Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Cara Menampilkan dan Meyembunyikan Ekstensi File Windows 10

1 min read

Menampilkan dan menyembukan ekstensi file

Menampilkan Ekstensi file di windows 10 sangatlah mudah untuk dilakukan, pengguna dapat mencobanya secara mandiri.

Ekstensi sendiri menjadi paket deskripsi dari file program yang terkomputerisasi. File yang memberikan kontrol dari tingkat penggunaan, tujuan dan bahkan perubahan data yang dimuat.

Advertisements

Mengetahui ekstensi, sangat berguna untuk melihat karakter lengkap dari sebuah file. Membedakannya pada tingkat tertentu dan mengeksekusinya memang perlu pemilahan agar sesuai dengan apa yang ingin dijalankan. Silahkan simak pembahasan berikut.

Menampilkan Ekstensi File Windows 10

Proses ini melibatkan pengguna untuk membuka akses varian pengaturan file di dalam sistem, Artinya terdapat pilihan dan penyesuaian terhadapnya. Bagaimana caranya? ikuti instruksi dibawa:

1. Buka jendela file Explore, bisa gunakan tombol cepat Win + E,

2. Akses  Menu Bar View, selanjutnya pilih Toolbar Option

Menampilkan ekstensi file

3. Selanjutnya pada menu popup file option, akses pengaturan View, Gulir kebawah dan hilangkan cekslis di check Box “hide exstentions for know file types”.

mengaktifkan ekstensi file

4. Silahkan tekan OK, untuk menyimpan perubahan.

Advertisements

Lalu bagaiana cara menyembunyikannya? Pengguna dapat melakukan cara yang sama seperti  di atas, bedanya hanya mengaktifkan (cekslis) di Hide Extenstionss for know file types.

Cara ini dapat dilakukan untuk seri windows dibawahnya, seperti Window 7 dan 8.

Selanjutnya untuk dapat melihat sebuah ekstensi file dengan mudah, pengguna dapat mengatur layout dari tampilannya. Cara ini akan melibatkan pengguna pada pengaturan tata letak dari file yang ditampilkan di jendela windows, berikut instruksinya:

1. Buka kembali file explore

2. Akses kembali menu navigasi View

3. Ubah keterlihatan icon file ke Details

merubah icon file

4. Selesai, maka file akan ditampilkan dengan rinciannya sekaliagus, tanpa harus melihatnya satu persatu dengan aksi properties.

Dengan mengeksplor tahapan instruksinya, pengguna dapat mengatur tampilan file di perlihatkan atau tidak menampilkankan, silakan dicoba saja. Jika sistem tidak dapat melakukan perubahan silahkan kembalikan pengaturannya ke awal di menu popup folder option sebelumnya > Restore defaults.

Itulah cara menampilkan ekstensi file dan menyembunyikannya. Ikuti pengalaman dan tips menarik tentang windows 10 di artikel kami lainnya, semoga dapat membantu.

Advertisements

Dede Sudirman Setiap orang memiliki suatu hal yang istimewa dalam diri mereka, maka percayalah bahwa kehadiranmu didunia adalah bentuk anugrah yang sangat luar biasa. - IT Support

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *