Cara Setting OBS Studio untuk Record atau Streaming

Hai, apa kamu sedang bingung bagaimana cara setting OBS studio untuk memulai proyek rekaman atau siaran langsung?. Tenang, kita akan mengetahui bagaimana cara mensetting OBS Studio, baik untuk kebutuhan rekaman atau siaran langsung youtube, Twich, Facebook Gaming dan serupa lainnya.

Berikut adalah langkah yang dapat kamu coba dalam menyesuaikan beberapa pengaturannya, seperti audio, video dan visualnya.

Cara Setting OBS Studio Pengguna Awal

Sebagai pengguna baru, memang akan terasa sulit memahami beberapa fungsi tool yang disediakan, untuk itu konfigurasi pengaturan dasar, dapat kalian coba sebagai langkah awal:

  1. Silakan Pasang OBS terlebih dahulu pada perangkat PC kalian, jika belum dapatkan aplikasi secara gratis di web Obs project.
  2. Buka Software OBS studio, dan persiapkan bahan-bahan konten yang akan dibuat menjadi sebuah video.

    obs studio home basic

  3. Lakukan penyesuaian penyetingan hasil output terlebih dahulu dengan cara pilih file >> settings
  4. Pertama, Pilih Audio untuk menyesuaikan Inputan Suara, ada beberapa fungsi menu yang dapat kalian perhatikan, General setting, Device input/output, sampai hotkey (Tombol cepat). 

    audio obs settings
    Pada Menu General kalian dapat menyesuaikan tingkat stereo dan rate, untuk itu sistem pada obs telah menyesuaikannya dengan keadaan perangkat.

    Selanjutnya pada menu device kalian dapat merubah inputan suara pada Desktop audio, dan mic audio jika menambahkan microphone tambahan.
  5. Kedua, Video Tersedia menu resolusi dari kanvas dan bagian dari layar Desktop yang ingin ditampilkan beserta FPS (frame per Second), settingan akan terisi otomatis menyesuaikan dengan keadaan hardware, jadi pengaturan default direkomendasikan.

    video obs

Menambahkan Media Source Di OBS

Penambahan media soure menjadi kunci untuk menampilkan objek dari tampilan jendela lain, misalnya seperti jendela Aplikasi Microsoft Word, PowerPoint, pdf, Web Browser, camera, screen Display atau media lainnya.

1. Menambahkan Tampilan Screen Display window

Menangkap seluruh aktivitas pada layar dan mengikutinya, dapat kamu lakukan dengan cara menambahkan Source >> pilih icon “+” >> Display capture >> dan OK.

cara setting obs studio display

Namun jika display tidak bisa ditampilkan, dapat ikuti instruksi cara mengatasi display capture blank atau black screen

2. Cara Setting OBS Studio Untuk Media source

Menampilkan source media salah satu contohnya kita akan coba jendela web browser google chrome. Caranya hampir serupa dengan menambahkan source >> pilih “+” >> windows capture >> Create New >> Beri Nama >> Ok >> Cari Resource chromenya >> ok

media-source

Catatan: Agar media Source yang ingin ditampilkan ada pada pilihan, silakan buka terlebih dahulu media tersebut. Misalnya buka dulu aplikasi Chrome browser agar source tersebut dapat terbaca di OBS.

3. Menampilkan source Kamera

Tampilan seorang recorder atau streamer dapat ditangkap dengan kamera layar pada perangkat laptop atau tambahan webcam. Untuk menambahkan pada obs cukup mudah, Tambah Source >> pilih “+” >> Video capture device >> Beri nama >> ok >> Pilih device yang digunakan >> ok

camera obs

Jika kalian mempunyai green screen, dapat menghilangkan background atau menggantinya dengan cara, klik kanan pada media camera yang telah ditambahkan sebelumnya >> filter >> chroma key >> sesuaikan >> ok

Swipe to Continue
advertisment

Media source dapat dikombinasikan dengan scane yang dapat ditambahkan secara unlimited. Misalnya kita ingin membuat scane ke-1 memuat source kamera dan chome dan yang kedua tampilan display layar saja.

