Cara Mengetahui Akun Digital di Retas atau Hack

Sangat mengejutkan jika mengetahui ada aktivitas tidak wajar pada data kita, untuk itu cara mengetahui apakah akun digital di retas atau tidak, perlu dilakukan. Hampir setiap orang memiliki akun Google sebagai identitas digital yang cukup populer.

Dengan sifatnya yang Mobile, dapat menautkan akun pada platform lain sebagai persetujuan keanggotaan pengguna dan pengembang. Sebut saja media sosial, toko online, atau apapun itu yang memuat aktivitas pengguna secara daring.

Sejauh ini Google sendiri dapat menjaga kepatuhan privasi data anggotanya, namun tidak demikian dengan presentasi Platform lain yang telah dipercayakan pengguna sebagai registrasi keanggotaan.

Selalu saja ada isu kebocoran data yang membuat khawatir pengguna, mengingat data yang termuat dalam Platform tersebut cukup sensitif.

Lalu bagaimana cara pengguna mengetahui data digital yang pernah di retas atau tidak? berikut ulasannya:

Cara Mengetahui Akun Digital di Retas dengan Firefox

Benar, orang mengenal firefox sebagai media peramban web populer yang dapat bersanding dengan Google Chrome, dengan fungsi utama yang menjadi bagian dalam jelajah jendela dunia bagi pengguna, firefox sendiri memiliki fitur yang cukup keren.

Fitur yang dapat memonitoring aset data digital pengguna atas prilaku yang tidak wajar dan mencurigakan. Para peretas tidak akan memperdulikan seberapa banyak atau tidaknya kamu memiliki uang.

Data yang diperoleh dapat menjadi ladang emas bagi mereka dengan menjualnya pada orang yang dapat melakukan manipulasi informasi yang cukup mengkhawatirkan.

Sekali lagi kamu berpikir tidak ada yang dapat digali dari saku kosong celana, namun apakah tidak merasa risau jika data digital dapat berimbas ketentraman sosial bagimu?.

Sebut saja penyalahgunaan akun untuk tindak pencemaran nama baik, penipuan, dan penyebaran berita Hoax yang mengatasnamakan rekam jejak data digitalmu.

Sungguh permasalahan yang serius untuk diperhatikan dan diketahui, oleh karena itu dengan mengecek akun menjadi rasa kepedulianmu terhadap aset digital yang kamu miliki. Lakukan tahap pengecekan di firefox monitor dengan cara berikut:

1. Silakan akses halaman monitor.firefox.com dapat menggunakan browser firefox secara langsung atau yang tersedia pada perangkat.

Cara Mengetahui Akun Digital Pernah diretas atau dihack monitor firefox
Tampilah halaman depan Firefox monitor

2. Isikan alamat surel yang kamu gunakan, selanjutnya klik periksa pelanggaran data. Sistem monitor akan membantu mengecek kebocoran data yang pernah terjadi dimulai sejak tahun 2007.

3. Hasil dari pemeriksaan akan ditampilkan, berikut pemberitahuan jika data kamu pernah bocor dan di salahgunakan.

Cara Mengetahui Akun Digital Pernah diretas atau dihack report monitoring data firefox
contoh akun yang pernah mengalami pembobolan data

4. Langkah ini juga dapat kamu lakukan untuk mengecek data akun Tokopedia yang sedang ramai baru-baru ini, dengan melakukan langkah yang sama.

Cara Mengetahui Akun Digital Pernah diretas atau dihack cek email diretas tokopedia
pemberitahuan bahwa email kamu tidak termasuk data yang terbobol di Tokopedia

5. Jika akun Tokopedia kamu terindikasi terbobol, segera ganti password agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. caranya login ke akun Tokopedia >> Profile >> ubah kata sandi.

mengubah kata sandi tokopedia
mengubah kata sandi di akun Tokopedia

Apa yang harus Dilakukan Jika Akun di Retas?

Apa yang dapat dilakukan pengguna, saat mengetahui sebagian datanya dibobol pada platform terindikasi, berikut langkah tepat untuk mengatasi hal tersebut.

1. Silakan kunjungi Platform yang terindikasi mengalami kebobolan data, berasarkan pemberitahuan di atas akun Edmodo pengguna telah di retas pada pada 1 Juni tahun 2017, dan penulis sendiri kaget karena sudah lama tidak menggunakan platform tersebut.

2. Silakan lakukan langkah pembaharuan data pengguna login pada Platform yang terindikasi

edmodo change password
mengubah sandi akun edmodo

3. Jika Platform tersebut dikaitkan langsung dengan akun Google, silakan ubah kata sandi akun yang digunakan untuk lebih mudah kunjungi google change password

mengubah sandi google akun
mengubah sandi akun Google

4. Jika dirasa platform tersebut tidak digunakan lagi, ada baiknya hapus hak akses akunnya. caranya cukup mudah, Menuju setelan akun Google >> keamanan >> kelola akses pihak ketiga >> hapus akses.

menghapus hak akses google
menghapus hak akses pihak ketiga

5. Atau bisa dengan menonaktifkan akun secara langsung dari platform yang terindikasi tersebut

nonaktif edmodo
menonaktifkan akun edmodo

6. Lakukan cek ulang surel pada firefox monitor, maka setelah melakukan langkah di atas, akses data terbaru kita tidak akan terdaftar pada pemberitahuan peretasan data.

Cek status akun kembali
data berhasil diperbaharui dan aman kembali

Baca juga: 8 kebiasaan & alasan akun digital mudah di hack

Tips Penggunaan Data digital agar Aman

Mengingat hak akses yang diberikan pengguna sebagai persetujuan untuk bergabung dengan komunitas, memang tidak dapat menghindari kebocoran data dan berulang. Beberapa mengeluhkan juga akun fb di hack, telegram mereka di hack dan sebagainya.

Langkah preventif dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko yang lebih buruk, bisa dibilang masih ada tembok pembatas lapisan kedua.

1. Tidak Mudah mengaitkan atau memberikan hak akses pihak ketiga untuk registrasi pendaftaran keanggotaan, namun bisa dilakukan dengan prosedur pendaftaran lain yang tersedia pada platform  tersebut.

2. Buatlah kombinasi kata sandi yang sulit ditebak dan tidak umum, misalnya penambahan kombinasi huruf kapital dan simbol-simbol unik seperti ‘!#*’ atau lainnya.

3. Gunakan kombinasi kata sandi yang berbeda di setiap Platform yang digunakan, memang akan sangat merepotkan jika lupa tapi saat terjadi sesuatu, tidak akan berimbas besar pada semua akun digital yang kamu punya.

4. Gunakan keamanan ganda pada akun, seperti perlunya persetujuan pengguna yang dikirim melalui perangkat seluler untuk dapat membuka hak akses di perangkat lain, temukan pada fitur keamanan akun masing-masing.

5. Jangan pernah memberikan akun Login dan kata sandi secara sembarangan untuk tujuan apapun, hal itu akan berpotensi buruk.

6. Gunakan platform yang memiliki aturan dan sertifikat kepatuhan atas privasi data pengguna, contohnya seperti Google, Facebook dan lainnya.

Perlu diingat dalam jaringan data publik sekuat apapun pengembang dapat menjamin keamanan tidak akan semanis demikian.

Hal ini dikarenakan perkembangan keamanan selalu dapat diikuti oleh penerapan peretasan yang menyesuaikannya juga.

Baca juga: 5 Tips menggunakan Zoom dengan aman dari “zoom boombing”

Jadi penggunaan data yang benar-benar sensitif perlu dipertimbangkan kembali secara bijak. dan beberapa aktivitas yang dilakukan dalam mengarungi informasi digital perlu dilakukan secara sadar dan sesuai kebutuhan.

Untuk pengembalian akun yang di hack, dapat mencoba melakukan langkah perubahan password dengan autentikasi keamanan yang telah ditambahkan sebelumnya, bisa itu recovery dengan email, no telepon atau menghubungi layanan platform terkait.

Itulah pembahasan mengenai cara mengetahui akun digital kita pernah di retas atau tidak dengan menggunakan fitur monitor dari Firefox dan sedikit tambahan pemaparan saran dari penulis.

Untuk mendapatkan pemberitahuan yang berkelanjutan silakan daftar akun monitoring Firefox, semoga dapat membantu.

Selain data digital yang terancam secara langsung, aktivitas pengguna yang sembrono dapat membahayakan keamanan privasi pengguna, seperti mengklik link yang sembarang.

Tinggalkan komentar