Cara Menutup Aplikasi Windows 10 yang tidak Bisa di Close

Bagaimana menutup aplikasi windows 10 yang berhenti tiba-tiba atau stack? Tunggu dulu! jangan di muat ulang pada sistem atau hard reset saat kamu menemukannya.

Ada cara yang lain untuk menyelesaikan kasus tersebut dengan aman. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan menjadi jawaban atas permasalahan aplikasi yang hang, not responding dan lainnya.

Mau tahu bagaimana? silakan simak tutorialnya di bawah

Cara Menutup Aplikasi Windows 10 dengan Task Manager

Selain menutup jendela secara langsung dengan tombol silang pada layar aplikasi, pengguna dapat memanfaatkan akses task manager untuk memanajemen proses yang berjalan dan berhak menghentikannya.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi kasus aplikasi yang susah di tutup atau aplikasi yang menggandakan proses dan menghabiskan alokasi memori.

Langkah awal kamu dapat menekan tombol kombinasi alt + F4,  jika tidak bisa silakan ikuti langkah berikut:

1. Silakan buka task manager, dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+alt+delete di halaman depan Desktop.

task manager
Buka task manager

2. Selanjutnya kita akan ditampilkan proses memori yang sedang digunakan, terdapat aplikasi yang dibuka apa saja dan layanan lainnya. Pilih pada menu apps >> klik pada aplikasi yang ingin di tutup >> end task.

Kita akan coba menutup aplikasi winrar

cara menutup aplikasi windows 10 - task manager
menutup aplikasi dengan task manager

3. Tombol end task akan mengakhiri penggunaan memori untuk aplikasi tersebut, ya bisa dibilang ini pelepasan secara paksa namun lebih baik dari pada hard reset.

4. Selesai, masalah berhasil diatasi.

Baca juga: Cara memperbaiki task manager disable by administrator Windows 10

Alasan Mengapa Aplikasi susah ditutup

Kalian pasti bertanya-tanya mengapa aplikasi terkadang susah ditutup? hal itu terjadi karena layanan pada aplikasi tersebut terdapat bug, proses instalasi yang tidak sempurna, paket aplikasi diperoleh bukan secara resmi dari pengembang, Kompatibel aplikasi dengan perangkat keras yang terlalu memaksakan, dan kesehatan sistem operasi yang digunakan.

Beberapa kasus terjadi aplikasi yang diperoleh bukan dari pengembang secara langsung dan keadaan perangkat keras yang tidak seimbang dengan rekomendasi aplikasi tersebut.

Oleh karenanya beberapa masalah tersebut hendaknya diperhatikan secara cermat agar tidak terjadi hal serupa.

Selain itu jika keadaan perangkat keras yang digunakan memiliki speks yang standar ada baiknya tidak terlalu banyak membuka jendela aplikasi, agar memberikan kelegaan pada memori untuk melakukan proses.

Tips Agar Tidak Terjadi hal Serupa

Selain memperhatikan keadaan dukungan perangkat keras terhadap aplikasi, ada beberapa hal yang dapat kalian terapkan berdasarkan ulasan penulis:

1. Gunakan sistem operasi asli walau lisensinya masih gratisan, jadi hati-hati karena ada beberapa pengembang yang merubah isi dari layanan agar dapat digunakan full secara gratis namun malah memiliki bug yang sangat merepotkan,

2. Hal serupa saat pada aplikasi yang ingin dipasang pada perangkat

3. Instal ulang aplikasi untuk menambal layanan yang bermasalah

4. Lakukan pembaharuan sistem secara berkala untuk memperbaiki layanan dan keamanan

5. Jangan terlalu banyak membuka tab aplikasi dalam melakukan sekali tugas secara bersamaan

6. Perhatikan masa produktif perangkat keras, apakah butuh pergantian atau pembaharuan atau tidak.

Itulah cara bagaimana cara menutup aplikasi Windows  10 yang tidak bisa di tutup dengan task manager, serta tambahan mengapa bisa terjadi dan tips agar tidak mengulang kejadian yang sama.

Oh iya pada task manager sendiri, kamu dapat melihat performa CPU, di mana informasi vital perangkat ditampilkan di sana dengan grafik yang cukup menarik dan menyajikan informasi yang tepat.

Baca juga: Cara cek pemakaian data internet di windows 10

Bagaimana apakah tutorial menutup aplikasi windows 10 sedikit membantu untukmu? jadi ingat saat aplikasi susah di tutup jangan langsung di muat ulang, apalagi langsung di uninstal, lakukan langkah di atas terlebih dahulu agar kesehatan perangkat keras dan sistem dapat terjaga dengan baik.

Tinggalkan komentar