Cara Menggabungkan PDF Menjadi Satu File

Memiliki beberapa dokumen dengan kategori yang sama dan merupakan turunannya, maka sangat baik untuk menggabungkan pdf menjadi satu file. Proses pencarian pada aset data yang diinginkan akan lebih efesien dan cepat.

Pada beberapa kasus sendiri, file terpisah akan menyulitkan pengguna untuk membaca, dan memahami isi dari redaksi yang dimuat.

Hal tersebut bukanlah unsur kesengajaan yang disadari bagi sebagian orang, namun proses dari dokumentasi yang diansur dalam jangka waktu dan kepentingan tertentu.

Tak usah bingung, file ekstensi pdf memungkinkan pengabungan beberapa dokumentasi menjadi satu dengan bantuan pihak ketiga. Proses tersebut dapat dilakukan secara offline maupun online, lebih lengkap bahasan utamanya adalah sebagai berikut

Menggabungkan Pdf dengan Aplikasi

Pdf sendiri menjadi file lintas platform yang mendukung berbagai perangkat dan sitem operasi, oleh karenanya dapat di akses dengan mudah sekalipun itu dengan aplikasi browser.

Tentu untuk menambahkan fungsi dan elemen tidak hanya browser saja yang diandalkan, namun aplikasi seperti Adobe reader DC, Nitro pdf, wondershare Pdfelement, foxit pdf sampai keluarga microsof office word.

Dari beberapa aplikasi adobe reader dan nitro pdf cukup direkomendasikan untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan mudah.

Adobe Reader Pdf

Adobe acrobat reder DC bisa didapatkan secara gratis di https://get2.adobe.com/reader/, dengan fitur yang powerfull untuk proses pembacaan, editing pdf. Proses penggabungan dapat dilakukan dengan cukup mudah:

  1. Buka aplikasi adobe reader pdf
  2. Pilih menu Tools dan tambahkan fungsi combine file ( coba free trial untuk akses gratis/berlangganan)
    combine files
  3.  Add file untuk menambahkan dokumen yang ingin di gabungkan.

Combine tool pdf memberikan view pada hasil, oleh karenanya dapat melihat gambaran dulu sebelum proses diselesaikan.

Nitro Pdf

Salah satu aplikasi power full yang dapat digunakan untuk proses mendukung penggabungan file, dan tahapnyapun cendrung mudah untuk dilakukan.

  1. Buka aplikasi Nitro Pdf
  2. Buat dokumen baru > Home > Combine > Add file
    nitro pdf combinasi
  3. Selesaikan proses dengan create dan beri nama file baru

Kekurangan menggunakan aplikasi tentu masalah lisensi, beberapa pengembang mengharuskan untuk meningkatkan akun ke pro untuk membuka fitur.

Bukan juga masalah besar karena salinan aplikasi yang full akses bertebaran secara gratis diinternet, namun menjadi perhatian dan tanggung jawab masing-masing pengguna.

Baca juga: 7+ aplikasi pdf terbaik untuk PC & Android [Buat dan Buka]

Tanpa aplikasi, lewat web secara Online

Proses lain yang dapat dicoba yaitu dengan memanfaatkan web tools yang tersedia dinternet. Situs tersebut memberikan fasilitas untuk kostumasi file pdf, baik membuat, ekpor ke ekstensi lain atau menggabungkannya.

Banyak sekali situs serupa, namun kita akan mencoba yang cukup direkomendasikan, berikut selengkapnya

Small pdf

Small pdf memberikan fitur konversi dan pengelolaan file yang cukup banyak, sangat mudah untuk menggabungkan file dengan bantuan web tools tersebut.

  1. Akses situs sebagai langkah awal
  2. Pilih Marge Pdf > Pilih File yang akan digabungkan dan upload secara bersamaan atau dapat menambahkan ditahap selanjutnya.
    small pdf
  3.  Setelah selesai klik marge pdf, tunggu proses dan download hasil setelah selesai.

Menggabungkan PDF dengan Ilove Pdf

Selain menggunakan Small pdf,  dapat menggunakan ilove pdf untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu. Tahapnya pun tidak jauh berbeda, dengan mengakses dan pilih tool marge pada halaman web tersebut yang selanjutnya mengupload dan mengikuti intruksi untuk menyelesainkannya.

Baca juga: Kelebihan Pdf dibandingkan file MS Word (docx)

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan web tools secara online adalah dengan mengetahui resiko keamanan data pada dokumen.

Proses penguploadan akan memberikan salinan data yang terekam pada server penyedia, oleh karenanya data yang sensitif tidak direkomendasikan melakukan tahap ini.

Jadi dari keduanya, proses manakah yang menjadi pilihanmu untuk mencoba merubah dan menggabungkan pdf menjadi satu?.

Tinggalkan komentar