Cara Menggunakan Anydesk di Perangkat Desktop & Android

Anydesk adalah Salah satu Software remote desktop Populer yang digunakan sebagai kontroler akses jarak jauh dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Biasanya koneksi tersambung dari klien ke Komputer server atau antar perangkat pengguna.

Tingginya Intensitas pada sumber daya utama membuat tingkat pengelolaan harus dilakukan setiap saat, termasuk menyita hari libur dan waktu krusial. Keunggulan menggunakan software akses jarak jauh dapat mempermudah konektivitasnya, tanpa harus berada disisi perangkat sumber daya utama secara langsung.

Cara Menggunakan Anydesk di Multi-platform

Anydesk bukan satu-satunya untuk melakukan sambungan jarak jauh, Google Chrome remote desktop, dan TeamViwer menjadi pilihan. Dengan Kelebihannya, menarik untuk mengulas bagaimana penggunaan anydesk pada perangkat desktop dan Android baik dari sisi pengakses maupun klien.

Menggunakan anydesk di PC

Sistem operasi Windows bukan satu-satunya yang dapat menjalankan program ini, MacOs, Linux OS dan Rasbery Pi, mendapatkan bagian dari kemudahan Software Anydesk. Fitur Multi-platfom tersebut memberikan kelebihan dalam penyesuaian tanpa batas, tak heran banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi atau bisnis.

1. Pertama dapatkan software secara gratis di halaman web download Anydesk, download sesuai sistem operasi perangkat yang digunakan.

download software anydesk

2. Pasang software pada perangkat seperti proses penginstalan aplikasi lainnya, dengan menyesuaikan penyimpanan filenya.

3. Selanjutnya klik install anydesk on this computer, untuk mendapatkan kode akses dan sistem siap digunakan

install anydesk di perangkat komputer

4. Lakukan proses yang sama pada perangkat client, yang akan di kendalikan.

5. Memulai akses kendali jarak jauh, masukan kode perangkat yang akan akses pada kolom remote desktop.

masukan code akses remote desktop

6. Proses kendali jarak jauh berhasil dilakukan, selanjutnya dapat mengoprasikan jendela client dengan perangkat yang kita gunakan.

Menggunakan Anydesk di Android

Selain dapat mengendalikan dan dikendalikan oleh perangkat desktop, pengguna juga dapat melakukannya dengan perangkat smatrphone android. Prosesnya tak jauh berbeda, dimana menggunakan kode akses sebagai IP Addres perangkat.

Demo tampilan remote akses di perangkat android

  1. Dapatkan dan pasang aplikasi di playstore dengan kata kunci Anydesk Remote Control
  2. Gunakan kode akses atau input kode anydesk yang akan di kendalikan dari jarak jauh
  3. Proses remote berhasil dilakukan

Pengguna dapat menyesuaikan pengaturan lebih lanjut seperti memberikan password pada perangkat saat akan diakses oleh perangkat lain, atau Menghilangkan Persetujuan mengakses secara langsung “Accept”.

Baca juga: cara menggunakan zoom meeting di laptop windows 10

Cara Setting Anydesk tanpa Accept

Accept menjadi Notifikasi persetujuan ketika ingin bergabung pada perangkat untuk mengakses. Sebagai salah satu langkah pencegahan untuk menghindari koneksi yang tidak sah atau di luar kendali. Namun akan sedikit mengganggu dan menghambat jika sumber yang sah.

Pengguna dapat Melewati sesi tersebut dengan cara mengaktifkan atau memberikan fitur keamanan sandi pada anydesk.

Memberikan keamanan dengan menambahkan password dapat dilakukan dengan mudah. silakan akses ke menu pengaturan > keamanan > unlock security settings untuk dapat melakukan perubahan > Ceklis enable unattended access > masukan password yang diinginkan.

anydesk password

Proses tersebut akan memberikan dua pilihan ketika perangkat lain terhubung. Tombol accept akan tetap tampil namun ketika pengakses menginputkan sandi keamanan proses tersebut akan dilewati dan langsung bisa mengakses perangkat klien.

Mengatur Perizinan Remote

perizinan menjadi salah satu upaya dalam membatasi atau memberikan keleluasaan pada pengakses. Misalnya membatasi inputan tombol keyboard untuk melakukan aksi tertentu, atau menonaktifkan perangkat.

Mengaturnya sangat mudah, pergi ke menu pengaturan, gulir kebawah dan temukan tab menu standar perizinan untuk remote pengguna. Ceklis pilihan menu box untuk mengaktifkan, begitupun sebaliknya untuk menonaktifkan.

perijinan anydesk

Fitur Koneksivitas Anydesk

Anydesk tak hanya digunakan sebagai kontroler jarak jauh saja, namun aktivitas lainnya dapat terpenuhi. pada versi terbarunya 6.0, pengguna akan mendapatkan pembaharuan fitur yang luar biasa, misalnya seperti:

  1. Autentikasi 2 Faktor, memberikan rasa aman dua kali lipat dengan mengharuskan pengakses melewati dua tahap keamanan sebelum memulai kontroler jarak jauh
  2. Perekaman Fleksibel, merekam seluruh aktivitas dengan cukup mudah tanpa bantuan software pihak ketiga
  3. Wake On LAN, membangunkan atau mensleep perangkat melalui koneksi jaringan kabel dan akses jarak jauh
  4. Grup Police, memberikan kontroler pengguna windows untuk mengatur user penggunanya
  5. Alias, Merubah nama atau melabeli ID client yang pernah terhubung agar membedakan dan mudah diakses kembali
  6.  Book akses untuk android, Tak hanya perangkat windows yang dapat menyimpan histori akses perangkat, di android hal itu didukung.

Baca juga: 3 Cara mengatasi limit video berbagi di whatsapp

Kelebihan dan Kelemahan Anydesk

Kelebihannya, Anydesk dapat digunakan oleh perangkat tanpa harus menggunakan user login yang sama seperti Chrome remote dekstop, dan dapat berbagi kontroler dengan mendukung lebih dari satu pengakses secara bersamaan.

Kekurangannya, perangkat perlu terhubung ke akses jaringan internet, memakan banyak kouta yang terpakai sehingga tidak disarankan menggunakan hostpot portable dengan batas paket data. Pada beberapa kasus fungsi kontroler tidak dapat berjalan saat membuka akses sistem tertentu.

Selama penggunaannya, belum menemukan celah keamanan yang serius, namun tidak tahu dengan pengguna lain yang telah mencobanya juga. Walau demikian anydesk menjadi 3 pilihan dari software remote dekstop terbaik, selain chrome remote desktop dan TeamViwer.

Dapatkan dukungan fitur lebihnya pada akun untuk bisnis, dan temukan perbedaan apa saja yang tidak dapat dihadirkan akses pengguna biasa. Menggunakan anydesk bisa dibilang mudah dengan proses manajemen perangkat terhubung sangat friendly.

Tinggalkan komentar