah satu scane, atur nama dan nama scane yang di pilih sesuaikan dengan software broadcastnya.

menambahkan scane stream deck

8. Sesuaikan dengan jumlah tombol yang diperlukan, tambahkan suara inputan, gambar atau media lainnya termasuk halaman web yang di perlukan, buat semuanya dalam satu wadah yang sama.

setting stream deck streamlabs

Langkah setting stream deck ini dapat di lakukan dengan mudah sesuai petunjuk di atas, tidak hanya untuk streamlabs, software obs studio dapat disesuaikan dengan konfigurasi yang sama, silahkan di ekplor setiap menunya.

Menyajikan konten lebih menarik dan lebih mudah dengan profesional mampu di lahap menjadi satu, kelebihan ini bisa di maksimalkan dengan paduan konten streammer yang menarik.

Bagiamana ulasan cara setting Stream Deck untuk obs atau Streamlabs ini menurutmu? lihat kelebihan streamlabs di bandingkan obs studio atau pelajari lebih dalam tentang fitur menarik lainnya mengenai virtual camera yang ada di software tersebut.

Tinggalkan komentar