Cara setting OBS Untuk Rekaman

Setelah pengaturan dasar sesuai, selanjutnya menyesuaikan pada settingan kebutuhan record untuk merekam proyek video dengan beberapa penyesuaian, agar menghasilkan output sesuai harapan.

  1. Tentukan penyimpanan lokasi file agar mudah ditemukan. Perhatikan betul kebutuhan file video yang ingin dibuat misalnya MKV, MP4, Fly dan ekstensi file video lainnya. Jangan Sampai setelah jadi masih harus convert karena tidak sesuai filenya.
    recording-obs-studio

Selain itu untuk kualitas video dapat diatur misalnya low atau high quality, pada menu recording quality. Setalah dipastikan semua proses perekaman dapat dilakukan dengan mengklik start recording di halaman depan.

Mengaktifkan Mode jeda

Pada pengaturan simpel, proses perekaman akan dilakukan sekali jadi, karena mode jeda tidak diikutsertakan. Mungkin jika kamu jago editing video dapat memangkas beberapa bagian dan membuang frame yang tidak dibutuhkan, bagaimana jika tidak?

Mengatasi persoalan tersebut, kita dapat menyesuaikan pengaturan ketingkat lebih lanjut dengan merubah output mode simpel ke advanced, di sana akan menemukan beberapa ramuan yang lebih rinci. Merubahnya sangatlah mudah dengan mengunjungi pengaturan > output > output mode.

obs jeda

Penyesuaian tingkat lanjut ini lebih memprioritaskan ruang kerja untuk mendapatkan alokasi fungsi perangkat dari kaca mata pengguna. Silakan lakukan penyesuaian kembali saat berganti mode seperti penyimpanan tingkat akhir, ekstensi file dan bitrate yang menandakan kualitas. 

Temukan pengaturan bitrate yang sesuai, pada uraian selanjutnya.

Cara Setting OBS Studio Untuk Streaming

Untuk melakukan siaran langsung, kalian dapat melakukan settingan standar dahulu seperti langkah di atas, setelah selesai dapat menyesuaikan beberapa pengaturan seperti: Pengaturan kualitas video yang akan ditampilkan pada menu output >> Streaming

OBS Studio stream
Disana kalian dapat mengatur tingkat bitrate dan encoder,  jika perangkat pc kalian menggunakan VGA seperti NVIDIA dapat mengalihkannya ke Hardware QSV untuk performa yang lebih baik.

Selanjutnya kalian dapat masuk ke pengaturan stream >> lalu pilih mau stream di platform mana, kita contohkan youtube >> masukan stream Keynya

yt streaming
Untuk mendapatkan stream keynya, silakan kunjungi dashboard live studio youtube di chanel kalian, jika menggunakan control room yang baru dapat membuat jadwal siarannya. Jika seri yang lama tersedia langsung di halaman panel live, akses saja youtube.com/live_dashboard

stream key copy

Rahasia Lanjay Streaming ( Rahasia )

Ada beberapa masalah yang terjadi saat streaming, seperti kualitas video stream yang patah – patah atau buffering karena akses internet yang tidak stabil. Untuk itu kita dapat menyesuaikan setingannya agar kualitas video dapat dinikmati penonton dengan lancar walau internet streamer kurang stabil. 

Kuncinya ada pengaturan bitrate untuk tampilan kualitas video dan audio, perhatikan tabel di bawah yang menjadi settingan bitrate terbaik yang pernah penulis coba berdasarkan referensi best obs setting:

birtate obs
Tabel keterangan bitrate video dalam OBS Studio
audio bitrate
Tabel keterangan bitrate Audio dalam OBS Studio

Kita dapat menggunakan Tinggi atau rendah, contohnya kita akan menurunkan ke kualitas medium untuk mendapatkan performa stabil saat streaming.

Kualitas internet yang tidak terlalu baik namun hasil video tetap bagus dengan resolusi 360p dan audio bitrate 96. untuk merubahnya silakan pergi ke Pengaturan >> Output

best audio setting obs

Meyesuaikan siaran langsung untuk gamer, dapat melihat panduan OBS untuk stremmer gammer

Setting OBS Studio untuk Powerpoint

Ada beberapa kendala saat kamu memulai perekaman, seperti menampilkan sebuah aplikasi full screen contohnya slide show powerpoint.

Oklah jika kita memiliki dua monitor, dapat melakukan duplicate screen, namun bagaimana jika satu. Menjawab permasalahan itu kuncinya, adalah kita melakukan pengaturan tampilan pada aplikasi tersebut, dengan menampilkan slide show dengan frame windows bukan full screen.

custom slide show
Pilih slide show >> Custom Side show >> pilih settingan ke window

Baca Juga: Cara mengatasi Noise Audio di OBS Studio

Kesimpulan

Ada yang perlu diperhatikan dalam cara setting OBS studio untuk keperluan stream dan recording. Tidak terlalu rumit, karena OBS sendiri telah memberikan settingan default yang telah direkomendasikan.

Manufaktur yang baik seperti penambahan VGA card akan menghasilkan kualitas video yang lebih baik. Kamu dapat mengubahnya jika video yang dihasilkan masih kurang, jadi tidak ada salahnya mencoba.

Saran, Jika proses perekaman telah dilakukan dan lupa merubah extensi file outputnya, tidak perlu melakukan perekaman ulang, silakan convert saja dengan bantuan Software Hanbrake yang dapat digunakan dengan mudah.

41 pemikiran pada “Cara Setting OBS Studio untuk Record atau Streaming”

    • jika layar obs tampil dua dihalaman muka, tandanya masuk kedalam mode studio, untuk menonaktifkannya, silakan klik mode studionya kembali.
      Posisi tombol menunya ada di blok yang terdapat start recording dan start streaming dihalaman utama.
      klik studio mode untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya

      Balas
    • Audio menjadi dua dikarenakan adanya perangkat inputan sound lebih dari satu yang aktif. Misalnya Perangkat menggunakan mic recorder dan webcam secara bersamaan, walau pada dasarnya webcam ditujukan untuk mengambil gambar, namun beberapa seri juga include dengan tangkapan suara, sehingga akan ada 2 inputan yang aktif. Hal itu mengakibatkan output suara akan terdengar seperti memiliki gema atau dua suara.

      Coba lihat pengaturan audio mixer, jika terdapat lebih dari satu audio in, silahkan pilih satu sumber utama dan nonaktifkan yang lainnya. Bisa menggesernya ke kiri menghilangkan bar biru sebagai tanda disable atau mengklik icon sound sampai silang merah. lihat gambar untuk lebih memahaminya.
      Pengaturan audio mix obs

      Balas
      • Atau misalnya menggunakan laptop. Beberapa seri laptop dilengkapi dengan tambahan audio in, sehingga, walau tanpa mic recorder inputan suara dapat terekam. mengatasinya sama silakan lihat pengaturan audio mixer dan nonaktifkan sumber yang lainnya biarkan sumber utama yang nyala.

        Balas
  1. tolong nanya nih.. saya gunakan obs untuk streaming langsung ke youtube. hasil di youtubenya noise banget.. berbintik.. kira2 setting dimana ya? atau masalah di video capturenya? thank you

    Balas
    • ada beberapa faktor yang menyebabkan suara noise saat rekaman.
      1. Kualitas mikropon yang digunakan
      2. Terdapat lebih dari satu sumber inputan audio

      mengatasinya
      1. cukup disarankan pakai mikropon tambahan yang berkualitas tidak mengandalkan perangkat bawaan jika menggunakan laptop
      2. Menambahkan filter pada sumber audio yang digunakan, lihat gambar di bawah
      Mengatasi obs audio noise
      Mengatasi Noise Audio OBS STUDIO

      Balas
  2. tolong bang saya mau bertanya nih bang, saya kan pake Obs buat record Ac odyssey nah pas record pertama gak ada masalah bang lancar dan mulus aja hasilnya bagus di 1080p60 nah pas record selanjutnya buat lanjutin gamenya tiba tiba crash bang hasilnya patah patah banget nah saya coba turunin ke 720p30 aja masih patah patah bang padahal sebelumnya di 1080p60 aja bagus banget sekarang jadi patah patah tolong bantuannya bang terimakasih banyak.

