Cara Menggabungkan PDF jadi 1 file

Menggabungkan PDF jadi satu file akan sangat bermanfaat dalam administrasi dan pencarian data ketika di butuhkan di masa depan, upaya tersebut juga menjadi satu cara  dalam mengkategori dokumen yang sama dalam satu turunan, maka sangat baik untuk menggabungkannya menjadi satu file yang berkelanjutan.

Proses pencarian pada aset data yang diinginkan akan lebih efisien dan cepat, membuat alokasi waktu dapat tersalurkan pada aktivitas lainnya.

Manfaat menggabungkan PDF menjadi 1

Apa kerugian tanpa gabungin pdf?, dimana file terpisah akan menyulitkan pengguna untuk membacanya secara menyeluruh, terlebih lagi untuk memahami isi dari redaksi yang dimuat.

Proses dokumentasi seperti itu kerap disadari sebagian orang ketika proses dari kebiasaan pengangsuran  dalam jangka waktu dan kepentingan tertentu.

Oleh karennya proses penggabungan file dokumen dalam ekstensi pdf sebagai upaya pengarsipan digital yang lebih tertata untuk mencapai kesesuaian dan maksud data yang dimuat.

Hal yang mudah untuk menggabungkan pdf, file ekstensi pdf memungkinkan pengabungan beberapa dokumentasi menjadi satu dengan bantuan pihak ketiga.

Proses tersebut dapat dilakukan secara offline maupun online, lebih lengkap bahasan utamanya adalah sebagai berikut

Menggabungkan Pdf dengan Aplikasi

Proses menggabungkan Pdf akan lebih mengenalkan fungsi dari ekstesi tersebut dalam dukungan file lintas platform yang mendukung berbagai perangkat dan sistem operasi, oleh karenanya dapat di akses dengan mudah sekalipun itu dengan aplikasi browser yang tersedia pada perangkat mobile, maupun desktop.

Tentu untuk menambahkan fungsi dan elemen tidak hanya browser saja yang diandalkan, namun aplikasi seperti Adobe reader DC, Nitro pdf, wondershare Pdfelement, foxit pdf sampai keluarga microsof office word.

Dari beberapa aplikasi adobe reader dan nitro pdf cukup direkomendasikan untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan mudah.

Adobe Reader Pdf

Bagaimana cara menggabungkan pdf dengan adobe reader? Adobe acrobat reder DC bisa didapatkan secara gratis di https://get2.adobe.com/reader/, dengan fitur yang powerfull untuk proses pembacaan, editing pdf. Proses penggabungan dapat dilakukan dengan cukup mudah:

  1. Buka aplikasi adobe reader pdf
  2. Pilih menu Tools dan tambahkan fungsi combine file ( coba free trial untuk akses gratis/berlangganan)
    combine files
  3.  Add file untuk menambahkan dokumen yang ingin di gabungkan.

Combine tool pdf memberikan view pada hasil, oleh karenanya dapat melihat gambaran dulu sebelum proses diselesaikan.

Nitro Pdf

Kesulitan menggunakan Adobe reader, maka dapat mencoba alternatif lain seperti Nitro Pdf  yang menjadi Salah satu aplikasi power full yang dapat digunakan untuk proses mendukung penggabungan file, dan tahapnya cenderung mudah untuk dilakukan.

  1. Buka aplikasi Nitro Pdf
  2. Buat dokumen baru > Home > Combine > Add file
    nitro pdf combinasi
  3. Selesaikan proses dengan create dan beri nama file baru

Kekurangan menggunakan aplikasi tentu masalah lisensi, beberapa pengembang mengharuskan untuk meningkatkan akun ke pro untuk membuka fitur.

Bukan juga masalah besar karena salinan aplikasi yang full akses bertebaran secara gratis di internet, namun menjadi perhatian dan tanggung jawab masing-masing pengguna.

Baca juga: cara merubah powerpoint ke pdf dengan mudah

Menggabungkan pdf ke pdf dengan MS WORD

Pengguna aplikasi kantor office khususnya  microsoft word, dapat memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi tersebut untuk menyatukan arsip-arsip dokumen dalam ekstensi pdf dengan memanggilkan nyake halaman dan sekaligus dapat mengeditnya. Prosesnya dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi microsoft word yang terpasang pada perangka, untuk versi disesuaikan demo akan menggunakan office 365
  2. Pilih menu insert di atas menu bar > lihat kesebelah kanan dan pilih object > Text From file > arahkan folder ke file pdf yang akan dibuka
    insert pdf ke word
  3. lakukan pada file pdf lainnya sesuai dengan kebutuhan
  4. save kembali dalam bentuk pdf yang disatukan

Cara menggabungkan file pdf online

Proses lain yang dapat dicoba yaitu dengan memanfaatkan web tools yang tersedia dinternet. Situs tersebut memberikan fasilitas untuk kostumasi file pdf, baik membuat, ekspor ke ekstensi lain atau menggabungkannya.

Banyak sekali situs serupa, namun kita akan mencoba yang cukup direkomendasikan, berikut selengkapnya

Small pdf

Small pdf memberikan fitur konversi dan pengelolaan file yang cukup banyak, sangat mudah untuk menggabungkan file dengan bantuan web tools tersebut.

  1. Akses situs sebagai langkah awal
  2. Pilih Marge Pdf > Pilih File yang akan digabungkan dan upload secara bersamaan atau dapat menambahkan di tahap selanjutnya.
    small pdf
  3.  Setelah selesai klik marge pdf, tunggu proses dan download hasil setelah selesai.

Menggabungkan PDF dengan Ilove Pdf

Selain menggunakan Small pdf,  dapat menggunakan ilove pdf untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu. Tahapnya pun tidak jauh berbeda, dengan mengakses dan pilih tool marge pada halaman web tersebut yang selanjutnya mengupload dan mengikuti intruksi untuk menyelesaikannya.

Baca juga: Kelebihan Pdf dibandingkan file MS Word (docx)

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan web tools secara online adalah dengan mengetahui risiko keamanan data pada dokumen.

Proses penguploadan akan memberikan salinan data yang terekam pada server penyedia, oleh karenanya data yang sensitif tidak direkomendasikan melakukan tahap ini. Untuk menggabungkan file pdf di android bisa mengunduh aplikasi yang tersedia pada playstore seperti WPS office atau secara online.

Kelebihan tools online adalah memiliki variasi tool yang menarik, misalnya conver ekstensi dari pdf ke word, powerpoint ke pdf atau sebaliknya.

Proses penggabungan pdf dapat menjadi pilihan dalam tatakelola data adminstrasi kantor yang lebih rapi, siap digunakan cukup dengan pencarian kata kunci yang mudah untuk di temukan.

Jadi dari keduanya, proses manakah yang menjadi pilihanmu untuk mencoba merubah dan menggabungkan pdf menjadi satu?.

Tinggalkan komentar