Cara Memendekan Tautan dengan Shorten Link Gratis

Shorten link adalah Sebuah layanan perubahan pranala yang panjang, dipangkas menjadi lebih pendek tanpa merubah kondisi dan informasi di dalamnya.

Bagaimana shorten link berperan? Saat melihat bagaimana sebuah Link tautan yang begitu panjang bagai rantai, orang akan sedikit berpikir untuk mengklik tautan yang di bagikan, apalagi jika tautan yang dimuat dalam media, mengunci salinan atau file jadi seperti gambar.

Hal itu mengharuskan kita mengetikan link tersebut secara manual. Bayangkan jika memiliki 30 Karakter, orang cenderung akan bermuka masam walau mereka benar-benar mengetikannya. 

Hal ini juga menjadi cara memperpendek link google forms yang berbeda, walau sistem sudah menyediakan secara langsung pada fitur pilihan.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk memendekan link tautan tanpa merusak informasi di dalamnya atau malah jadi eror. Berikut cara untuk perpendek link dengan bantuan pihak ketiga:

Bitly Shorten Link Sejuta Umat

Bitly adalah layanan penyedia yang menawarkan cara terbaik untuk merubah tautan link yang panjang menjadi pendek tanpa eror. Pihak ketiga yang menjadi sebuah platform dengan algoritma yang dapat melakukan tugas tersebut.

Bitly sangat populer digunakan untuk kebutuhan pribadi, kelompok bisnis atau pendidikan.

shorten-link

Platform ini cocok digunakan oleh kepentingan pribadi, kelompok atau bisnis dengan tingkat enskripsi dan keamanan yang dapat disesuaikan tergantung paket yang kamu ambil.

Melakukan tugas dengan bitly cukup mudah, dan kamu dapat memperoleh dengan fitur gratis pula, bagaimana penasaran?

Cara menggunakan Bitly

  1. Silakan akses web bitly pada mesin pencari dengan mengketikan kata kunci tersebut
  2. kalian dapat melakukan registrasi untuk mengontrol statistika informasi tautan yang kalian bagikan atau langsung menggunakan fiturnya, contohnya seperti gambar di bawah.

    shorten-link1

  3. Silakan salin link yang sudah di pendekan, dan kamu dapat mengkustom linknya dengan upgrade ke akun berbayar, misalnya bit.y/coba
  4. Selesai, kamu dapat membagikannya kembali ke Whatsapp, twitter, SMS, Youtube, Instagram dan tautan lainnya.

Versi pro memungkinkan untuk cutom link agar sesuai dengan keinginan, tidak ada salahnya mencoba login ke bitly.com.

Alternatif lain dapat kalian gunakan jika terkendala dengan menggunakan TinyUrl.

Baca juga: cara membuat fanspage untuk bisnis, kreator dan komunitas

Buat Tautan Kecil dengan Shorten Link TinyUrl

TinyUrl adalah Platform yang memiliki fungsi hampir sama dengan bitly sebelumnya. Membuat rantai Link yang panjang menjadi kombinasi yang pendek tanpa mempengaruhi informasi di dalamnya.

TinyUrl-Shorten-link

Dengan fitur gratis selain membuat tautan menjadi pendek, custom link juga dapat dilakukan, jika karakter unik inputan belum pernah ada. Penggunaan yang cukup mudah pas menjadi shorten link terbaik setelah bitly.

Cara menggunakan TinyUrl

  1. Silakan kunjungi web toolsnya dengan mengketikan kata kunci TinyUrl pada mesin pencari
  2. Setelahnya kamu dapat langsung memendekan Tautan yang di inginkan, dan mengisi costom Link atau tidak, Make Tiny URL.

    TinyURL

Cara ini sangat berguna untuk mengatasi share link yang panjang, sehingga orang dengan mudah mengakses tautan dan inpres yang diinginkanpun dapat terpenuhi.

Ada yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah tetap memperhatikan aspek data yang sensitif, maksudnya data yang dinilai sangat penting seperti data personal, perusahaan dan lainnya.

Hal ini guna menghindari penyalahgunaan data dan akses yang tidak dinginkan, karena informasi yang di input pada pihak ketiga tersebut dapat terekam di server mereka.

Baca juga: 8 Bahaya Klik link tautan sembarangan dan Mengatasinya

pemendekan link dapat dilakukan untuk mengatasi link yang terblock oleh platform sosial,  dan menjadi salah satu cara aman dalam berbagi konten di facebook. Dulu orang banyak menggunakan shortener dari google yaitu goo.gl, sayangnya fitur tersebut tidak ada lagi selain untuk pengguna G Suite.

Mulai hari berselancar dan berbagi tautan media informasi bermanfaat dengan mudah, shorten link dapat kamu manfaatkan dan menjadi partner yang baik dalam mendukung tugas tersebut.

8 pemikiran pada “Cara Memendekan Tautan dengan Shorten Link Gratis”

Tinggalkan komentar