    Balas
    • Permasalahan Saat record Ac Odyssey yang lag bahkan crash dialami juga oleh beberapa pengguna, Pada forum bantuan OBS studio ada beberapa poin utama yang dapat diambil, yaitu:
      1. Periksa log dari OBS Studio untuk mengetahui permasalahannya
      2. GPU (Graphics processing unit) kelebihan beban, Pastikan membatasi FPS atau mengaktifkan vsync di game yang dimainkan untuk menghindari GPU menjadi maksimal.
      3. Game yang dimainkan dengan CPU yang terlalu maksimal (90-100%) dapat menyebabkan masalah saat merecord, karena sumber daya habis oleh game dan itu sangat sensitif untuk pengkodean video.

      Balas
  3. bang, obs saya di sambung ke mixer yamaha mg10xu. mixernya ada dua dan dibikin paralel (kebutuhan tambahan channel). udah jalan audionya dari obs ke mixer, tapi SELALU MUNCUL SUARA BERISIK setiap 4 menit-an. sangat mengganggu telinga dan muncul juga di hasil recording. mohon pencerahannya. terima kasih

    Balas
  4. maaf dede, saya coba menggunakan OBS untuk membuat video kuliah, tapi bgitu saya menggabungkan dengan slide powerpoint saya, dengan window capture, slide powerpointnya nggak muncul, yang keluar hanya layar warna putih. itu kenapa ya

    Balas
    • Tangkapan Layar powerpoint yang blank putih, karena media source obs disetting untuk menangkap aktivitas dari halaman muka aplikasi power point saja. Sehingga ketika fitur slide show di tayangkan obs akan bingung untuk membaca aktivitasnya, terlebih lagi jika telah membuka beberapa file presentasi secara bersamaan. Mengatasinya bisa mengikuti langkah berikut:

      1. Baiknya membuka terlebih dahulu file yang akan ditampilkan, dan Custom slideshownya diatur mengikuti batas tampilan jendela windows. Slide show > Set UP slide show
       mengatur tampilan slide show
      2. Buka OBS Studio > Klik icon ” + ” pada source > pilih Windows Capture > Beri nama source > Arahkan pada slide show power point yang akan ditampilkan > Sesuaikan tampilan jendelanya > Mulai record
       menambahkan slide show powerpoin di obs

      Balas
  5. Mau tanya bang apakah wajar ataukah bisa di tanggulangi,latency saat lige streaming facebook,ada latency 10-20 detik di facebook dan obs,mohon masukannya apakah bsa di buat realtime seperti live facebook biasa.

    Balas
    • Menemukan Letency pada OBS menjadi kekurangannya tersendiri, letency 10-20 detik itu masih normal, lainnya kebanyakan mendapatkan sampai 30 detik. Sayapun telah mencoba mengurangi angka letency dengan beberapa racikan, namun sayangnya belum menemukan formula yang pas.

      Balas
  6. Mau tanya mas,entah ini obs saya yg eror atau gmana. Sbelumnya audio saya bisa terpisah tu antara mic sama desktopnya. Nah sekarang tiba2 salah satu nya tuh ada yg gk keluar suaranya. Padhal trek audio gk saya utak atik. Msih sama saya centang 2 buat record. Kalau saya pindah trek yg desktop ke trek 1 bsa keluar suaranya tapi yg trek 2 buat micnya malah gk da suara. Begitu juga sebaliknya. Itu masalahnya apa ya mas. Trimakasih

    Balas
    • Bisa di lihat ke setiingan Audionya, atau volume yang digunakan untuk masing masing inputan. Jika sebelumnya bisa coba lakukan update OBS jika tersedia atau memasang ulang jika memamng terjadi eror.

      Balas
    • hasil rekaman yang sudah diselesaikan tidak bisa diperbaiki secara langsung, bisa diperbaiki dengan bantuan software video editing seperti AVS,atau \ Filmora dan memasukan inputan suara yang sesuai. Solusinya terbaik, lakukan rekaman ulang dan pastikan kembali sumber inputan dari source telah aktif dan bekerja sebelum melakukannya.

      Balas
  7. Mau tanya mas, kenapa hotkeys nya ga bisa dipake saat streaming, padahal sudah di set. Jadi saya coba streaming game, terus pas mau start atau stop streaming musti pencet alt+tab dulu buat pindah dari tampilan gam ke tampilan sofware obsnya baru bisa start/stop streaming. Ada settingan ga bisa bisa langsung start/stop streaming pas lagi di dalam game.

    masa tiap kali mau start/stop streaming musti alt+tab mulu.

    Makasih bang

    Balas
    • Hal ini bisa terjadi karena game pasti menampilkan tampilan full screen sehingga perlu akses sistem yang lebih tingi, Mengatasinya dengan membuka OBS Studio dengan Akses Administrator, klik kanan pada aplikasi > Run as Administrator.

      hotkey Obs administrator

      Balas
    • Sangat bisa, tampilan layar bisa disesuaikan frame yang ingin ditampilkan, caranya :
      1. Pilih media source yang telah ditambahkan contoh chrome
      2. Buka kunci pada source, tarik dan sesuaikan pada layar project
      3. kunci kembali setelah melakukan perubahan

      Balas
  8. KAK MAU TANYA, KENAPA SETELAH LIVE STREAM MENGGUNAKAN OBS, SUARA SUARA SEPERTI SUARA VIDEO, YOUTUBE, DLL TIDAK TERDENGAR? PADAHAL SEBELUMNYA SUARA SUARA TERSEBUT NORMAL DAN TIDAK ADA MASALAH, SETELAH MENGGUNAKAN OBS UNTUK LIVE,,, SUARA SUARA TERSEBUT MENJADI TIDAK TERDENGAR, ( SANGAT KECIL ). BAGAIMANA CARA UNTUK MEMBUATNA NORMAL KEMBALI? MOHON BANTUANNYA YA KAK,,, SECEPATNYA,

    Balas
    • Kemungkinan driver sound pada perangkat mengalami malfungsi, beberapa kerap terjadi, pada perangkat dengan sistem operasi windows 10 bisa melakukan reboot atau nyalakan ulang kembali, dan baiknya update driver yang digunakan atau pasang yang masih fresh

      Balas
    • Swicher dapat digunakan, namun sistem OBS hanya akan menampilkan satu sumber dalam satu waktu, mungkin bisa menggunkan beberapa scane untuk menampilkan view berbeda dari beberapa sumber kamera

      Balas
  9. Mau nanya dong?kalo untuk setting output resolusi supaya resolusi minimal yg bisa ditonton 240 dimana ya?karena saya live streaming resolusi minimal nya pasti 360 atau cuma 2 resolusi yg keluar, misal 360 sama 720, 360 sama 1080, resolusi lain nya supaya bisa keluar gimna ya?
    Terima kasih bang

    Balas
  10. Halo Kak….

    Kenapa ya setiap PC saya setelah mengalami windows update, Sound di OBS selalu tidak muncul… namun d frequensi terdeteksi. settingan tidak ada yg berubah, namun tetap tidak muncul suara. jadi setiap PC saya mengalami windows update saya juga selalu Uninstal OBS.

    Kira2 bagaimna mengatasinya ya kak?

    Balas
    • Hallo,

      kemungkinan proses update tidak berjalan dengan baik, artinya ada beberapa driver dan sistem service yang tidak terproses secara benar oleh sistem, hal itu biasa terjadi kepada pengguna yang tidak menggunakan windows original maupun lisensi keynya, mengatasinya bisa coba update driver sound secara manual atau memasang ulangnya kembali.

      Baiknya lakukan restart terlebih dahulu ketika menemukan sistem yang malfungsi pada windows, beberapa kasus akan terselesaikan ketika komputer kembali booting (menyala).

      Balas
  11. Namun hanya di OBS saja… ketika saya putar musik biasa suara tetap kluar.

    saya sudah coba restart bbrapa kali pun, suara yg d obs tetap tidak keluar

    Balas
    • Coba cek kembali pengaturan sound pada obs apakah terdisable atau tidak, lihat pada pengaturan settings > sound , pastikan juga pada source inputan sound yang digunakan menyala yang ditandai dengan icon sound active.
      sound tidak menyala

      jika masih bersamalah, bisa lihat Q & A pada forum OBS mengenai permasalahan serupa Sound not working

      Balas

Tinggalkan komentar