Cara Mudah Menggunakan VPN di PC dan Android

Virtual Private Network menjadi upaya proteksi terhadap lalu lintas data ketika memasuki layanan internet publik, oleh karenanya sangat penting mengetahui bagaimana cara menggunakan VPN.

Konsep keamanan yang di berikan seperti membuat sebuah terowongan pribadi sebagai jalur akses antar koneksi terbuka.

Hal pribadi sangatlah baik untuk tetap terjaga kerahasiannya, VPN memfasilitasinya dengan memberikan akses pengguna jaringan seolah-olah berada pada jaringan lokal milik sendiri walau lalu lintas terjadi di area publik.

Menggunakan layanan VPN, pengguna harus memiliki Server akses dengan konfigurasi dan alamat IP publik sebagai Pusat Koneksi.

Tentu proses pembangunan cara tersebut akan menguras energi dan pemikiran jika tidak di lakukan oleh seorang profesional yang ahli di bidangnya.

Jangan menyerah untuk suatu hal yang besar, Tersedianya layanan Private Network dari pihak ketiga membuat semuanya menjadi lebih mudah, Contohnya seperti NordVPN, ExpressVPN dan banyak lainnya.

Ragam penawaran harga di lontarkan kepada konsumen, namun ada juga yang membrikan layanannya secara gratis dengan batasan tertentu.

Cara menggunakan VPN di PC /Komputer /Laptop

Pemilihan Layanan Private Network menjadi penentu bagaimana sistem itu memberikan koneksi Keamanan dan kerahasiaan.

Demo kali ini kita akan mencoba mengoneksikan perangkat ke Layanan VPN gratis untuk kebutuhan Pribadi yang dapat digunakan untuk uji coba merubah IP publik dari layanan penyedia, Membuka situs yang terblokir dalam konteks yang positif.

1. Pasang Aplikasi VPN dari pihak ketiga misalnya(OpenVPN, Touch VPN), kita akan demokan Touch VPN

2. Touch VPN bisa di dapatkan di Chome web store, ketikan kata kunci tersebut untuk mencarinya.

touch VPN

3. Tambahkan Sebagai ekstensi tambahan agar bisa di gunakan

add to chrome Touch VPN

4. Untuk menggunakannya, Klik ekstensi yang telah di tambahkan > Connect, jika berhasil tampilan akan di hiasi warna lampu hijau, untuk menghentikannya klik stop

connect touchVPN pv

5. Proses selesai, untuk mengecek apakah koneksi VPN terhubung dengan mengecek alamat IP publik setelahnya berubah bukan lagi di kenali dari layanan penyedia internet yang di pakai. Ketik whats my IP address pada mesin pencari dan lihat hasilnya.

Baca juga: Cara Melihat IP Address Komputer, Android dan wifi

Menghubungkan VPN di Android

Serupa dengan koneksi yang di lakukan pada perangkat PC, proses terbilang mudah dengan memanfaatkan layanan dari pihak penyedia secara gratis sebagai bahan uji coba.

Pada Android sendiri aplikasi layanan Private Network cukup banyak tersedia seperti Touch VPN, Turbo VPN, HMA,  Orbot dan banyak lainnya.

Demo yang akan di lakukan masih sama dengan mencoba menggunakan Touch VPN dan mengoneksikannya kepada perangkat.

1. Pasang dan dapatkan aplikasi yang tersedia di Google Playstore dengan kata kunci Touch VPN

touch VPN Android

2. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi dan sambungkan

sambungkan VPN di android

3. Sama seperti pada versi PC, jika berhasil maka tampilan akan dihiasi oleh ornamen warna hijau dan untuk menghentikannya klik stop.

4. Cek kembali IP publik yang digunakan pada web browser untuk memastikan koneksi berhasil di lakukan.

5. proses selesai

Kekurangan dari VPN gratis adalah Server yang terbatas dan terkadang susah koneksi jika penuh, selain itu tidak bisa memastikan keamanan privasi dan penerapan teknologi terbarukan terpasang atau tidak.

Efek samping dari penggunaannya sendiri, berdasarkan pengalaman pribadi terkadang kondisi jaringan utama akan mengalami kebingungan setelah selesai menggunakan layanan private tersebut.

Mengakibatkan koneksi dari data seluler tidak bisa di pakai, cara memperbaikinya dengan merestart HP agar sistem kembali normal, dan terkadang perlu juga untuk mereset modem wifi pada kasus tertentu.

Sebagai bahan uji coba dan pemakaian yang wajar, beberapa layanan VPN Gratis bisa menjadi pilihan pengguna. Silakan gunakan untuk hal bijak jangan hal yang negatif seperti mengakses situs yang  memang sudah seharusnya tidak boleh diakses.

Pada beberapa kasus lainnya, website terverifikasi tidak dapat di akses  melalui jaringan dari layanan internet provider, oleh karenanya orang-orang sering menggunakan VPN agar tetap bisa mengaksesnya.

Peralihan IP sementara ke akses negara lain kerap di pilih untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ada baiknya untuk kebutuhan yang tinggi dan resmi seperti perusahan, baiknya menggunakan layanan VPN berbayar misalnya seperti nordvpn,VPN express dan penyedia lainnya.

Ambil bagian dalam menjaga keamanan data pribadimu secara private, dengan akses terowongan pada jalur internet dengan VPN yang terpercaya.

Tinggalkan komentar